UNTUK INDONESIA
Tips Merawat Tas Kulit agar Awet dan Terlihat Elegan
Tas kulit salah satu aksesoris yang membuat penampilan menjadi lebih elegan untuk perempuan dan laki-laki.
Ilustrasi mencuci dan merawat tas kulit agar tahan lama. (Foto: myshoemo.com)

Jakarta - Tas kulit menjadi salah satu aksesoris yang sering digunakan dalam menyempurnakan penampilan agar terlihat menarik dan elegan. Sehingga, perlu adanya perhatian khusus supaya tahan lama dan awet, terutama tas berbahan kulit.

Memang menjaga dan merawat tas kulit tidak boleh sembarangan dan perlu kehati-hatian. Sebab, jika salah memperlakukan barang tersebut bisa menurunkan kualitasnya. 

Berikut Tagar rangkumkan sejumlah tips merawat tas kulit agar tahan lama.

1. Simpan di Tempat yang Benar

Ketika ingin menyimpan tas, sebaiknya memilih tempat yang aman dan nyaman. Carilah suhu ruang yang memiliki pencahayaan cukup, kondisinya kering dan tidak terlalu lembab atau panas karena banyak cahaya.

Kemudian, pastikan ruangan tersebut bersih dari debu. Sebelum menyimpan tas, masukan tas ke dalam dust bag dan tambahkan gel silika agar aman dari jamur. Jadi, dengan begitu tas akan awet dan terlihat seperti baru.

2. Hindari Menumpuk Tas

Cara menyimpan tas juga perlu diperhatikan dan tidak boleh sembarangan, apalagi ditumpuk. Pasalnya hal ini akan mengubah bentuk dan kualitas dari tas tersebut akibat gesekan. Sehingga, dikhawatirkan merusak bahannya menjadi mudah terkelupas.

Sebaiknya, letakan posisi tas dengan benar yaitu berdiri atau sandarkan pada bagian lemari.

3. Bersihkan Tas dengan Pembersih Khusus

Cara ini juga perlu dilakukan dan diperhatikan. Sehingga, dianjurkan menggunakan pembersih khusus sesuai dengan jenis tas. Namun, hindari penggunaan bahan kimia yang keras, seperti detergen, tisu basah, dan saddle soap karena berpotensi merusak kualitas tas.

Jika bahan tersebut terus digunakan secara terus-menerus, warna tas akan memudar dan terkelupas. Kemudian, menggunakan air juga tidak disarankan karena bisa merusak serat pada bahan tas.

4. Menggunakan Baking Powder

Menyimpan tas terlalu lama juga tidak baik dilakukan karena akan menimbulkan bau tidak sedap. Tetapi, mencegah hal tersebut, ada baiknya  menaruh baking powder ke dalam tas yang sudah dikemas rapi dan rapat. Dengan cara ini tentu akan menjaga tas dari bau tidak sedap.

5. Hindari Coretan Pulpen atau Benda Tajam

Coretan pulpen atau barang tajam menjadi hal yang kerap kali dilakukan oleh seseorang. Jika cacat sedikit saja, tentu akan mempengaruhi keindahan tas tersebut. Jadi, pastikan tas aman dari hal tersebut dengan cara menyimpan barang-barang itu dengan baik dan benar.

6. Jangan Simpan di Lantai

Jangan menaruh tas di lantai. Sebab, kuman di lantai akan berpindah ke tas sehingga akan membuat barang tersebut menjadi cepat rusak. 

Dilansir dari Thesun, sebaiknya menggantungkan tas menjadi solusi yang lebih baik daripada menaruhnya di lantai atau di meja makan. Dengan memperhatikan hal tersebut, pastinya tas akan terjaga keawetannya dan tahan lama.

7. Jangan Simpan Tas Dalam Kantong Plastik

Tas yang disimpan ke dalam kantong plastik tentu membuat kondisi aksesoris itu menjadi lembab. Akibatnya, jamur akan merusak tas hingga berdampak pada penurunan kualitasnya. 

8. Menggunakan Tas Bergantian

Tas yang terlalu lama disimpan akan rusak dengan sendirinya, serta membuat kualitasnya menurun. Cara mencegah yang efektif yaitu menggunakan tas bergantian atau sesering mungkin. []

Baca juga:

Berita terkait
Tips Pengobatan Alami Mengurangi Mata Silinder
Jangan menganggap remeh dengan mata silinder, karena jika tidak diobati justru akan memperburuk kondisi mata.
Tips Make Up Cantik di Hari Valentine
Hari valentine biasanya para kaum hawa ingin berpenampilan cantik di hadapan pasangannya. Berikut tips make up cantik di hari kasih sayang.
Tips Membersihkan Wajah dengan Baik agar Tetap Sehat
Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Dokter Eddy Karta membagikan tips membersihkan wajah dengan benar dan tetap sehat. Berikut ulasannya.
0
Papua Bentuk Satgas Pencegahan Virus Corona
Satgas pencegahan virus corona segera dibentuk di Provinsi Papua. Tujuan dibentuknya satgas adalah untuk mencegah masuknya corona ke Papua