UNTUK INDONESIA
Virus Corona, PSM Lawan Kaya FC Tanpa Penonton
Laga PSM Makassar melawan tamunya Kaya FC di Piala AFC 2020 digelar tanpa penonton. Laga digelar di Stadion Madya, Jakarta, Selasa, 10 Maret 2020.
PSM Makassar menjalani laga kandang melawan Kaya FC di Piala AFC tanpa penonton. Laga digelar di Stadion Madya, Jakarta, Selasa, 9 Maret 2020. Tampak striker Ferdinand Sinaga (kanan) merayakan gol di pertandingan PSM. (Foto: Antara/Aditya Pradana Putra)

Makassar - Dampak penyebaran virus corona berpengaruh pada pertandingan PSM Makassar melawan Kaya FC di penyisihan Grup H Piala AFC. Pertandingan di Stadion Madya, Jakarta, Selasa 10 Maret 2020, besok, terpaksa dilaksanakan tanpa penonton.

Keputusan ini diambil dari hasil pertemuan atau Match Coordination Meeting seluruh unsur perangkat pertandingan dan perwakilan masing-masing tim, Senin, 9 Maret 2020. Semua sepakat laga PSM melawan Kaya FC tanpa dihadiri penonton. Ini sebagai langkah pencegahan penyebaran virus corona yang telah masuk ke Indonesia.

Media Officer PSM Sulaeman Karim membenarkan bila laga kandang kedua tim Juku Eja di Piala AFC digelar tanpa penonton. Dia mengatakan bila keputusan itu diambil sebagai langkah antisipasi dan mencegah penyebaran virus corona.

Saat pertandingan juga dilakukan pemeriksaan suhu tubuh saat semua akan memasuki stadion. Bagi yang memiliki suhu di atas 38 derajat akan diberi tindakan khusus

"Saat diadakan Match Coordination Meeting akhirnya ditetapkan bahwa pertandingan besok tanpa penonton," kata Sulaeman, Senin 9 Maret 2020.

Tidak hanya laga tanpa penonton sebagai bentuk kewaspadaan terhadap virus itu, kedua tim juga akan menjalani pemeriksaan saat menjalani latihan resmi. Menurut dia semua pemain dan ofisial tim akan menjalani pemeriksaan suhu tubuh. Bila suhu tubuh di atas 38 derajat celcius, maka akan ditindaklanjuti dengan penanganan khusus. Pemeriksaan kembali dilakukan saat pertandingan. 

Demi menghindari kemungkinan terserang virus itu, Ferdinand Sinaga dkk dan ofisial diminta menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat. Tidak hanya untuk kasus virus corona tetapi juga penyakit lain yang dapat mengganggu performa dari pemain di lapangan.

"Saat pertandingan juga dilakukan pemeriksaan suhu tubuh saat semua akan memasuki stadion. Bagi yang memiliki suhu di atas 38 derajat akan diberi tindakan khusus," kata Sule, sapaannya, menerangkan. 

PSM juga menjalani pemeriksaan yang sama saat melakoni laga tandang ke Singapura menghadapi Tampines Rovers. Di laga pertama itu, PSM kalah 2-1. 

Dengan keputusan laga tanpa penonton, maka panitia pelaksana tidak melakukan penjualan tiket. "Tidak ada penjualan tiket sejak awal," kata Sule. 

Laga melawan Kaya FC yang saat ini menduduki puncak klasemen bakal tidak mudah bagi PSM. Namun PSM harus bisa memanfaatkan keuntungan saat bertindak sebagai tuan rumah

Bila menang, PSM akan menggeser posisi Kaya FC. Saat ini PSM mengantongi 3 poin setelah menang 3-1 atas Shan United di laga terakhir di kandang sendiri. Terpaut 1 poin dari Kaya FC yang bertengger di puncak klasemen. Sementara Tampines yang memiliki poin sama dengan Kaya berada di peringkat 2. 

PSM memiliki modal cukup bagus sebelum menghadapi Kaya FC. Di kompetisi Shopee Liga 1 2020, mereka bermain imbang 1-1 melawan Persita Tangerang. Mereka sempat bertengger di puncak klasemen dengan poin 4 sebelum digeser Persib Bandung yang menang 2-1 atas Arema FC, Minggu, 8 Maret 2020. []

Berita terkait
Pelatih PSM Makassar Fokus Perbaiki Lini Belakang
Lini belakang PSM Makassar menjadi perhatian serius pelatih Bojan Hodak setelah bermain imbang 1-1 melawan Persita Tangerang.
Gagal Menang di Laga Away, Tapi PSM ke Posisi Puncak
PSM Makassar gagal menang di laga away usai imbang 1-1 lawan Persita Tangerang. Tambahan 1 poin ini bawa PSM ke posisi puncak Shopee Liga 1.
Pelatih PSM Puji Kekompakan Pemain Persita Tangerang
Pelatih PSM Makassar, Bojan Hodak tak remehkan tuan rumah Persita Tangerang di Shopee Liga 1 2020. Menurut dia Persita mampu tampil kompak.
0
Es Pisang Ijo, Menu Buka Puasa Khas Makassar
Salahs atu takjil yang paling laris dan paling diburu warga Makassar saat berbuka puasa adalah es pisang ijo