4 Manfaat Buah Salak yang Tak Boleh Diremehkan

Buah salak merupakan buah yang tumbuh di Jawa dan Sumatera. Tapi, perlu diketahui buah salah memilki banyak manfaat.
Buah Salak. (Foto: Tagar/Blibli)

Jakarta - Buah salak merupakan buah yang tumbuh di Jawa dan Sumatera. Buah dengan kulit bersisik ini sempat heboh setelah artis Nia Ramadhani mengaku tak bisa mengupasnya. Memang, buah ini tak sepopuler buah lainnya. Tapi, perlu diketahui buah salah memilki banyak manfaat. Berikut ini merupakan empat manfaat buah salak.


Baik untuk Kesehatan Mata

Beta karoten sebagai antioksidan kuat yang terkandung dalam salak dapat membantu menjaga kesehatan mata, termasuk bagi penderita rabun jauh. Selain itu, manfaat buah salak dari senyawa ini dapat menurunkan risiko degenerasi makula (masalah mata kronis) dan memperlambat perkembangan katarak seiring bertambah usia. Kandungan beta karoten dalam buah salak lima kali lebih banyak daripada yang terkandung dalam buah mangga dan semangka.


Membantu Menurunkan Berat Badan

Kandungan buah salak yang kaya serat dan antioksidan yang tinggi dalam buah salak membuatnya baik dikonsumsi ketika diet. Kalorinya yang rendah juga dapat membantu untuk menurunkan berat badan. Sementara, kalsium dan karbohidrat yang terkandung dalam salak dapat memberi tubuh energi meski sedang diet.


Meningkatkan Kesehatan Tubuh

Salak merupakan buah padat nutrisi yang membantu meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Kandungan vitamin buah salak dan mineral dapat membantu menjaga fungsi tubuh dengan baik.Sementara, antioksidan dalam buah salak berguna melawan kerusakan sel dan jaringan tubuh.

Selain itu, buah salak manfaatnya untuk menjaga kekebalan tubuh.Sebab, kandungan buah salak, yaitu vitamin C, mampu mengatasi beragam infeksi. Terbukti, orang yang kekurangan vitamin C rentan terhadap infeksi dan kekebalan tubuhnya terganggu. Hal ini pun dipaparkan dalam riset dari Nutrients.


Meningkatkan Energi

Manfaat buah salak mampu memberikan energi. Sebab, karbohidrat yang terkandung dalam buah salak dapat diubah menjadi energi sepanjang hari. Selain itu, buah salak dipercaya mampu meningkatkan stamina dan menstimulasi metabolisme sehingga meningkatkan energi pada tubuh Anda. []


Baca juga

Berita terkait
Manfaat Tempe yang Perlu Kamu Tahu
Salah satu manfaat mengonsumsi tempe adalah kadar protein yang tinggi sehingga kerap dimanfaatkan untuk membangun otot.
Mengenal Manfaat Alpukat untuk Rambut
Tak hanya bermafaat untuk kesehatan tubuh manusia, tapi alpukat juga bermanfaat kesehatan rambut. Berikut manfaat buah alpukat.
Manfaat Mengonsumsi Daging Sapi yang Jarang Diketahui
Pada perayaan Hari Raya Iduladha banyak warga yang mendapat daging kurban, dan kebanyakan daging tersebut dimasak dengan berbagai macam.
0
4 Manfaat Buah Salak yang Tak Boleh Diremehkan
Buah salak merupakan buah yang tumbuh di Jawa dan Sumatera. Tapi, perlu diketahui buah salah memilki banyak manfaat.