UNTUK INDONESIA

Es Krim Sayur, Solusi Mengatasi Masalah Nutrisi Anak

Anak suka es krim, tapi biasanya anak tak suka sayur. Es krim sayur, solusi mengatasi hal itu. Cara bikinnya mudah. Yuk bikin sendiri di rumah.
Es krim sayur karya mahasiswa UNY Yogakarta sebagai solusi mengatasi permasalahan nutrisi anak. (Foto: Istimewa)

Yogyakarta - Tren kuliner berkembang pesat. Inovasi terus bermunculan menciptakan panganan baru, dari yang biasa hingga yang unik. Salah satu makanan yang sedang hits di kalangan masyarakat Indonesia salah satunya es krim.

Es krim adalah sebuah makanan beku umumnya dibuat dari produk susu seperti krim digabungkan dengan perasa dan pemanis. Campuran ini didinginkan dengan mengaduk sambil mengurangi suhunya untuk mencegah pembentukan kristal es besar. 

Banyak manfaat mengonsumsi es krim. Selain mengurangi rasa tertekan atau stress, es krim kaya kalsium yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu kaya vitamin, gizi dan mengandung protein.

Baca Juga:

Es krim ini banyak disukai anak-anak. Di sisi lain ada keprihatinan karena anak-anak jarang mengonsumsi sayuran. Dari latar belakang ini, sekelompok mahasiswa UNY mencoba menggabungkan es krim dengan sayuran. Tujuannya agar anak-anak menyukainya.

Mereka adalah Marliyoda Aji Pangestu prodi Teknologi Pendidikan, Muhammad Dimas Hendrawan prodi Akuntansi dan Rosyid Fuadi prodi Tata Boga. Karya ini berhasil meraih dana Dikti dalam Program Kreativitas Mahasiswa bidang Kewirausahaan tahun 2020.

Es krim sayur merupakan jenis makanan yang sangat cocok untuk anak-anak yang memiliki latar belakang tidak suka memakan sayuran.

Menurut Marliyoda Aji Pangestu sayuran merupakan makanan yang sangat kaya akan nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan anak. “Es krim sayur merupakan jenis makanan yang sangat cocok untuk anak-anak yang memiliki latar belakang tidak suka memakan sayuran,” katanya.

Es krim ini merupakan salah satu inovasi baru yang bagus untuk diimplementasikan buat anak-anak. Alasannya, selain harganya murah bahan-bahan juga gampang ditemukan. Dengan cara membuatnya sangat sederhana dan mudah untuk ditambah variasi seperti menambahkan topping berupa oreo, jelly, buah, keju, dan saus cokelat sehingga dapat menambah selera makan anak.

Muhammad Dimas Hendrawan mengatakan, es krim sayur kaya kalsium, nutrisi sayuran, vitamin dan gizi. Diharapkan es krim ini dapat memenuhi nutrisi yang dibutuhkan anak untuk pertumbuhan yang didapat dari sayur yang sudah diolah. Sayurnya dapat diisi oleh berbagai jenis seperti sawi, bayam, bayam ungu, tomat, lobak, dan lain-lain yang memiliki nutrisi dan manfaatnya masing-masing.

Rosyid Fuadi menjelaskan, bahan yang dibutuhkan adalah susu lowfat, susu sachet, gula pasir, garam, topping dan sayuran. “Alat yang dipakai yaitu freezer, blender, sendok dan tempat adonan,” katanya.

Baca Juga:

Cara membuatnya persiapkan semua alat dan bahan, lalu cuci sayuran yang akan dijadikan bahan es krim. Kemudian blender 100 ml susu lowfat, 1/4 sdm gula pasir, 1 sachet susu kental manis, beberapa helai sayuran dan sedikit garam. Tuang dalam tempat adonan dan masukan freezer, tunggu sampe keras.

Setelah keras tusuk-tusuk memakai garpu atau sendok sampai agak hancur, kemudian blender lagi sampai halus dengan kecepatan tinggi. Setelah selesai diblender, kemudian masukan ke dalam freezer, dan es krim sayuran siap dikonsumsi. []

Berita terkait
Resep Es Krim Mint Choco ala Drama dan Idol Korea
Bagi para penonton setia Drama Korea, pasti tidak asing dengan kuliner es krim mint choco. Begini resep dan cara membuatnya.
Es Krim Jadi Camilan untuk Anak, Salahkah?
Camilan merupakan bagian yang tidak terpisahkan bagi anak. Di samping makanan pokok, anak membutuhkan camilan untuk melengkapi asupan gizi harian.
Bahaya Mengkonsumsi Es Krim Bagi Kesehatan
Berikut ini Tagar rangkumkan sejumlah dampak buruk terlalu banyak makan es krim yang dilansir dari berbagai sumber.
0
Es Krim Sayur, Solusi Mengatasi Masalah Nutrisi Anak
Anak suka es krim, tapi biasanya anak tak suka sayur. Es krim sayur, solusi mengatasi hal itu. Cara bikinnya mudah. Yuk bikin sendiri di rumah.