Tips Membersihkan Bagian Bawah Setrika Uap, Mudah dan Aman

Ada banyak cara sederhana untuk membersihkan setrika uap dengan menggunakan barang-barang rumah tangga yang selalu berguna.
Ilustrasi. (Foto: Tagar/iStock)

Setrika uap harus dirawat dengan baik, Anda harus membersihkan tapak setrika dan ventilasi uap tempat residu cenderung terkumpul. Sebaiknya bersihkan bagian bawah setrika Anda secara berkala untuk meningkatkan efisiensi dan umurnya.

Dilansir dari Boldsky, ada banyak cara sederhana untuk membersihkan setrika uap dengan menggunakan barang-barang rumah tangga yang selalu berguna. Bahan-bahan ini aman, mudah ditemukan, dan tidak beracun sehingga tidak akan merusak setrika Anda.


1. Cuka Putih

Cuka putih adalah bahan yang sangat baik untuk menghilangkan kerak yang mungkin menumpuk di dalam setrika. Tuang cuka putih atau bagian yang sama dari cuka dan air ke dalam wadah air setrika Anda sampai penuh hingga sepertiganya. Biarkan mengukus selama sekitar 5-10 menit dengan pengaturan panas sedang-tinggi agar cuka bisa menguap.

Kemudian isi ruangan dengan air biasa dan nyalakan kembali setrika untuk membantu menghilangkan sisa-sisa cuka dan sisa mineral. Kemudian cukup seka bagian bawah setrika dan ventilasi uap dengan kain bersih atau tisu dapur.


2. Soda Kue

Ambil 1 sendok makan air dan 2 sendok makan soda kue, lalu campurkan bersama dalam mangkuk kecil agar campuran menjadi pasta. Pastikan tidak ada air yang tersisa di dalamnya. Dengan bantuan spatula, sebarkan pasta ke setrika dan fokuskan pada area dengan penumpukan yang sangat kuat. Ventilasi uap harus dilapisi juga. Pasta tidak boleh terlalu kental, cukup taruh cukup untuk melapisi tapak setrika secara merata.

Setelah beberapa saat, seka pasta dengan kain lembab sampai tidak ada pasta yang tersisa dan kotoran yang menempel telah hilang. Anda perlu menyeka setrika dengan kain lembab beberapa kali karena soda kue dapat meninggalkan residu putih di bagian bawah setrika. Bilas kain di antara tisu.


3. Garam Biasa

Garam biasa sangat efektif dan membantu menghilangkan kotoran dan bahan seperti nilon atau plastik. Letakkan segumpal garam di atas tisu dapur dan tekan setrika selagi panas untuk menghilangkan noda kotoran. Kotoran akan tertarik pada garam yang selanjutnya membuat setrika menjadi bersih. Untuk menghilangkan plastik atau nilon yang menempel di pelat sol, cukup taruh garam di atas aluminium foil dan berikan melalui potongan-potongan plastik tersebut untuk mendapatkan hasil yang optimal.


4. Pasta gigi

Terus gosok tapak setrika dengan pasta gigi putih hingga kotorannya lepas. Kemudian bersihkan dengan kain kering. Dalam beberapa menit Anda dapat menghilangkan kotoran dan bahan lain dari setrika Anda.


5. Lembar Pengering

Gosok perlahan beberapa lembar pengering di bagian bawah setrika Anda. Setrika harus disetel rendah pada saat itu. Terus gosok sampai Anda menghilangkan kotoran dan kotoran yang menumpuk. Setelah hampir selesai setrika di lap bersih untuk menghilangkan sisa-sisa sisa dari lembaran pengering.


6. Kain Basah

Ambil kain lap besar dan celupkan ke dalam air biasa. Peras sisa air dan seka tapak setrika dengan lap ini saat sudah agak panas. Ini akan membantu Anda menghilangkan kotoran dari tapak setrika. Anda juga bisa menggunakan sedikit deterjen lembut dan bantalan nilon untuk menghilangkan noda yang tahan.


7. Cuka Dan Garam

Ambil larutan cuka dan garam 1: 1 dalam panci dan aduk rata. Panaskan campuran wajan di atas kompor dan aduk sesekali sampai garam larut. Pastikan cuka tidak mendidih. Angkat panci sebelum cuka mulai mendidih.

Celupkan kain lap bersih ke dalam larutan garam cuka dan seka bagian bawah setrika Anda dengan lembut sampai bersih. Gosok juga ventilasi uap untuk menghilangkan kemungkinan penumpukan dan bersihkan juga bagian luar setrika Anda.


8. Air Biasa

Isi reservoir setrika uap Anda sepenuhnya dengan air biasa dan nyalakan. Tetap mengukus sampai reservoir kosong. Ini secara bersamaan akan menghilangkan sisa kotoran di ventilasi uap. Seka tapak setrika dengan kain kering untuk membersihkan residu yang tersisa. []


Baca Juga:

Tips Makeup 10 Menit, Sederhana Tapi Tampil Cantik

9 Tips Makeup untuk Kulit Wajah Berminyak

16 Tips Turunkan Berat Badan untuk Remaja

Tips Menjaga Kebersihan Menstruasi Selama Corona








Berita terkait
Tips Menjaga Kesehatan Tiroid Secara Alami
Tiroid adalah kelenjar berbentuk kupu-kupu, organ kecil, terletak di depan leher, tampak membungkus tenggorokan (trakea).
Tips Merawat Aglaonema Agar Warnanya Menyala dan Mengkilap
Memiliki aglaonema dengan tampilan warna yang terbaik tentu menjadi dambaan setiap pecinta tanaman hias, tapi membutuhkan perawatan khusus.
Tips Menggunakan Teflon dengan Benar Supaya Awet
Teflon anti-lengket cenderung cepat rusak. Kalau lapisan anti-lengketnya sudah rusak, penggunaan teflon bisa membahayakan kesehatan.
0
Tips Membersihkan Bagian Bawah Setrika Uap, Mudah dan Aman
Ada banyak cara sederhana untuk membersihkan setrika uap dengan menggunakan barang-barang rumah tangga yang selalu berguna.