Tujuh Manfaat Charcoal untuk Kesehatan dan Kecantikan

Charcoal atau zat arang kini banyak diolah bersama produk kecantikan dan kesehatan. Zat arang ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia.
Kini banyak masker wajah berbahan dasar charcoal atau zat arang. (Foto : Unsplash/@elsaolofsson/ https://cbdoracle.com/)

Jakarta – Charcoal (activated charcoal) atau zat arang yang diaktifkan sebenarnya sudah lama dikenal sebagai penawar racun dalam tubuh. Zat arang ini biasanya ditemukan pada kayu, gambut, batu bara, dalam tempurung kelapa sawit tua atau batok kelapa yang dipanaskan dengan suhu tinggi. Bentuknya berupa bubuk halus berwarna hitam yang memiliki daya serap tinggi.

Kini charcoal sangat berperan dalam kandungan bahan-bahan kesehatan serta kecantikan manusia berkat khasiat yang dimilikinya. Berikut tujuh manfaat dari charcoal bagi kesehatan tubuh yang dilansir oleh Tagar dari Alodokter ditinjau oleh dr. Meva Nareza.

1. Mengatasi keracunan dan overdosis obat-obatan

Sejak dulu charcoal sudah terkenal memiliki manfaat sebagai penawar racun. Seiring berkembangnya ilmu pengetahuan, kini tidak hanya sebagai penawar racun, charcoal juga digunakan sebagai penanganan pertama saat overdosis obat-obatan. Charcoal mampu mengikat berbagai jenis obat dan racun sehingga mencegah racun tersebut diserap oleh tubuh. Tetapi tidak semua racun bisa diikat oleh charcoal, beberapa hal yang tak bisa diatasi contohnya seperti, keracunan alkohol, sianida, dan litium.

Baca Juga:

2. Mengatasi diare

Dari hasil penelitian menyebutkan bahwa charcoal dapat membantu dalam mengatasi diare. Seperti pada hal sebelumnya, charcoal terkenal dengan khasiat dapat mengikat racun maka dari itu zatnya dapat mengikat racun dari bakteri penyebab diare di usus. Selain itu, charcoal mencegah racun tersebut diserap oleh tubuh sehingga gejala diare dapat mereda. Namun, masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk memastikan manfaat charcoal ini.

3. Mengatasi perut kembung

Manfaat charcoal lainnya adalah sebagai pengobatan alternatif untuk mengatasi perut kembung dan kram perut. Charcoal dipercaya mampu mengikat zat-zat yang berpotensi menghasilkan gas berlebih dalam sistem pencernaan. Pada umumnya, zat-zat ini berasal dari makanan dan minuman yang dikonsumsi tubuh. Hal ini dibuktikan dalam sebuah penelitian American Journal of Gastroenterology.

4. Menurunkan kadar kolesterol

Charcoal dipercaya memiliki khasiat untuk menurunkan kadar kolesterol total dan kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. Hal tersebut dengan cara mengikat kolesterol di dalam usus. Dengan kemampuan tersebut, kolesterol yang terserap dari makanan jadi lebih sedikit, sehingga kadar kolesterol darah lebih terjaga. Namun, walau demikian hal ini masih terus diteliti.

5. Menjaga fungsi ginjal

Charcoal juga dipercaya dapat membantu menjaga dan meningkatkan fungsi ginjal. Terlebih lagi khususnya pada orang-orang yang menderita gagal ginjal kronis. Cara kerja charcoal dengan membantu ginjal untuk menyaring racun dalam darah, sehingga kerja ginjal menjadi lebih ringan.

6. Mempercepat penyembuhan luka

Zat arang atau charcoal diyakini dapat mempercepat penyembuhan luka. Terutama luka seperti ulkus diabetikum atau lusa yang kerap dialami oleh penderita diabetes. Luka tersebut sulit untuk sembuh. Jika bubuk charcoal diletakkan di atas luka yang terbuka dan dibalut dengan kasa dapat membantu membersihkan nanah serta racun. Hal ini dapat membantu luka sembuh dengan lebih cepat.

Baca Juga:

7. Menjadi masker wajah

Dalam dunia kecantikan, kini charcoal atau zat arang juga dimanfaatkan sebagai bahan untuk masker wajah. Hal ini disebabkan charcoal dipercaya mampu menyerap bakteri dan kotoran dari kulit. Selain itu zat arang yang telah diaktifkan juga mampu mengikat bakteri yang menimbulkan jerawat. Dengan begitu, kulit akan lebih sehat, bersih, dan bebas dari jerawat.

Walaupun dapat ditemukan beberapa manfaat dalam penggunaan charcoal atau zat arang dalam kehidupan sehari-hari, bila dikonsumsi secara berlebihan bisa menyebabkan efek samping. Salah satunya ialah perubahan cara tubuh menyerap makanan dan obat-obatan. 

Meskipun sudah banyak produk berbahan charcoal dalam bentuk tablet, pil, dan sebagainya, ada baiknya mengkonsumsi penggunaan zat arang ini dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. 

(Hafidjah Nuraulia S)

Photo credit:  https://cbdoracle.com/

Berita terkait
6 Manfaat Teh Hijau Bagi Kesehatan dan Kecantikan Kulit
Berikut Tagar rangkumkan sejumlah manfaat baik teh hijau bagi kesehatan dan kecantikan kulit.
5 Manfaat Minyak Ikan untuk Kecantikan
Mengutip informasi dari berbagai sumber, berikut Tagar rangkumkan sejumlah manfaat minyak ikan untuk kecantikan.
3 Manfaat Kentang Sebagai Masker Kecantikan
Berikut Tagar rangkumkan beberapa manfaat masker kentang untuk wajah yang dilansir dari berbagai sumber.
0
Firli Bahuri Minta Pegawai KPK Komitmen Perangi Korupsi
Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri meninta semua pegawai yang baru dilantik untuk memerangi tindakan korupsi di negeri ini.