Wah! Ini Objek Wisata di Garut yang Hits dan Instagramable

Tempat wisata di garut menyajikan keindahan dan spot rekomendasi untuk liburan bersama keluarga baik akhir pekan maupun libur panjang.
Gumuk Pasir Tungtung Karang. (Foto: Tagar/Instagram/@exploregarut)

Jakarta – Tempat wisata di garut menyajikan keindahan dan spot rekomendasi untuk liburan bersama keluarga baik akhir pekan maupun libur panjang. Jika kamu berdomisili di Jabodetabek, Garut bisa menjadi destinasi liburan yang pas.

Garut merupakan salah satu kawasan yang terletak di Provinsi Jawa Barat ini sangat populer di kalangan wisatawan. Sebut saja suguhan oleh-oleh bernama dodolnya yang punya cita rasa nikmat. 

Saat berada di Garut, anda tak boleh melewatkan tempat-tempat wisatanya yang pastinya seru untuk dikunjungi. Kerennya, tempat-tempat wisata tersebut juga instagramable. Jika kamu ingin berakhir pekan di Garut, lima destinasi wisata yang wajib anda kunjungi saat di Garut.


1. Kawah Papandayan

Kawah PapandayanKawah Papandayan. (Foto: Tagar/Instagram/@ospreyindonesia)


Garut memiliki sebuah lokasi wisata ikonis yang sangat melegenda dan mungkin pernah kamu dengar namanya. Nama lokasi tersebut adalah Gunung Papandayan.

Selain karena kegagahan gunungnya, destinasi wisata satu ini memiliki sebuah wahana wisata yang amat mempesona. Apalagi jika bukan Kawah Papandayan.

Meskipun lokasi wisata ini baru saja diresmikan, namun Kawah Papandayan sudah menjadi salah satu incaran masyarakat luas. Dengan suhu air sekitar 30 derajat Celsius, pengunjung bisa berendam dan menikmati keindahan alam di sekitarnya yang menyejukkan.

Air panas dengan kandungan sulfur berasal dari Kawah Papandayan sehingga diyakini mampu memberikan efek yang menyehatkan. 

Selain bisa berendam di kolam renang air panas, pengunjung juga bisa mengeksplore keindahan Gunung Papandayan melalui Gardu Pandang Papandayan, yang terletak di kawasan camping ground, Desa Sirnajaya, Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut. Gardu Pandang ini bisa menjadi spot foto yang menarik karena menyuguhkan panorama alam yang menakjubkan.


2. Karacak Valley

Karancak ValleyKarancak Valley. (Foto: Tagar/Instagram/@karacak_valley)


Siapa sangka, wisata hutan pinus itu ternyata rindang-rindang menarik. Jika sobat berkunjung ke Garut, manfaatkan untuk berkunjung ke Karacak Valley.

Di sini ada hutan pinus dan kebun kopi yang unik dan dikelola dengan baik sehingga menjadi tempat wisata yang indehoy. Lokasinya juga mudah dijangkau, yaitu berada di kecamatan Garut Kota.


3. Talaga Bodas

Talaga BodasTalaga Bodas. (Foto: Tagar/Instagram/@exploregarut)


Bukan hanya Bandung yang punya kawah putih, Garut juga punya lho! Talaga Bodas namanya. Kawah Talaga Bodas merupakan kawah gunung Talaga Bodas yang membentuk sebuah telaga (danau) bersulfur jenuh berwarna putih.

Kawah Talaga Bodas berada diketinggian 1512 m dpl, sedangkan Gunung Talaga bodas sendiri mempunyai ketinggian 2201 m dpl. Puncak Gunung Talaga bodas merupakan perbatasan kabupaten Garut dan Kabupaten Tasikmalaya.

Cagar Alam Gunung Talaga bodas terletak di kecamatan Pangatikan dan kecamatan Wanaraja seluas 258,05 Ha. Sedangkan Taman Wisata Alam (TWA) Kawah talaga Bodas seluas 27,88 Ha berada di kecamatan Pangatikan.

Di Talaga, pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas seperti hikking, tracking, camping, fotografi, serta pemandian air panas. Jika tiba disana pada pagi hari, pemandangan akan makin indah karena kabut masih menutupi Talaga dan udara dingin makin melengkapi panorama di Talaga Bodas.

Setelah puas berfoto ria dan duduk-duduk santai di Talaga Bodas, pengunjung bisa berjalan ke arah kanan menyusuri jalan berpasir menuju ke pemandian air panas belerang alami dan air terjun. Fasilitas disini lumayan lengkap, tersedia warung di sekitar kawah, toilet juga ada, dan parkir yang cukup luas.


4. Bukit Pilar Angin

Bukit Pilar AnginBukit Pilar Angin. (Foto: Tagar/Instagram/@getlost.idn)


Bukit Pilar Angin berada di daerah Cikeleut, Garut, Jawa Barat lebih spesifiknya di belakang bukit cikajar, memiliki pemandangan hamparan rumput yang cukup luas sehingga membuat terlihatnya lebih indah.

Bukit Pilar Angin ini sering juga di beri julukan oleh masyarakat Sumbawa Van Garut karena selain memiliki hamparan padang rumput yang cukup luas, wahh sangat menarik jika kalian berada di tempat ini, dan tidak akan pernah menyesal untuk datang ke tempat ini.


5. Gumuk Pasir Tungtung Karang

Gumuk Pasir Tungtung KarangGumuk Pasir Tungtung Karang. (Foto: Tagar/Instagram/@exploregarut)


Tak cuma di Jogja, Kabupaten Garut ternyata mempunyai gumuk pasir, sekarang anda tidak wajib jauh-jauh ke Kota Gudeg untuk merasakannya.

Gumuk Pasir Tungtung Karang masih satu area dengan Pantai Sayang Heulang. Gundukan pasir ini terbentuk secara alami tanpa campur tangan manusia lho, hal tersebut yang menjadi daya tarik tersendiri bagi lokasi wisata ini.

Jika ingin menghasilkan foto pasir yang estetik coba datang saat pagi hari, ketika belum banyak orang tiba. Saat ini, Gumuk Pasir Tungtung Karang menjadi salah satu wisata hits di media sosial. Tempat yang disebut Sahara Van Garut ini terkenal karena memiliki suasana mirip Gumuk Pasir Parangkusumo yang berada di Yogyakarta.

(Emilya Rahmawati)

Berita terkait
Level PPKM Diturunkan! Ini Destinasi Wisata yang Menanti Mu
Tempat wisata adalah salah satu tempat yang menarik untuk dijadikan saat berlibur akhir pekan. 5 rekomendasi destinasi wisata yang menanti mu.
5 Destinasi Wisata yang Wajib Kamu Kunjungi di Lampung
Bandar Lampung kini menjadi salah satu kota yang menjadi tujuan sebagai tempat wisata atau melepas rasa penat. Berikut rekomendasi wisatanya.
Libur Akhir Pekan? Berikut 4 Destinasi Wisata Bogor
Kota Bogor Jawa Barat memang selalu menghadiri tempat – tempat wisata yang menarik serta seru. Berikut rekomendasi liburan di Bogor.
0
Wah! Ini Objek Wisata di Garut yang Hits dan Instagramable
Tempat wisata di garut menyajikan keindahan dan spot rekomendasi untuk liburan bersama keluarga baik akhir pekan maupun libur panjang.