UNTUK INDONESIA
Tips Mengatasi Jerawat Meradang Akibat Pakai Masker
Akibat keseringan pakai masker, jerawat bisa meradang dan kondisi ini pasti dialami oleh seseorang yang memiliki kulit sensitif.
Memakai masker agar tak tertular virus corona penyebab penyakit Covid-19. (Foto: Pixabay/mohamed_hassan)

Jakarta - Selama pandemi virus Corona atau Covid-19 seluruh masyarakat wajib memakai masker jika ingin keluar rumah. Namun dalam kondisi ini, pemilik kulit sensitif tentu akan merasa khawatir jerawat akan meradang di wajah bila keseringan menggunakan masker. 

Dilansir dari laman Channel Asia News, seorang dokter di IDS Clinic, Singapura, Dr YX Lum mengatakan masalah kulit bisa timbul berbeda-beda sesuai dengan jenis kulitnya.

"Selama ini, orang dengan kulit berjerawat akan lebih rentan terkena lebih banyak jerawat, orang dengan kulit sensitif atau eksim dapat mengalami lebih banyak ruam dan kulit kering, dan orang-orang dengan kondisi kulit yang meradang seperti rosacea mungkin mengalami pembengkakan lebih banyak," kata Dr YX Lum, seperti diberitakan Antara.

Cara yang tepat mengatasi masalah kulit selama pandemi Corona, yaitu memberikan perhatian ekstra mulai dari pembersihan wajah rutin guna untuk melindungi kulit.

Berikut Tagar memberikan tips mencegah jerawat pada kulit akibat menggunakan masker.

1. Persiapkan Kulit

Kotoran atau minyak yang dibiarkan di wajah bisa membuat kulit menjadi iritasi. Kondisi tersebut bisa semakin buruk, jika kotoran terperangkap di bawah masker wajah. Udara yang dihirup dan terperangkap di dalam masker dapat menjadi tempat berkembang biaknya bakteri.

"Untuk meminimalkan jerawat dan iritasi kulit, Anda bisa mencoba memperkuat kulit dan penghalangnya," tutur Lum.

Lum menganjurkan untuk mempertahankan kebiasaan seperti menerapkan antioksidan topikal, pemakaian pelembap yang baik dan cocok, memakai produk-produk yang bisa melindungi kulit dari polutan serta partikel berbahaya lainnya.

"Persiapkan kulit dengan membersihkannya dengan pembersih lembut lalu toner, produk antioksidan, dan akhiri dengan tabir surya," ucapnya.

2. Gunakan Tabir Surya

Meski bisa melindungi, masker bukanlah perisai ajaib. Agresi lingkungan seperti sinar UV, cahaya biru, dan polusi masih bisa membahayakan kulit jika tidak dilindungi.

Cara yang tepat dan efektif untuk melindungi kulit yaitu memakai tabir surya sebelum menggunakan masker.

"Tabir surya membentuk lapisan pelindung di atas kulit. Untuk semakin memperkuat kesehatan kulit, pertimbangkan formula tabir surya yang dilengkapi manfaat perawatan kulit seperti kemampuan melembapkan dan meregenerasi," ucap Lum.

3. Perihal Riasan

Beberapa alas bedak yang dikenakan mungkin mengandung bahan-bahan yang bisa menyebabkan penyumbatan pori-pori, terutama karena meningkatnya kondisi lembap di bawah masker.

Masker wajah umumnya menutupi lebih dari setengah wajah, sehingga disarankan Anda tidak mamakai riasan kosmetik atau concealer. Jika memang diharuskan mengaplikasikan makeup, Anda bisa memberikan sedikit riasan di mata saja karena tidak akan mempengaruhi kesehatan kulit.

4. Setelah Gunakan Masker

Setelah masker dilepas, disarankan segera membersihkan wajah dengan pembersih lembut untuk menghilangkan minyak, kotoran, dan bakteri. Kemudian, oleskan pelembap ke wajah yang sedikit lembap agar penyerapannya lebih cepat.

"Pelembap ringan yang cocok membentuk penghalang terhadap kotoran dan polusi lingkungan. Carilah bahan-bahan seperti ceramide atau lidah buaya untuk menambah manfaat yang menenangkan," kata dia.

Bila jerawat masih meradang di kulit, disarankan menghindari penggunaan produk yang mengandung retinoid konsentrasi tinggi atau benzoil peroksida. Sebab kandungannya tersebut bisa membuat kulit iritasi.

"Tenangkan, lindungi dan rawat kulit berminyak dan berjerawat dengan produk yang lembut. Obati jerawat dengan antioksidan seperti vitamin C atau bahan penenang, seperti probiotik topikal yang tidak hanya mengurangi peradangan tetapi juga mengurangi beban bakteri yang berbahaya," ujarnya.

Jika kulit mulai timbul tanda-tanda bengkak akibat gesekan terhadap masker wajah, sebaiknya oleskan gel masker dingin. Anda juga bisa meredakan pembengkakan tersebut dengan es batu. 

Selain masker dingin sekali pakai, Anda juga bisa menggunakan masker sekali seminggu untuk meningkatkan hidrasi kulit. []

Baca juga:

Berita terkait
Kemenkes Sebut Masker N95 Efektif Cegah Corona
Sekretaris Direktur Jenderal Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kementerian Kesehatan mengatakan masker N95 lebih efektif cegah Corona. Ini ulasannya.
Pakai Masker Belum Cukup untuk Terhindar dari Corona
Kementerian Kesehatan Arab Saudi menyebutkan bahwa pemakaian masker wajah belum cukup seseorang bisa terhindari dari penularan virus corona.
3 Latihan Pernapasan Ampuh Cegah Corona
Latihan pernapasan dipercaya dapat mencegah penularan virus Corona atau Covid-19.
0
Tips Mengatasi Jerawat Meradang Akibat Pakai Masker
Akibat keseringan pakai masker, jerawat bisa meradang dan kondisi ini pasti dialami oleh seseorang yang memiliki kulit sensitif.