Ingin Liburan? 5 Tips Liburan Hemat Dengan Manfaatkan Teknologi

Di tengah perkembangan teknologi yang pesat kalian bisa memanfaatkannya untuk mengatur uang dalam berwisata. Nah, simak ulasannya berikut.
Ilustrasi - Seseorang berwisata. (Foto: Tagar/Unsplash/@guilhermestecanella)

Jakarta – Berwisata merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan seseorang untuk melepaskan penat yang mereka alami di waktu bekerja. Namun, bagaimana jika seseorang ingin berwisata tetapi hanya memiliki sedikit uang?

Tak bisa dipungkiri jika setiap orang tentunya menyukai kegiatan yang bernama wisata ini. Berwisata memanglah menyenangkan, namun ada hal yang sebaiknya sangat kalian perhatikan ketika berwisata yaitu mengatur keuangan.

Mungkin bagi sebagian orang mengatur keuangan saat berwisata adalah hal yang tidak perlu dipikirkan, namun bagi sebagian orang lainnya hal ini sangatlah penting. Oleh karena itu sebagian orang cenderung mengurungkan niatnya untuk berwisata ketika uang yang mereka miliki terbilang pas-pasan.

Sekarang kalian tak perlu khawatir, di tengah perkembangan teknologi yang pesat kalian bisa memanfaatkannya untuk mengatur uang dalam berwisata loh. Simak beberapa tips ini yang bisa kalian lakukan ketika hendak berwisata namun hanya memiliki uang yang pas-pasan.


1. Sesuaikan budget dan lokasi

Mungkin kalian pernah mendengar jika suatu daerah terkenal sebagai tempat wisata yang ramah kantong sedangkan daerah lainnya tidak. Kalian bisa mencari informasi seputar biaya hidup dan akomodasi yang kalian butuhkan melalui internet dan bertanya pada kerabat anda.

Dengan mengumpulkan informasi yang cukup kalian bisa memutuskan apakah lokasi yang akan kalian tuju sesuai dengan keuangan kalian atau tidak. Dengan melakukan hal ini kalian tidak akan merasa kaget dengan beberapa harga barang atau akomodasi yang ditawarkan di sekitarnya.


2. Mencari promo

Saat ini banyak sekali aplikasi layanan digital yang menawarkan akomodasi ketika kalian ingin berlibur. Oleh karena itu kalian sebaiknya memanfaatkan promo yang ditawarkan oleh layanan tersebut supaya liburan kalian bisa lebih hemat.

Umumnya promo akan diberikan pada pengguna baru atau waktu-waktu tertentu seperti hari libur nasional. Promo yang diterima pengguna juga biasanya berbeda-beda oleh karena itu coba kalian cek aplikasi pada partner liburan kalian.


3. Mencari transportasi alternatif

Meskipun memerlukan tenaga lebih, kalian bisa mempertimbangkan menggunakan transportasi umum ketika hendak berlibur. Dengan teknologi layanan peta digital, kalian bisa mengetahui rute yang akan kalian lewat apakah ada transportasi umum yang bisa kalian naiki atau tidak.

Menaiki transportasi umum terbukti bisa menghemat keuangan liburan kalian dengan beberapa pertimbangan. Namun nak transportasi umum bisa menjadi lebih mahal ketika kalian pergi berlibur dengan jumlah orang yang banyak.


4. Rencanakan jauh hari

Merencanakan bepergian dalam jangka waktu yang jauh akan sangat membantu kalian untuk melakukan penghematan dalam berlibur. Beberapa layanan digital akan memberikan harga yang lebih murah ketika pengguna melakukan pemesanan jauh hari dibandingkan pemesanan yang mepet.

Dengan mendapatkan akomodasi lebih awal kalian juga akan lebih merasa tenang ketika hendak berlibur. Selain bisa mendapatkan harga murah, kalian juga bisa lebih banyak mengumpulkan uang yang bisa digunakan untuk berlibur.


5. Mencari rekomendasi makanan

Tak bisa dipungkiri jika makanan menjadi salah satu pengeluaran yang sangat besar ketika kalian pergi berlibur. Oleh karena itu kalian bisa memanfaatkan beberapa forum diskusi dan melihat reviewer makan sebagai referensi makanan selama kalian berlibur.

Namun, perlu diingat jika harga makanan ini juga bisa dipengaruhi oleh lokasi penjualan makan tersebut. Beberapa lokasi penjual makanan memang terkenal mahal karena ada pajak yang cukup tinggi yang harus mereka bayarkan.

(Dimas Rafika)



Berita terkait
7 Deretan Destinasi Wisata yang Hits Sepanjang 2021
Dengan menjalankan protokol yang ketat dan sudah terlaksananya program vaksinasi di Indonesia. Ini destinasi wisata yang hits sepanjang tahun 2021.
7 Destinasi Wisata Alam di Bogor yang Cocok untuk Healing
Wisata alam di Bogor memang cukup banyak untuk didatangi, khususnya bagi masyarakat yang tinggal di kawasan Jabodetabek. Ini rekomendasinya.
5 Destinasi Wisata Hits yang Wajib Dikunjungi di Batam
Kota terbesar yang berada di provinsi Kepulauan Riau yakni Batam lebih diketahui sebagai salah satu pintu masuk menuju ke Singapore.
0
Ingin Liburan? 5 Tips Liburan Hemat Dengan Manfaatkan Teknologi
Di tengah perkembangan teknologi yang pesat kalian bisa memanfaatkannya untuk mengatur uang dalam berwisata. Nah, simak ulasannya berikut.