UNTUK INDONESIA
Wabah Corona, PA 212 Ikuti Fatwa MUI Salat di Rumah
Ketua Media Center PA 212 Novel Bamukmin menegaskan mengikuti fatwa MUI untuk menunaikan kewajiban salat dari rumah semasa ada wabah virus corona.
Ketua Media Center PA 212 Novel Bamukmin meminta pemerintah hentikan proyek ibu kota baru di Kalimantan Timur dan melakukan pembebasan BPJS Kesehatan saat wabah corona. (foto: Tagar/istimewa).

Jakarta - Ketua Media Center Persaudaraan Alumni (PA) 212 Novel Bamukmin menegaskan mengikuti fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk menunaikan ibadah salat di rumah semasa ada wabah virus corona atau Covid-19.

"Sikap kami dari DPP PA 212 pasti mengikut imam besar kami Habib Rizieq Shihab yang memang tidak jauh berbeda dengan fatwa MUI Pusat berkenaan salat berjamaah di masjid, khususnya salat Jumat di masa meluasnya wabah virus corona," ujar Novel Bamukmin kepada Tagar, Kamis, 9 April 2020.

Baca juga: Wasiat Rizieq Shihab soal Pemakaman Jenazah Covid-19

Salat Jumat yang hukumnya wajib saja menjadi tidak wajib, bahkan bisa menjadi haram kalau salat Jumat tersebut menjadi mudarat.

Selanjutnya, dia menyinggung bulan puasa atau Ramadan tahun 2020. Menurutnya, ibadah di bulan Ramadan tahun 1441 Hijriah nanti tidak bisa maksimal lantaran menjalankan ibadah puasa, salat tarawih, dan salat Idul Fitri secara berjamaah atau tidak bisa berkumpul seperti lebaran tahun-tahun sebelumnya.

"Kami mengimbau sementara waktu agar beribadah di rumah masing-masing, karena faktor kesehatan harus diutamakan, baik menyangkut pribadi dan orang banyak sesuai dengan tujuan agama Islam," ucap Novel.

Baca juga: PA 212 Minta Pemerintah Setop Ibu Kota, Bebaskan BPJS

Selain itu, PA 212 juga mengikuti sikap MUI dan Front Pembela Islam (FPI) terkait salat Jumat diganti dengan salat zuhur di rumah selama pandemi virus corona belum mereda.

"Artinya, umat Islam harus paham yaitu salat Jumat yang hukumnya wajib saja menjadi tidak wajib, bahkan bisa menjadi haram kalau salat Jumat tersebut menjadi mudarat, karena justru terjadi penularan yang sangat cepat dan mengenai banyak orang," kata Novel Bamukmin. []

Berita terkait
PA 212 Usul Dana Ibu Kota Negara untuk Wabah Corona
Ketua Media Center PA 212 Novel Bamukmin meminta realokasi dana Ibu Kota Negara di Kalimantan Timur untuk wabah virus corona (Covid-19).
PA 212 Ragukan Wacana Jokowi Gratiskan Listrik
Ketua Media Center Persaudaraan Alumni (PA) 212 Novel Bamukmin meragukan rencana Presiden Jokowi menggratiskan listrik selama 3 bulan.
Ibunda Jokowi Wafat, PA 212 Ucap Berdukacita
Ketua Media Center PA 212 Novel Bamukmin mengucapkan turut berbelasungkawa atas meninggalnya Ibunda Presiden Joko Widodo (Jokowi).
0
Wagub Sulsel Minta Pasien Corona Dirawat di Makassar
Wagub Sulsel meminta kepada seluruh kabupaten/kota yang memiliki ODP, PDP dan OTG serta pasien positif Covid-19 agar dirujuk ke Makassar.