UNTUK INDONESIA
Wafat, Yopie Latul Diduga Tertular Covid-19 di Bogor
Yopie Latul meninggal dunia setelah dinyatakan positif terinfeksi Covid-19 dan diduga terpapar virus corona di sebuah hotel di Bogor.
Penyanyi senior Indonesia, Yopie Latul. (Foto: Instagram/soundofcurlyband)

Jakarta - Jenazah penyanyi senior Yopie Latul telah dimakamkan pada Kamis, 10 September 2020 kemarin di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan. Pelantun lagu Poco-poco itu meninggal dunia setelah dinyatakan positif terinfeksi Covid-19, dan diduga terpapar virus corona dalam sebuah acara di salah satu hotel di Bogor.

"Dia (Yopie Latul) memang kemarin sempat kena, penyakitnya positif corona. Dari situ awalnya di bawa ke RSUD. Baru dari RSUD dipindahkan ke Rumah Sakit Sentra Medika, Cibinong," kata putra Yopie, Carllo Latul, kepada wartawan usai pemakaman, dikutip Tagar Pada Jumat, 11 September 2020.

Meski membenarkan ayahnya terinfeksi virus corona usai mengisi acara di sebuah hotel di Bogor, Carllo mengaku belum bisa memastikan Yopie Latul tertular di acara tersebut. Menurutnya, ia tidak pernah tahu dengan siapa saja mendiang orang tuanya itu bertemu di helatan tersebut.

Carllo menduga, kondisi ayahnya sedang tidak fit saat mengisi acara di hotel tersebut. Namun begitu, ia menegaskan jika Yopie Latul tidak memiliki riwayat penyakit apapun sebelum akhirnya menutup usia.

"Kita enggak tahu ya, kalau ada acara itu. Kita enggak tau papa ketemu siapa. Siapa yang sakit atau ada yang kena, kami enggak tahu," ujar Carllo.

"Kebetulan mungkin bapak saya imunnya lagi rendah dan juga memang terpapar, enggak tahu dari mana. Dia sebenarnya enggak ada penyakit bawaan kayak jantung, gula, itu enggak ada. Karena memang dia rajin buat periksa atau kontrol badannya," kata dia.

Yopie LatulPenyanyi senior Indonesia, Yopie Latul. (Foto: Instagram/soundofcurlyband)

Yopie Latul meninggal dunia dalam usia 65 tahun pada Rabu, 6 September 2020. Ia mengembuskan napas terakhirnya, sehari setelah dikabarkan positif terinfeksi virus corona (Covid-19) dan didiagnosa sebagai pasien Orang Tanpa Gejala (OTG).

Sebelum dimakamkan, jenazah Yopie Latul lebih dulu dikremasi di Krematorium RS Sentra Medika, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Setelahnya, jenazah dikebumikan di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan, dengan protokol kesehatan ketat.

Para pelayat yang hadir tampak mengenakan masker dan face shield ketika mengiringi jenazah Yopie Latul ke peristirahatan terakhirnya. Puluhan pelayat dengan hikmat membacakan lantunan doa terbaik dan memberikan penghormatan terakhirnya kepada penyanyi asal Maluku itu.

Sementara di sosial media, sejumlah pesohor mengucapkan bela sungkawa atas kepergian Yopie Latul. Wartawan musik senior Adib Hidayat, serta vokalis band Naif, David Bayu, menyampaikan kedukaan lewat cuitannya di Twitter. 

"Selamat jalan Om Yopie Latul terimakasih karya2 lagu mu mengisi masa kecil ku semoga damai disisi Allah," kata David Bayu.

"Bung Yopie Latul," kata Adib Hidayat disertai emotikon bersedih. []



Berita terkait
Mantan Menpora Abdul Gafur Meninggal Dunia
Mantan Menpora era Orde Baru, Abdul Gafur, meninggal dunia pada Jumat pagi, 4 September 2020.
Vokalis The Temptations Wafat karena Covid-19
Vokalis grup musik asal Amerika Serikat The Temptations, Bruce Williamson, meninggal dunia karena Covid-19.
Bintang Film Kojak, Kevin Dobson Meninggal Dunia
Bintang film Kojak, Kevin Dobson, meninggal dunia pada Minggu, 7 September 2020 waktu Amerika Serikat.
0
Wafat, Yopie Latul Diduga Tertular Covid-19 di Bogor
Yopie Latul meninggal dunia setelah dinyatakan positif terinfeksi Covid-19 dan diduga terpapar virus corona di sebuah hotel di Bogor.