Ujian CPNS Taput, Inneke HO Tobing Nilai Tertinggi

Hari ini resmi dibuka ujian seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) Tapanuli Utara formasi tahun 2019.
Peserta ujian sesi kedua registrasi nomor ujian kepada panitia ujian CPNS Formasi tahun 2019, di Ruang Ujian BKD Kabupaten Tapanuli Utara, Kamis 6 Februari 2020. (Foto: Tagar / Jumpa P Manullang)

Tarutung - Hari ini resmi dibuka ujian seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) Tapanuli Utara formasi tahun 2019.

Ujian digelar di gedung ujian Badan Kepegawaian Daerah (BKD) berkapasitas 200 peserta dari seluruh peserta 2.967 orang.

"Satu hari dilaksanakan lima sesi pelaksanaan sampai hari Sabtu depan, " kata Hotman Nababan, Kepala Badan Kepegawaian Daerah Tapanuli Utara, Kamis 6 Februari 2020.

Hotman mengatakan, kali ini dilaksanakan tes kemampuan dasar meliputi Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU) dan Tes Kepribadian (TKP). Pada Maret dan April 2020 akan digelar kembali ujian tes kemampuan bidang.

"Kita menunggu jadwal dari BAKN pusat. Untuk formasi guru ada 6 orang dan 243 jabatan adalah tenaga teknis," katanya.

Pada pagi hari, Bupati Tapanuli Utara, Nikson Nababan, membuka secara resmi ujian CPNS formasi tahun 2019, di ruang ujian BKD Kabupaten Tapanuli Utara.

"Selamat ujian, semangat dan harus tetap maksimal untuk mendapatkan yang terbaik. Tetapi jangan berkecil hati dan putus asa jika tidak menang. Tidak harus jadi PNS biar bisa maju dan meraih cita-cita. Jalan hidup setiap orang berbeda," kata Nikson.

Saya juga dulu pernah ikut ujian CPNS di Kementerian Dalam Negeri tapi gak lulus, berarti jalan hidup saya tidak di situ

Nikson mendorong peserta agar berlapang dada jika tidak lulus jadi abdi negara.

hasil cpns taputHasil perolehan nilai Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU) dan Tes Kepribadian ujian sesi pertama ujian CPNS Formasi tahun 2019, di Ruang Ujian BKD Kabupaten Tapanuli Utara, Kamis 6 Februari 2020. (Foto: Tagar / Jumpa P Manullang)

"Saya juga dulu pernah ikut ujian CPNS di Kementerian Dalam Negeri tapi gak lulus, berarti jalan hidup saya tidak di situ. Tuhan pasti menunjukkan yang terbaik untuk kita. Jadi, apapun yang kamu lakoni, harus tetap maksimal untuk menghasilkan yang terbaik," kata Nikson didampingi jajaran pimpinan OPD Tapanuli Utara.

Transparan

Pantauan Tagar, transparansi proses pelaksanaan ujian cukup terjamin. Terlihat dari sesi pertama yang dimulai pagi hari.

Dari hasil ujian sesi pertama di papan pegumuman terpantau Inneke Hartinah Oktaveria Lumbantobing menduduki urutan pertama.

Dari 200 peserta sesi pertama dia memperoleh nilai Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) 110. Kemudian Tes Intelegensi Umum (TIU) di angka 145 dan Tes Kepribadian diangka 142, dengan total keseluruhan 397 poin. Terlihat kerabat keluarga peserta ujian kali ini, ikut memantau hasil ujian mereka. []

Berita terkait
Tiga Joki CPNS di Toraja Ditetapkan Tersangka
Tiga orang pelaku yang berperan sebagai joki CPNS di Kabupaten Tana Toraja Sulawesi Selatan ditetapkan sebagai tersangka oleh Polres Tana Toraja.
Polisi Buru Penghubung Joki CPNS di Makassar
Pihak kepolisian dari Polrestabes Makassar terus memburu penghubung joki CPNS di kota Makassar.
BKN Blacklist Penyewa Joki Tes CPNS Seumur Hidup
BKN RI memastikan penyewa joki dalam ujian seleksi CPNS akan di-blacklist atau seumur hidup tidak bisa mengikuti seleksi CPNS.
0
DPR Terbuka Menampung Kritik dan Saran untuk RKUHP
Arsul Sani mengungkapkan, RUU KUHP merupakan inisiatif Pemerintah. Karena itu, sesuai mekanisme pembentukan undang-undang.