UNTUK INDONESIA
Urai Kemacetan BBPJN Siapkan Flyover Aloha Surabaya
BBPJN VII Surabaya menilai proyek flyover Aloha kebutuhan mendesak untuk mengurai kemacetan jalan,terutama menuju ke Bandara Juanda.
Kepala BBPJN VII Surabaya Ahmad Subkhi. (Foto: Tagar/Adi Suprayitno)

Surabaya - Kemacetan di Bundaran Aloha menuju Bypass Bandara Juanda dan Sidoarjo bakal segera terurai. Mengingat Balai Besar pelaksanaan jalan Nasional (BBPJN) VIII Surabaya akan membangun flyover atau jalan layang Aloha.

Kepala BBPJN VIII surabaya, Ahmad Subkhi mengatakan, desain flyover Aloha ini berupa perputaran yang menghubungkan Sidoarjo-Bandara, Surabaya - Bandara atau sebaliknya.

“Sudah perencanaan di sana berupa putaran flyover, baik dari Sidoarjo ke bandara, bandara - Sidoarjo, Surabaya - bandara, Bandara - Surabaya,” ujarnya di kantor BBPJN VIII Surabaya, Selasa 3 Desember 2019.

Subkhi mengaku desain flyover Aloha ini sudah dibuat dan tinggal menunggu instruksi dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Mengingat pemerintah pusat memiliki skala prioritas pembangunan.

Sudah perencanaan di sana berupa putaran flyover, baik dari Sidoarjo ke bandara, bandara - Sidoarjo, Surabaya - bandara, Bandara - Surabaya.

Meski demikian, perencanaan pembangunan yang diajukan BBPJN VIII belum tentu semua langsung terpenuhi, karena harus berebut dengan provinsi lain. Pemerintah pusat akan memprioritaskan daerah yang membutuhkan pembangunan.

"Berdasarkan skala prioritas. Kita punya alokasi tidak semua terpenuhi karena berebut dengan provinsi lain. Paling penting dulu," terangnya.

Adik kandung Menkopolhukam, Mahfud MD itu tetap menilai proyek flyover Aloha kebutuhan mendesak untuk mengurai kemacetan jalan, terutama menuju ke Bandara Juanda.

Sekadar diketahui, pembangunan flyover Aloha, Waru Sidoarjo masuk menjadi salah satu proyek strategis di Peraturan Presiden RI Nomor 80 Tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Ekonomi di Kawasan Gerbangkartosusila, Bromo-Tengger-Semeru, serta Selingkar Wilis dan Lintas Selatan.

Di dalam peraturan presiden itu, tertuang estimasi investasi untuk pembangunan flyover Aloha sebesar Rp 438 miliar dengan sumber dana pembiayaan dari APBN. []

Baca juga:

Berita terkait
Seni Hadroh di Gereja Surabaya Tanda Toleransi Agama
Video yang sempat viral tersebut disimpulkan menjadi tanda toleransi agama.
Polda Jatim Amankan 18 Pelaku Skimming Kartu Kredit
18 pelaku skimming kartu kredit milik Warga Negara Asing (WNA) Amerika dan Rusia dan meraup keuntungan hingga Rp 500 juta.
Polda Jatim Ajak Nella Kharisma Kampanye Lawan Hoaks
Nella Kharisma ditunjuk menjadi duta anti hoaks dikarenakan penyanyi asal Kediri itu difitnah selingkuh dengan eks Bupati Kediri melalui medsos.
0
Tiga Fakta Raja dan Ratu Keraton Agung Sejagat
Raja dan Raju Keraton Sejagat, Toto Santoso dan Fanni Aminadia setelah membuat geger tanah air, kini mereka menjalani hari-hari di dalam penjara.