UNTUK INDONESIA

5 Manfaat Minyak Ikan untuk Kecantikan

Mengutip informasi dari berbagai sumber, berikut Tagar rangkumkan sejumlah manfaat minyak ikan untuk kecantikan.
Ilustrasi minyak ikan omega 3. (Foto: Pixabay)

Jakarta - Minyak ikan sering ditemui sebagai bahan utama dari suplemen, baik berupa kapsul, pil, atau cairan.

Minyak ikan juga mempunyai segudang manfaat dan sangat baik dikonsumsi untuk kesehatan tubuh. Selain baik untuk tubuh, rupanya minyak ikan juga berkhasiat untuk kecantikan wajah.

Mengutip informasi dari berbagai sumber, berikut Tagar rangkumkan sejumlah manfaat minyak ikan untuk kecantikan:

WajahIlustrasi membasuh wajah menggunakan air. (Foto:Tagar/Freepik.com)

1. Melembabkan Wajah

Minyak ikan mengandung omega-3 docosahexaenoic acid (DHA) dan eicosapentaenoic (EPA) di dalamnya yang bisa melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda bisa meminum 1 kapsul minyak ikan, dengan begitu kulit akan kenyal dan lembab, ataupun cara lain dengan menggunakannya sebagai pelembab.

2. Melindungi Kulit dari Sinar UV

Mengonsumsi minyak ikan secara rutin bisa melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Biasanya setelah terpapar sinar UV kulit akan melepuh dan timbul ruam pada kulit.

Selain itu, sinar matahari juga dapat menyebabkan kanker kulit, nah maka itu dengan mengonsumsi suplemen minyak ikan yang mengandung omega-3 bisa membantu mencegah risiko terkena kanker kulit.

3. Mengatasi Jerawat

Kandungan asam lemak omega-3 dapat membantu mengontrol kelebihan hormon dalam memproduksi sebum, sehingga bisa meminimalisir tumbuhnya jerawat.

Tak hanya itu, sifat antioksidan juga turut berperan untuk mengusir bakteri serta mencegah perkembangan bakteri pada kulit dan anti inflamasi dalam minyak ikan juga membantu mempercepat penyembuhan jerawat.

4. Mencegah Penuaan Dini

Minyak ikan juga bisa mencegah penuaan dini, hal ini karena kandungan omega-3 dan antioksidan yang tinggi dalam minyak ikan dapat mencegah radikal bebas. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa suplemen omega-3 dapat memperlambat efek biologis dari penuaan.

Selain itu, asam lemak omega-3 juga dapat meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh, di mana efek ini bisa mencegah keriput pada wajah.

5. Membuat Rambut Lebih Sehat

Manfaat selanjutnya dari omega-3 ialah bisa membantu pertumbuhan rambut lebih sehat, menambah lubrikasi minyak alami di folikel rambut, dan menutrisi rambut agar lebih kuat.

Minyak ikan juga dapat mencegah peradangan folikel rambut, vitamin D dalam minyak ikan turut memiliki peran bagi pertumbuhan rambut dan adanya nutrisi pada minyak ikan sangat dibutuhkan untuk membentuk batang rambut baru. []

(Cherryn Lagustya)

Berita terkait
9 Efek Buruk Kafein Bagi Kesehatan
Mengutip informasi dari laman Healthline, berikut 9 efek samping akibat terlalu banyak mengonsumsi kafein.
12 Jenis Makanan Bergizi Terbaik untuk Sarapan
Berikut Tagar rangkumkan 12 jenis makanan terbaik untuk dikonsumsi saat sarapan dilansir dari laman Healthline.
3 Manfaat Kentang Sebagai Masker Kecantikan
Berikut Tagar rangkumkan beberapa manfaat masker kentang untuk wajah yang dilansir dari berbagai sumber.
0
5 Manfaat Minyak Ikan untuk Kecantikan
Mengutip informasi dari berbagai sumber, berikut Tagar rangkumkan sejumlah manfaat minyak ikan untuk kecantikan.