UNTUK INDONESIA

Vaksin Moderna Klaim Sanggup Beri Kekebalan Covid-19 Setahun

Produsen vaksin Moderna mengatakan bahwa vaksin buatannya dapat memberikan kekebalan dari virus corona, setidaknya hingga satu tahun.
Vaksin Moderna diklaim bisa bikin kebal Covid-19 Selama setidaknya satu tahun. (Foto: Twitter/moderna_tx)

Jakarta - Produsen vaksin Covid-19 yang berbasis di Cambridge, Produsen Moderna, mengatakan bahwa vaksin buatannya dapat memberikan kekebalan dari virus corona, setidaknya hingga satu tahun.

Uji klinis menunjukkan vaksin sangat efektif dalam mencegah penyakit, tetapi belum dapat diketahui berapa lama dapat bertahan. Ini akan menjadi lebih jelas dari waktu ke waktu dengan pantauan produsen.

Pejabat kesehatan masyarakat dan ahli penyakit menular mengatakan ada kemungkinan besar bahwa Covid-19 akan menjadi penyakit endemik, ini berarti penyakit tersebut akan terus hadir di dalam masyarakat. Walaupun begitu, ada kemungkinan berada pada tingkat lebih rendah dari sekarang.

Vaksin Moderna telah disahkan oleh Badan Pengawas Obat-obatan dan Makanan (BPOM) Amerika Serikat untuk digunakan di Amerika pada kelompok usia di atas 18 tahun.

Masih akan ada pengembangan yang dilakukan untuk kelopok anak-anak yang sistem kekebalannya berbeda dibandingkan orang dewasa.

modernaModerna (Foto: politico.eu)

Laman Forbes mengabarkan, perusahaan farmasi ini yakin berkat teknologi mRNA yang digunakan dapat mengembangkan vaksinnya beradaptasi dan menanggapi varian baru dari virus corona yang menyebar di beberapa negara akhir-akhir ini.

Moderna menggunakan jenis teknologi baru untuk pembuatan vaksinnya berdasarkan messenger RNA (mRNA). Tidak seperti pembuatan vaksin lainnya yang mengandalkan virus yang telah mati atau lemah harus ditanam dalam jumlah besar, molekul ini dapat diubah dan dimasukkan kembali kedalam vaksin.

CEO Moderna, Stephane Bancel, mengatakan perusahaan sangat nyaman dengan rekam jejak dan proses pembutan vaksinnya. Pihaknya melaporkan akan memproduksi setidaknya 600 juta dosis vaksin pada tahun ini. Ia juga menambahkan akan mengirimkan hingga 1 miliar dosis pada akhir tahun 2021.

Perusahaan juga memperkirakan nilai pembelian vaksin secara global. Berdasarkan perjanjian pembelian dengan pemerintah di sejumlah negara, Moderna menilai penjualan terkait vaksin ini akan mencapai 11,7 miliar dollar AS pada tahun 2021. []

(Christine Sheptiany)

Berita terkait
Dapat Izin BPOM, Ini Plus Minus Vaksin Sinovac di Indonesia
Vaksin CoronaVac merupakan vaksin Covid-19 yang dikembangkan oleh Sinovac Biotech China, resmi mendapatkan izin penggunaan oleh BPOM di Indonesia.
Cara Cek Status Penerima Vaksin Covid-19 via Web dan Aplikasi
Masyarakat dapat melihat juga status vaksinasi mereka melalui situs dan aplikasi Peduli Lindungi milik pemerintah.
Idola K-Pop Yiren dan Sihyeon Everglow Sembuh dari Covid-19
Dua personel girlband K-Pop, Everglow, yakni Yiren dan Sihyeon dipastikan telah pulih dan mendapat hasil negatif Covid-19.
0
Vaksin Moderna Klaim Sanggup Beri Kekebalan Covid-19 Setahun
Produsen vaksin Moderna mengatakan bahwa vaksin buatannya dapat memberikan kekebalan dari virus corona, setidaknya hingga satu tahun.