4 Manfaat Masker Yogurt untuk Wajah

Yogurt mengandung alpha hydroxy acid/AHA alami yang bekerja dengan mengangkat sel-sel kulit mati.
Yogurt (Foto: Tagar/Freepik)

Jakarta - Kandungan nutrisi yoghurt membuatnya tidak hanya bermanfaat untuk pencernaan, tapi juga kulit. Yoghurt juga dimanfaatkan sebagai bahan utama produk perawatan alami berbentuk masker atau scrub.

Yoghurt mengandung begitu banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain energi, protein, dan karbohidrat, produk yang dihasilkan dari fermentasi susu ini juga mengandung berbagai vitamin dan mineral.

Tak hanya menjadi camilan menyehatkan, yogurt juga bisa jadi bagian dari rutinitas perawatan kulit wajah Anda sehari-hari. Kandungan nutrisi dalam yogurt tanpa rasa diyakini dapat membantu proses peremajaan kulit.

Di antara berbagai kandungan dalam yoghurt, terdapat empat jenis nutrisi yang amat penting bagi kesehatan kulit yakni;

Zinc, mineral yang bersifat antiinflamasi, mampu merangsang pertumbuhan sel dan jaringan kulit, serta mengatur produksi minyak.

Vitamin B kompleks yang bermanfaat untuk menjaga kelembapan kulit, melindungi sel-sel kulit dari radikal bebas, serta memelihara kesehatan sel-sel kulit.

Kalsium yang berguna untuk menjaga kesehatan lapisan epidermis kulit dan mencegah dehidrasi.

Asam laktat yang bersifat seperti pelembap dan eksfoliator (pengelupas) alami sel-sel kulit mati penyebab kulit kusam.


Berikut adalah manfaat masker yogurt

1. Melembapkan kulit

Dari seratus gram yoghurt tawar, 88 gram di antaranya yaitu air. Tingginya kadar air dalam yoghurt dapat membantu Anda melembapkan kembali kulit kering dan kusam. Hasilnya yaitu kulit wajah yang kenyal, elastis, dan lebih cerah.


2. Mencegah munculnya garis-garis halus dan keriput

Tahukah Anda bahwa asam laktat pada yoghurt punya manfaat untuk atasi garis halus wajah? Dengan scrub alami berbahan yoghurt, Anda dapat menyingkirkan lapisan sel kulit mati dan cikal-bakal keriput yang membuat wajah tampak menua lebih dini.


3. Mengatasi jerawat

Manfaat yoghurt untuk kulit juga dapat diaplikasikan pada masalah selain kulit kusam. Kandungan zinc dan senyawa asam pada yoghurt, salah satunya, dapat membantu Anda menghilangkan jerawat yang membandel.

Caranya cukup dengan menempelkan kapas ke yoghurt tawar, lalu oleskan pada area yang berjerawat. Biarkan selama semalam, lalu bilas dengan air dingin esok harinya. Untuk mencegah penyebaran jerawat, gunakan kapas hanya pada satu area saja.


4. Mengangkat sel kulit mati

Manfaat masker yogurt berikutnya adalah mengangkat sel kulit mati. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, yogurt mengandung nutrisi yang berperan sebagai eksfoliator alami. 

Yogurt mengandung alpha hydroxy acid/AHA alami yang bekerja dengan mengangkat sel-sel kulit mati. Meski dapat mengangkat sel kulit mati, lactic acid pada yogurt tidak rentan membuat kulit iritasi.Dengan demikian, proses regenerasi kulit dapat berjalan lebih cepat dan aman. Itulah empat manfaat masker yogurt untuk kesehatan wajah.[]


(Erlangga)

Baca Juga:

Berita terkait
Resep Yogurt Mangga Lezat untuk Buka Puasa
Yogurt tak hanya bisa disantap langsung. Tetapi, bisa dikreasikan menjadi beragam sajian lezat dan sehat untuk buka puasa.
Efek Penggunaan Tisu Basah di Wajah
Membersihkan wajah dengan tisu basah dapat menimbulkan beberapa masalah kulit.
5 Manfaat Clay Mask untuk Kulit Wajah
Selain keuntungan mengurangi minyak, clay mask juga mempunyai sejumlah manfaat lainnya. Berikut beberapa manfaat clay mask untuk kulitmu.
0
4 Manfaat Masker Yogurt untuk Wajah
Yogurt mengandung alpha hydroxy acid/AHA alami yang bekerja dengan mengangkat sel-sel kulit mati.