UNTUK INDONESIA

3 Manfaat Kentang Sebagai Masker Kecantikan

Berikut Tagar rangkumkan beberapa manfaat masker kentang untuk wajah yang dilansir dari berbagai sumber.
Ilustrasi kentang. (Foto: Freepik)

Jakarta - Kentang (Solanum tuberosum) menjadi sajian makanan yang populer dan mudah ditemukan. Kentang merupakan sumber karbohidrat yang bisa dikonsumsi sebagai pengganti nasi dan singkong.

Jenis umbi-umbian ini memiliki kandungan vitamin A, B, dan C serta mengandung mineral, serat, asam folat, dan kaya akan antioksidan. Kandungan gizi pada kentang tak bisa dianggap remeh karena didalamnya memmpunyai segudang manfaat bagi kesehatan tubuh.

Eitss, ternyata kentang bukan hanya baik bagi tubuh tetapi baik juga untuk wajah lho. Salah satu manfaat kentang bagi wajah, yaitu dipercaya dapat menghilangkan bekas jerawat. Ingin tau apa saja manfaat kentang bagi wajah?

Berikut Tagar rangkumkan beberapa manfaat masker kentang untuk wajah yang dilansir dari berbagai sumber:

Wajah Tanpa JerawatIlustrasi wajah tanpa bekas jerawat. (Foto: Freepik)

1. Menyamarkan Bekas Jerawat

Kentang mampu menghilangkan bekas jerawat karena mengandung niacin yang bisa membantu menyamarkan bekas jerawat dengan cara menggunakannya sebagai masker wajah. Caranya mudah, yakni kupas kulit kentang dan haluskan kentang.

Setelah dihaluskan, aplikasikan pada wajah dan diamkan hingga 20 – 30 menit. Jika sudah kering bilas dengan air hangat.

2. Mencerahkan Kulit

Penggunaan masker kentang dengan mencampur bahan lain, seperti lemon atau yogurt dapat membantu mencerahkan kulit.

Manfaat ini dikarenakan kentang mempunyai kandungan vitamin C yang cukup tinggi dan enzim katekolase yang membantu memudarkan bintik-bintik pada wajah serta noda kusam.

Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda bisa mencobanya dengan cara campur jus kentang dan lemon, lalu tambahkan madu ke dalam campuran.

Kemudian oleskan campuran tersebut ke seluruh wajah dan biarkan selama 15 – 20 menit. Kemudian bilaslah dengan bersih.

3. Mengatasi Mata Panda

Mata panda atau lingkaran hitam di bawah mata biasanya muncul karena kurang tidur dan kelelahan. Hal ini tentunya bisa mengganggu penampilan dan mengurangi rasa percaya diri.

Kentang diketahui efektif bisa mengilangkan mata panda dan mengurangi bengkak. Caranya cukup mudah, yakni kupas kentang mentah lalu potong menjadi potongan besar.

Kemudian bungkus potongan kentang tersebut dengan kain bersih dan tempelkan di area lingkarang mata. Biarkan selama 10-20 menit setelah itu bilas dengan air hangat hingga bersih. []

(Cherryn Lagustya)

Berita terkait
11 Tips Makeup untuk Kulit Wajah Kering
Mengutip informasi dari sejumlah sumber, berikut Tagar rangkumkan beberapa tips makeup untuk kulit yang kering.
Satu Sisi Wajah Terlihat Bagus Saat Berfoto? Ini Alasannya
Studi peneliti di Wake Forest University menemukan bahwa sisi kiri pada wajah dinilai dan dianggap lebih memiliki estetika daripada yang kanan.
Manfaat Jambu Biji Bagi Kesehatan dan Kecantikan Kulit Wajah
Mengutip informasi dari berbagai sumber, berikut Tagar rangkumkan sejumlah manfaat dari jambu biji untuk kesehatan dan kecantikan kulit.
0
3 Manfaat Kentang Sebagai Masker Kecantikan
Berikut Tagar rangkumkan beberapa manfaat masker kentang untuk wajah yang dilansir dari berbagai sumber.