UNTUK INDONESIA
Tips Membersihkan Wajah dengan Baik agar Tetap Sehat
Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Dokter Eddy Karta membagikan tips membersihkan wajah dengan benar dan tetap sehat. Berikut ulasannya.
Ilustrasi Cuci Muka. (Foto: net)

Jakarta - Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Dokter Eddy Karta membagikan tips membersihkan wajah dengan benar dan tetap sehat. 

"Wajah yang bersih terbebas dari sisa makeup, kotoran, dan minyak," kata  Eddy di The Maj, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa, 18 Februari 2020. 

Jika selepas membersihkan muka, kulit terasa tegang seperti, ditarik, kaku, dan kesat, kata dia, hal itu berarti produk yang digunakan tidak bisa mengembalikan kelembaban kulit. 

Menurut Eddy, pembersih muka yang baik harus dapat menjaga kelembaban dan nutrisi kulit. Jangan sampai akibat menggunakan produk yang salah, justru membuat wajah kering dan iritasi. 

Berikut Tagar rangkumkan tips membersihkan wajah dengan baik agar tetap sehat.  

1. Membersihkan Make Up

Membersihkan make up sangatlah penting untuk menghindari timbulnya jerawat hingga komedo. Sehingga, menghindari persoalan kulit wajah tersebut, sebaiknya kaum hawa segera membersihkan make up. 

Penggunaan miccelar water, cleansing oil, atau pembersih yang lainnya sangat disarankan untuk menghindari wajah dari segala kotoran dan sisa make up. Khusus membersihkan riasan wajah yang ada di mata, seperti eyeliner dan maskara, cukup hanya memakai cairan remover yang berbahan dasar minyak. 

2. Perhatikan Cara Membersihkan Wajah

Cara membersihkan wajah juga perlu diperhatikan, khususnya bagi perempuan. Jangan terlalu kasar mengaplikasikan pembersih wajah, terutama di bagian mata, pipi, hidung, jidat, dan dagu.

Ketika membersihkan wajah, sebaiknya pijat lembut dengan gerakan memutar ke bagian atas. Khusus bagian mata, dianjurkan menggunakan jari manis karena tenaga pada bagian ini tidak terlalu besar.

3. Keringkan Wajah dengan Benar

Mengeringkan wajah yang sudah dibersihkan juga harus diperhatikan dan tidak sembarangan. Sebaiknya, pilihlah handuk yang bersih atau tisu agar wajah tidak kembali terpapar kotoran.

4. Perhatikan Kandungan Produk Pembersih Wajah

Pastikan memilih produk pembersih wajah sesuai dengan kebutuhan. Perhatikan juga kandungannya agar wajah menjadi bersih, segar, dan sehat. Bahan produk kecantikan yang berbahaya itu seperti paraben, hidrokinon, sodium lauryl sulfate (SLS), phthalates, petroleum distillates. []

Baca juga:

Berita terkait
Lima Minuman Alami Pembersih Ginjal
Lima minuman alami yang dapat dikonsumsi di rumah untuk membantu membersihkan ginjal.
Tips Memilih Sabun Pembersih Wajah yang Tepat
Wajah kerap kali sangat rentan paparan debu dan berminyak, jangan sembarangan memilih sabun pembersih.
Ternyata Pakai Tisu Pembersih Wajah Berbahaya!
Tisu pembersih wajah mungkin saja serupa dengan kain lap juga meninggalkan debu kimia atau sesuatu yang bisa mengiritasi kulit dan menyebabkan reaksi alergi.
0
Pemerintah Uji Jahe Merah untuk Cegah Terinfeksi Corona
[emerintah sedang melakukan uji klinis terhadap jahe merah sebagai upaya mencegah seseorang terinfeksi virus corona atau Covid-19.