UNTUK INDONESIA

6 Manfaat Teh Hijau Bagi Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Berikut Tagar rangkumkan sejumlah manfaat baik teh hijau bagi kesehatan dan kecantikan kulit.
Ilustrasi daun teh. (Foto: Freepik)

Jakarta - Teh hijau sangat kaya akan antioksidan dan nutrisi sehingga banyak orang menganggap bahwa ini memiliki manfaat untuk berbagai masalah kesehatan.

Laman healthline mencatat, sebuah studi tahun 2018 menunjukkan senyawa polifenol utama yang ada dalam teh hijau, EGCG (epigallocatechin-3-gallate), ditemukan menunjukkan berbagai sifat terapeutik.

Sifat tersebut antara lain antioksidan, antiinflamasi, anti-aterosklerosis, infark anti-miokard, dan antidiabetes.

Selain itu, studi lain tahun 2012 mengatakan bahwa polifenol tanaman ini terbukti juga menawarkan efek pencegahan kanker saat digunakan untuk melindungi kulit dan mendukung sistem kekebalan.

Tidak hanya yang disebutkan di atas, teh hijau juga membawa manfaat-manfaat lain untuk kulit.

Berikut Tagar rangkumkan sejumlah manfaat baik teh hijau bagi kesehatan dan kecantikan kulit:

Teh HerbalIlustrasi teh herbal. (Foto: Freepik)

1. Jerawat

Menurut review 2016, EGCG dalam teh hijau memiliki sifat antioksidan, antiinflamasi, dan antimikroba. Mereka telah menunjukkan peningkatan dalam mengobati jerawat dan kulit berminyak.

2. Kulit berminyak

Jerawat adalah hasil dari pori-pori yang menyumbat sebum berlebih dan merangsang pertumbuhan bakteri. Sebum adalah zat berminyak yang dikeluarkan oleh kelenjar sebaceous untuk melembabkan kulit dan rambut. Lalu androgen merupakan hormon yang diproduksi oleh tubuh.

Jika memiliki kadar androgen yang tinggi, hal ini dapat menyebabkan kelenjar sebaceous Anda menghasilkan lebih banyak sebum.

EGCG bersifat anti-androgenik dan menurunkan kadar lipid. Ini membuatnya efektif untuk mengurangi ekskresi sebum di kulit. Dengan mengurangi sebum, EGCG dapat memperlambat atau menghentikan perkembangan jerawat.

3. Kanker Kulit

Menurut sebuah studi tahun 2003, polifenol dalam teh hijau dapat digunakan sebagai agen farmakologis untuk pencegahan gangguan kulit akibat sinar UVB matahari pada hewan dan manusia. Ini termasuk kanker kulit melanoma, kanker kulit nonmelanoma, dan photoaging.

4. Ekstrak Teh Hijau untuk Kulit

Sebuah tinjauan tahun 2012 dari 20 studi menunjukkan bahwa ekstrak teh hijau telah terbukti berpotensi efektif bila dioleskan pada kulit dan dikonsumsi sebagai suplemen. Manfaatnya berfungsi untuk jerawat, alopesia androgenetik, dermatitis atopik, kandidiasis, kutil kelamin, keloid, rosacea.

5. Penuaan

Minum teh hijau dan mengoleskannya ke kulit dapat membantu Anda menangani proses penuaan dengan lebih baik. Sebuah penelitian kecil tahun 2005 terhadap 80 wanita menunjukkan peningkatan elastisitas kulit pada peserta yang diobati dengan kombinasi teh hijau topikal dan oral.

Selain itu, studi lain menunjukkan bahwa kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari berkurang dengan aplikasi kosmetik topikal yang mengandung ekstrak teh hijau.

Para peneliti menyarankan formulasi kosmetik termasuk ekstrak teh hijau telah meningkatkan microrelief kulit dan memiliki efek pelembab.

6. Kulit di Sekitar Mata

Jika mengalami pembengkakan di sekitar mata, pengobatan rumahan dengan teh hijau dapat meredakan masalah ini. Caranya adalah dengan seduh/rendam dua kantung teh hijau untuk minum teh kemudian peras untuk menghilangkan kelebihan cairan.

Setelahnya, dinginkan kantung teh tersebut di lemari es selama 10-20 menit. Terakhir, letakkan kedua kantung teh di mata Anda yang tertutup selama sekitar 30 menit.

Beberapa orang mengatakan bahwa kombinasi kafein dan kompres dingin akan membantu mengurangi bengkak.

Selain itu, menurut artikel tahun 2010 di Journal of Applied Pharmaceutical Science, kafein dalam teh hijau dapat menyempitkan pembuluh darah untuk mengurangi pembengkakan dan peradangan.

Namun, penelitian klinis tidak mendukung metode ini. Daripada menggunakan kantung teh hijau untuk mengurangi bengkak pada mata, para ahli lebih merekomendasikan untuk menggunakan kompres dingin (waslap dan air dingin).

Meskipun begitu, jika memang ingin mencoba pengobatan ini, harus diingat bahwa sekitar mata merupakan area yang sensitif. Jadi disarankan untuk menghapus riasan, melepas lensa kontak, mencuci tangan dan wajah, dan menjaga agar cairan tidak masuk ke mata.

Seperti pengobatan rumahan lainnya, akan lebih baik untuk bicarakan dengan dokter sebelum mencobanya.

Selain itu, hentikan penggunaan jika mengalami rasa sakit atau iritasi. []

(Okky Pratiwi)

Berita terkait
Jenis Makanan dan Minuman Bantu Redakan Stres
Mengutip informasi dari laman Healthline, berikut Tagar rangkumkan sejumlah makanan dan minuman pereda stres dan dapat ditambahkan ke diet anda:
15 Jenis Makanan yang Dapat Membantu Membentuk Otot
Berikut Tagar rangkumkan daftar 15 jenis makanan terbaik yang dapat membantu untuk membentuk otot.
18 Jenis Makanan Terbaik untuk Bayi dan Balita
Berikut Tagar rangkumkan 18 jenis makanan dengan gizi terbaik untuk bayi dan balita.
0
6 Manfaat Teh Hijau Bagi Kesehatan dan Kecantikan Kulit
Berikut Tagar rangkumkan sejumlah manfaat baik teh hijau bagi kesehatan dan kecantikan kulit.