Cara Aman Membersihkan Setiap Jenis Masker Wajah

Sebaiknya masker dibersihkan setelah digunakan. Masker yang tidak bisa dibersihkan idealnya dibuang setelah digunakan.
Ilustrasi masker wajah. (Foto: Tagar/iStock)

Jakarta - Masker wajah dapat membantu mencegah penyebaran Covid-19. Namun, ahli kesehatan mengingatkan, masker yang terkontaminasi juga berpotensi menyebarkan penyakit. 

Masker wajah dapat mengurangi penyebaran Covid-19 karena memberikan penghalang untuk menangkap tetesan pernapasan yang dikeluarkan saat orang batuk, bersin, atau berbicara. Tetesan inilah yang membawa virus dari orang ke orang.

Menurut Dr. Steve Pergam, MPH, direktur medis pencegahan infeksi di Seattle Cancer Care Alliance mengatakan, jika orang di sekitar menghirup tetesan atau mereka mendarat di dalam mulut atau hidung, mereka dapat tertular infeksi virus. Jika seseorang menyentuh masker yang terkontaminasi kemudian menyentuh mulut atau hidungnya, mereka juga berpotensi terkena infeksi. Oleh karena itu, masker harus dibersihkan dan disterilkan dari Sumber Tepercaya secara teratur.

Dilansir dari Healthline, Berikut ini cara Anda dapat mendisinfeksi jenis masker kain dengan aman untuk digunakan kembali selama pandemi, dan cara menangani masker tingkat medis yang tidak dapat dengan mudah dibersihkan dengan benar di luar lingkungan medis.


Perawatan yang tepat untuk masker wajah kain

Debra Goff, PharmD, FIDSA, FCCP, spesialis penyakit menular dan profesor praktik farmasi di The Ohio State University Wexner Medical Center, mengatakan bahwa masker kain, bandana, syal, dan pelindung leher adalah semua jenis masker wajah yang umum, dapat dibersihkan dan digunakan kembali.

"Untuk mencuci masker dengan mesin, cuci tangan Anda terlebih dahulu. Kemudian lepaskan maskernya, berhati-hatilah agar tidak menyentuh mata, hidung, atau mulut Anda, katanya.

Masukkan masker kain langsung ke mesin cuci dan segera cuci tangan Anda setelahnya. Goff merekomendasikan, pencucian dengan menggunakan deterjen biasa bersama dengan pemutih dan air hangat. Setelah masker dicuci, jemur sampai benar-benar kering.

Jika Anda berencana untuk mencuci masker dengan tangan, Goff menyarankan untuk mengikuti prosedur yang sama dengan mencuci tangan sebelum melepas masker. Untuk mendisinfeksi masker Anda, rendam dalam larutan pemutih yang mengandung 4 sendok teh pemutih rumah tangga untuk setiap liter air selama 5 menit. Setelah masker direndam, bilas hingga bersih dengan air. Biarkan masker mengering dengan sendirinya. Goff mengatakan, yang terbaik adalah membersihkan masker wajah dari kain setelah digunakan.


Cara menangani masker kelas medis

Kaiming Ye, PhD, profesor dan ketua departemen teknik biomedis dan direktur Center of Biomanufacturing for Regenerative Medicine di Binghamton University, State University of New York, mengatakan bahwa jenis masker tertentu, seperti N95 dan masker bedah, dirancang untuk masker tunggal, hanya boleh dipakai oleh orang yang sama (bukan untuk umum)

Bagi kebanyakan orang, ini berarti masker harus dibuang ke tempat sampah setelah dipakai.

Ye mengatakan masker kelas medis dapat digunakan kembali dalam pengaturan profesional, bagaimanapun, jika didesinfeksi dengan benar.

Misalnya, masker N95 dapat didesinfeksi dengan radiasi kuman UVC atau hidrogen peroksida fase uap.

Ye mencatat, tidak ada tes telah dilakukan pada desinfeksi masker bedah atau penggunaan kembali, karena permintaan rendah.

Jika Anda tidak dapat mengganti masker di antara setiap penggunaan, Goff menyarankan Anda untuk memeriksa masker saat Anda melepasnya. Jika masker kotor, sobek, atau basah oleh kelembapan, Anda harus membuangnya. Jika tampak bersih dan utuh, Goff merekomendasikan untuk menyimpannya dalam kantong kertas bersih atau wadah bernapas lainnya di antara penggunaan. Idealnya, bagaimanapun, masker kelas medis tidak boleh digunakan kembali.


Bagaimana dengan pelindung wajah?

Goff mengatakan pelindung wajah ada dalam kategorinya sendiri.

Karena terbuka di samping, pelindung wajah tidak memberikan perlindungan dari bersin atau batuk di belakang Anda.

Namun, pelindung wajah memberikan perlindungan untuk mata Anda. Pelindung wajah sering dipakai selain masker wajah untuk perlindungan tambahan.

Untuk membersihkan pelindung wajah, bersihkan bagian dalam terlebih dahulu menggunakan kain bersih yang dibasahi dengan larutan deterjen netral atau lap pembersih. Kemudian seka bagian luar menggunakan lap disinfektan atau kain bersih yang dibasahi larutan disinfektan.

Tindak lanjuti dengan menyeka bagian luar pelindung wajah dengan air bersih atau alkohol untuk menghilangkan residu. Biarkan pelindung wajah mengering. Terakhir, cuci tangan Anda setelah selesai.


Catatan Penting:

Masker wajah merupakan salah satu cara penting untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Masker harus dibersihkan atau dibuang setelah digunakan.

Masker wajah kain dapat disterilkan dengan mencucinya.

Masker medis tidak dirancang untuk digunakan kembali. Tapi harus dibuang ke tempat sampah kecuali Anda seorang profesional medis dan memiliki akses ke peralatan yang tepat untuk mendisinfeksinya.

Pelindung wajah dapat digunakan dengan masker wajah untuk perlindungan tambahan dan juga harus dibersihkan di antara penggunaan. []

Berita terkait
Cara Tampil Cantik Meski Pakai Masker
Bagi sebagian perempuan menggunakan atau tidak masker tetap saja mereka ingin tampil cantik. Berikut cara dan tips cantik saat pakai masker.
Prokes Covid-19 juga Melindungi Tubuh dari Pilek dan Flu
pilek, flu, dan Covid-19 semuanya disebarkan melalui transmisi tetesan. Karena itulah, kita harus menerapkan prokes.
Pakar Sebut Suntikan Booster Vaksin Covid-19 Tidak Perlu
Satu kelompok pakar vaksin internasional kemukakan tantangan terhadap pemberian suntikan penguat (booster) vaksin Covid-19 bagi masyarakat umum
0
Setahun Bekerja Satgas BLBI Sita Aset Senilai Rp 22 Triliun
Mahfud MD, mengatakan Satgas BLBI telah menyita tanah seluas 22,3 juta hektar atau senilai Rp 22 triliun setelah setahun bekerja