Tunggu Liga 2, Pelatih PSCS Cilacap Jaga Motivasi Pemain

Tim Liga 2 PSCS Cilacap tetap menjalankan program latihan meski belum ada kejelasan kompetisi. Pelatih pun berusaha menjaga motivasi pemain.
Pelatih PSCS Cilacap Jaya Hartono (ke-2 dari kanan) memberikan instruksi saat latihan tim. Pelatih Jaya berusaha menjaga motivasi pemain setelah ditundanya kompetisi. (Foto: Tagar/Sri Nugroho)

Cilacap - Tim Liga 2 PSCS Cilacap tetap menjalankan program latihan meski belum ada kejelasan kompetisi. Pelatih PSCS, Jaya Hartono mengakui dirinya harus menjaga motivasi dan semangat pemain menjadi hal yang tak mudah akibat belum pastinya kompetisi.

Liga 2 mundur lagi memang mempengaruhi psikis pemain. Saat mereka dalam kondisi fokus secara fisik dan mental karena hendak memasuki kasta ke-2 sepak bola ini, namun tim gagal bertanding.

Pelatih Jaya Hartono menuturkan kondisi tersebut pada akhirnya cukup mempengaruhi psikis mereka. Akibatnya, motivasi mereka sedikit mengendur dibandingkan sebelum diumumkannya kompetisi ditunda.

Apakah kompetisi tetap digelar atau ditiadakan sama sekali dan dimulai lagi tahun 2021, klub harus mendapat kepastian

Sebagaimana diketahui PSSI memastikan kompetisi yang semula dimulai pada 1 Oktober untuk Liga 1 dan 17 Oktober untuk Liga 2 akhirnya ditunda. Saat mengumumkan penundaan ini, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan berharap kompetisi bisa digulirkan pada November. 

Namun terkini, sudah berseliweran kabar jika kompetisi musim 2020 akan ditiadakan. Hanya kepastian liga dilanjutkan atau tidak sepertinya tergantung hasil extraordinary club meeting di Yogyakarta, Selasa, 13 Oktober 2020. 

"Terkait kondisi saat ini, saya sudah sampaikan ke pemain bahwa tim harus tetap latihan dan melakukan persiapan. PSCS tetap latihan sambil menunggu arahan dari manajemen," kata Jaya Hartono kepada Tagar, Senin, 12 Oktober 2020.

Mantan pelatih Persik Kediri ini juga berharap pertemuan klub kontestan Liga 1 dan Liga 2 2020 dengan PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator sudah bisa memberikan kepastian. Menurut dia klub membutuhkan kepastian apakah liga digelar atau dihentikan.  

"Apakah kompetisi tetap digelar atau ditiadakan sama sekali dan dimulai lagi tahun 2021, klub harus mendapat kepastian," kata Jaya Hartono menambahkan.

Terkait persiapan tim, pelatih yang pernah menangani PSS Sleman ini menuturkan dia sudah mengagendakan laga uji coba. Ini untuk menjaga motivasi sekaligus pematangan tim sebelum menghadapi kompetisi. Selain itu, tim beruji coba melawan tim-tim lokal.

Baca juga: 

PSCS Terancam, PSMS Paling Berpeluang Lolos 8 Besar

PSCS Cilacap Bergantung Laga PSMS Medan di Ciamis

"Manajemen menjelaskan sudah berkomunikasi dengan tim selevel untuk uji coba. Namun kami tentunya harus tunggu dulu hasil pertemuan klub dan PT LIB di Yogyakarta," ucap pelatih berlisensi A AFC ini.

PSCS sendiri sudah kembali menjalani latihan sejak awal Agustus 2020. Tim juga sudah beberapa kali menggelar laga uji coba melawan tim lokal Cilacap. 

PSCS juga sempat beruji coba melawan sesama tim Liga 2 Persekat Kabupaten Tegal, di Stadion Wijayakusuma Cilacap, akhir September lalu. Uji coba itu dimenangkan PSCS 2-1. []

Berita terkait
Liga 2 Belum Jelas, Legenda PSCS Cilacap Mantap Jualan Sate
Tak jelasnya kompetisi Liga 2 membuat legenda sepak bola PSCS Cilacap banting stir berjualan sate ayam.
Jalani Laga Terakhir, PSCS Tak Pikirkan Lolos 8 Besar
PSCS Cilacap fokus memenangkan laga terakhir penyisihan wilayah Liga 2 melawan PSGC Ciamis. Mereka tak memikirkan peluang lolos 8 Besar.
PSCS Fokus Jaga Performa Karena Laga Lawan PSGC Diundur
Pelatih PSCS Cilacap Djoko Susilo harus bekerja keras menjaga kondisi pemain setelah pertandingan pamungkas Liga 2 melawan PSGCS Ciamis diundur.
0
Rapid Test Covid-19 di Jerman Akan Dikenakan Biaya
Jerman akan mulai menarik bayaran untuk tes rapid Covid-19 yang sebelumnya gratis, kelompok yang rentan akan dikecualikan dari biaya tes