UNTUK INDONESIA
Tips Mempersiapkan Tubuh untuk Berpuasa
Sebelum berpuasa, umat Islam dari sekarang mulai mempersiapkan tubuh untuk berpuasa. Berikut tips yang harus diperhatikan.
Ilustrasi mempersiapkan diri untuk berpuasa. (Foto: theunconventionalroute.com/Pinterest)

Jakarta - Sebentar lagi bulan suci Ramadan tiba, seluruh umat Islam diwajibkan untuk berpuasa. Untuk itu, tak ada salahnya mencoba mempersiapkan diri agar tubuh lebih siap menjalani ibadah puasa.

Mempersiapkan diri untuk berpuasa bisa membantu tubuh beradaptasi menjalankan ibadah puasa. Sehingga, ke depan Anda menjadi terbiasa menjalani kewajiban tersebut selama sebulan. 

Dilansir dari Arab News, seorang pakar nutrisi Devinder Bains membagikan kiat agar tubuh bisa mulai beradaptasi untuk berpuasa.

1. Pangkas Asupan Kalori

Jangan tergiur untuk mengonsumsi banyak makanan dengan alasan aji mumpung sebelum mulai berpuasa. Seharusnya Anda melakukan hal yang sebaliknya.

Disarankan Anda bisa mengurangi asupan kalori dengan cara mengganti sajian yang memiliki kadar lemak tinggi dengan asupan protein agar tetap merasa kenyang.

2. Perbanyak Konsumsi Air

Seminggu sebelum mulai berpuasa, dianjurkan untuk menambah asupan air guna memastikan tubuh benar-benar terhidrasi. Disarankan tambah satu atau dua gelas per harinya dan kurangi tingkat dehidrasi yang akan dihadapi tubuh selama berpuasa.

3. Hindari Camilan

Tak sedikit orang terbiasa makan tiga kali sehari dan dilengkapi dengan camilan di sela-sela waktu. Namun, sebaiknya mulai menghentikan kebiasaan mengonsumsi camilan sebelum bulan Ramadan agar tubuh bisa mulai beradaptasi.

4. Mengurangi  Minum Kopi

Jika mulai mengurangi mengonsumsi kopi sebelum puasa, tentu Anda tidak akan kesulitan menghindari minuman tersebut selama bulan Ramadan. 

Selain itu bagi yang terbiasa merokok, mulai sekarang harus mengurangi jumlah rokok yang dihisap agar Anda lebih mudah menjalankan puasa. 

5. Ganti Pola Tidur

Mengganti pola tidur menjadi salah satu cara mempersiapkan diri untuk menjalani ibadah puasa. Pasanglah alarm lebih awal setiap harinya, misalnya jika terbiasa bangun jam 5 pagi, coba ubah setengah jam lebih awal dan ulangi untuk keesokan harinya.

Jangan lupa untuk tidur lebih cepat dari biasanya agar nantinya bangun tidak kesiangan. Perubahan pola tidur ini bisa membantu Anda bangun pagi dan melaksanakan sahur. 

Jadi dari sekarang biasakanlah mulai sarapan lebih pagi, hal ini bisa menjadi cara untuk membiasakan tubuh agar siap menjalankan puasa. []

Baca juga:

Berita terkait
Daftar Stok Makanan Wajib Ada di Rumah Selama Puasa
Menjelang Ramadan atau puasa setiap umat Islam sudah harus menyiapkan stok bahan makanan untuk menjadi hidangan sahur dan berbuka puasa.
Buah Penambah Energi Wajib Dikonsumsi Selama Puasa
Asupan makanan bergizi sangat penting diperhatikan selama bulan puasa atau Ramadan agar kesehatan tubuh tetap terjaga.
Lima Makanan Lezat Identik dengan Bulan Puasa
Ada beberapa makanan yang identik dengan bulan puasa atau Ramadan. Makanan tersebut juga tidak asing lagi di tengah masyarakat.
0
Es Pisang Ijo, Menu Buka Puasa Khas Makassar
Salahs atu takjil yang paling laris dan paling diburu warga Makassar saat berbuka puasa adalah es pisang ijo