Unik! Pantai Pasir Putih yang Indah Ini Tidak Memiliki Laut

Playa de Gulpiyuri tetap memiliki arus ombak serta hamparan pasir lembut yang begitu nyaman untuk dipandang.
Pantai Gulpiyuri. (Foto: Tagar/Sygic Travel)

TAGAR.id, Jakarta - Playa de Gulpiyuri atau lebih dikenal dengan sebutan Pantai Gulpiyuri memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan karena keunikannya. Ini adalah satu-satunya pantai yang tidak memiliki laut ini memiliki panorama alam yang begitu indah dan unik.

Pantai ini memang unik karena tak memiliki lautan. Menariknya, Playa de Gulpiyuri tetap memiliki arus ombak serta hamparan pasir lembut yang begitu nyaman untuk dipandang. 

Berikut sejumlah fakta menarik terkait Playa de Gulpiyuri.


Pantai terkecil di dunia

Playa de Gulpiyuri berlokasi sekitar 425 kilometer Utara Madrid, tepatnya berada di Kota Lianes. Pantai ini disebut pantai terkecil karena hanya memiliki lebar 15 meter dengan panjang sekitar 40 meter.

Di sini, Anda akan disuguhkan dengan hamparan pasir putih yang bersih, pemandangan rerumputan hijau serta tebing kokoh yang menjulang tinggi di sekitarnya. Dilengkapi dengan pemandangan langit biru yang indah, liburan pun akan terasa begitu nyaman di tempat ini.


Pasir putih dan ombak sedang

Meski tak memiliki laut, Playa de Gulpiyuri memiliki pasir putih yang bersih, lengkap dengan air asin dan ombaknya yang berukuran sedang. Ombak tersebut tercipta dari beradunya dua arus, yaitu arus dari Teluk Biscay dan arus dari Cantabrian

Bahkan, Anda juga bisa merasakan pasang surut di pantai mungil ini. Saat Anda menapaki kaki di Playa de Gulpiyuri, Anda akan merasakan lembutnya pasir putih,tanpa perlu takut terluka karena serpihan kerang yang tajam. Sebab, pantai Gulpiyuri tidak begitu banyak memiliki kerang-kerang laut di dalamnya.


Terowongan terhubung laut Cantabrian

Ada penjelasan ilmiah mengenai fenomena pantai tak berlaut ini. Jadi, menurut peneliti, di bawah bukit yang menjadi batas laut itu terdapat terowongan yang terhubung dengan Laut Cantabrian yang berada di Teluk Biscay.

Jarak antara teluk dengan Pantai Gulpiyuri ini hanya sekitar 80 meter. Nah, arus laut yang kuat dari Cantabrian kemudian mendorong air hingga ke pantai kecil Gulpiyuri. Banyak wisatawan yang kerap berendam dan berenang di perairan dangkal ini.


Dilindungi pemerintah

Pesona Pantai Gulpiyuri yang indah membuat para wisatawan berlomba-lomba menyaksikannya secara langsung. Lokasinya yang unik juga membuat banyak traveler penasaran dan datang berkunjung. Para turis pun datang untuk berjemur hingga menikmati segarnya air laut yang jernih.

Kini, pemerintah Spanyol telah menetapkan Pantai Gulpiyuri sebagai salah satu area alam yang dilindungi. Jadi dapat dipastikan bahwa pantai akan tetap lestari dan indah sebagaimana diberikan oleh alam. []


Baca Juga

 4 Wisata Semarang Dibuka, Wisata Pantai Favorit 

 5 Rekomendasi Wisata Pantai di Sukabumi Serasa Bali 

 Cuaca Buruk, Pengunjung Wisata Pantai Anjlok 

 Wow, Ada Objek Wisata Pantai Baru di Gorontalo 











Berita terkait
Liburan di Pantai? Simak Tips Ini Agar Liburan Menyenangkan
Sebaiknya perhatikan beberapa tips di bawah ini sebelum kalian pergi berlibur ke pantai agar liburan kalian berjalan menyenangkan.
Lama Tak Traveling? Inilah Cara Cepat Liburan Tanpa Karantina ke Singapura
Pemerintah Singapura secara resmi telah mencabut kewajiban karantina bagi semua pelaku perjalanan yang sudah divaksinasi per 1 April 2022.
Ingin Liburan? 5 Tips Liburan Hemat Dengan Manfaatkan Teknologi
Di tengah perkembangan teknologi yang pesat kalian bisa memanfaatkannya untuk mengatur uang dalam berwisata. Nah, simak ulasannya berikut.
0
Unik! Pantai Pasir Putih yang Indah Ini Tidak Memiliki Laut
Playa de Gulpiyuri tetap memiliki arus ombak serta hamparan pasir lembut yang begitu nyaman untuk dipandang.