UNTUK INDONESIA
Tips Tetap Semangat Olahraga Saat Social Distancing
Akibat virus Corona, pusat kebugaran tutup, sehingga membuat orang semakin tidak semangat menjalankan olahraga.
Ilustrasi olahraga di rumah. (Foto: womenshealthmag.com/FILADENDRON/GETTY IMAGES)

Jakarta - Akibat penyebaran virus Corona atau Covid-19, pusat kebugaran ditutup karena adanya penerapan social distancing. Namun, hal ini bukan alasan untuk tidak melakukan olahraga, meski harus di rumah.

Olahraga salah satu kegiatan yang sangat penting untuk dilakukan saat pandemi Corona ini. Selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan, ternyata kegiatan tersebut sangat  membantu meminimalisir risiko terpapar Covid-19.

Dilansir dari laman Metro.co.uk, berikut Tagar berikan tips agar tetap semangat dan termotivasi untuk menjaga kebugaran di rumah.

1. Buat Jadwal dan Patuh

Terapkan jadwal dalam satu minggu untuk mewajibkan berolahraga. Cara ini bisa membantu seseorang lebih termotivasi dan memastikan kegiatan itu berjalan dengan teratur. 

Bila harus melewatkan waktu berolahraga karena ada halangan, berusahalah untuk kembali pada jadwal yang sudah disusun tersebut.

2. Cari Komunitas virtual

Meski pusat kebugaran atau gym tutup, bukan berarti tidak bisa berolahraga bersama orang lain. Sebaiknya mulai mencari komunitas virtual agar Anda termotivasi untuk berolahraga. 

3. Gunakan perlengkapan olahraga

Menggunakan perlengkapan olahraga yang lengkap dipercaya bisa membangun motivasi untuk menjalani aktivitas fisik yang satu ini. Jadi setiap kali tergoda untuk melewatkan latihan, sesegera mungkin kenakan pakaian olahraga.

4. Melakukan Gaya Bervariasi

Rasa bosan dan kehilangan motivasi bisa timbul akibat latihan yang monoton. Disarankan menggunakan aplikasi untuk memandu saat berolahraga dengan gaya yang variatif.

Dengan aplikasi kebugaran tersebut, ternyata ampuh mengatur jadwal olahraga secara maksimal, sehingga membuat Anda semakin bersemangat menjalankan hidup sehat itu. 

5. Putar Musik

Memutar musik selama melakukan olahraga bisa membuat suasana hati lebih baik. Apalagi lagu atau musik yang diputarkan bergenre ceria dengan lirik yang berisi motivasi, sehingga mampu membangkitkan semangat. 

Namun dianjurkan untuk memperbaharui playlist atau daftar putar musik sesering mungkin agar tidak timbul rasa bosan dengan lagu yang didengarkan. 

6. Tetapkan Tujuan Berolahraga 

Menetapkan tujuan bisa menjadi salah satu cara yang efektif agar tetap termotivasi untuk berolahraga. Bahkan, jika perlu berilah hadiah untuk diri sendiri apabila mampu menyelesaikan latihan yang berat dan sulit, atau saat berhasil mencapai tujuan dari berolahraga tersebut. 

Dengan begitu, setiap orang akan terus termotivasi dan bersemangat menjalankan olahraga, meski di rumah. Apalagi pemerintah telah menganjurkan masyarakat untuk social distancing atau sekarang ini disebut physical distancing sebagai upaya pencegahan virus Covid-19. []

Baca juga:

Berita terkait
Pilihan Olahraga Pas Saat Isolasi Corona di Rumah
Olahraga bisa dilakukan saat isolasi di rumah untuk bisa tetap menjaga kesehatan.
Wabah Corona Menghilangkan Keceriaan dari Olahraga
Wabah virus corona yang melanda dunia berimbas pada dunia olahraga yang mengentakkan kita sehingga tidak bisa dapat keceriaan dari olahraga
Pasien Positif Covid-19 di Surabaya Rajin Olahraga
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa membenarkan ada enam pasien positif Covid-19 sedang dirawat di rumah sakit di Surabaya.
0
Covid-19 di 17 Negara Eropa Antara 11.000 - 200.000
Penyebaran virus corona baru (Covid-19) di Eropa melanda semua negara bahkan di beberapa negara kasusnya jauh di atas jumlah kasus di China