UNTUK INDONESIA

9 Tips Makeup untuk Kulit Wajah Berminyak

Berikut Tagar rangkumkan beberapa tips makeup untuk kulit berminyak, dikutip dari berbagai sumber.
Ilustrasi tata rias alias makeup. (Foto: Freepik)

Jakarta - Kebutuhan untuk makeup seperti sudah menjadi prioritas teratas untuk sebagian wanita. Ini dikarenakan makeup akan membantu memperbaiki kondisi wajah agar terlihat lebih baik untuk situasi tertentu.

Namun, jika kamu salah satu dari orang-orang yang memiliki tipe kulit berminyak, mengaplikasikan makeup tanpa trik tertentu justru akan membuat tampilan menjadi kurang bagus.

Semua itu karena minyak yang terus menerus keluar dari pori-pori sehingga bisa membuat base makeup jadi berantakan.

Berikut Tagar rangkumkan beberapa tips makeup untuk kulit berminyak, dikutip dari berbagai sumber:

Kulit KeringIlustrasi aplikasi makeup untuk kulit kering. (Foto: Freepik)

1. Awali dengan Skincare Tepat

Apa pun tipe kulitmu, jangan pernah untuk lupakan tahap ini. Mulai dari eksfoliasi lalu cuci wajah dengan sabun yang diformulasikan khusus untuk kulit berminyak.

Selanjutnya, pakai toner karena ini diformulasikan untuk menghilangkan kotoran, riasan, dan minyak berlebih dari kulit.

Berikutnya aplikasikan gel-based moisturizer dan juga tabir surya yang memiliki hasil akhir bebas kilap.

2. Aplikasikan Primer

Primer adalah keharusan bagi kulit berminyak untuk mengontrol minyak dan mengurangi kilau pada wajah. Oleskan tipis-tipis primer bebas minyak dan berbahan dasar air ke wajah, terutama area dahi, hidung dan dagu.

Ini dapat menghaluskan pori-pori dan membuat kulit terlihat halus. Perlu diperhatikan bahwa jangan gunakan concealer untuk melapisi kelopak mata.

Sebagai gantinya, oleskan eye-primer ke kelopak mata untuk menyerap minyak dan dapat membantu menahan riasan sepanjang hari.

3. Concealer Sebelum Foundation

Kulit berminyak cenderung rentan terhadap jerawat dan noda hitam. Jadi, aplikasikan concealer secara tipis di area-area yang membutuhkan. Namun, hindari area kelopak mata karena nantinya dapat merusak eyeshadow yang dipakai.

4. Perhatikan Formula Foundation yang Dipilih

Bagi kulit berminyak, penting untuk tahu formula apa yang terkandung dalam foundation yang akan digunakan. Sebaiknya pilih foundation yang memang diformulasikan khusus untuk kulit berminyak. Liquid atau powder-based foundation biasanya bebas minyak dan bisa memberikan hasil matte pada kulit.

Selain itu, hindari penggunaan foundation secara berlebihan karena ini justru dapat dengan mudah rusak di kulit berminyak. Jadi disarankan untuk menggunakannya tipis-tipis dan jangan aplikasikan di area kelopak mata.

5. Set dengan Bedak

Bedak menjadi salah satu tahapan penting dalam makeup untuk kulit berminyak. Hindari bedak yang bisa membuat kulit jadi mengkilap. Pilihlah bedak dengan hasil akhir matte agar bisa mengurangi tampilan minyak berlebih. Selain itu, ingat untuk menggunakannya tipis-tipis.

6. Pilih Powder-Based Blush, Bronzer, dan Eyeshadow

Agar kulit terlihat lebih segar dan kontur wajah tetap menonjol, jangan lupa untuk memakai blush, bronzer, dan eyeshadow. Namun, pilih produk yang powder-based, bukan liquid atau cream.

7. Gunakan Waterproof Eyeliner dan Mascara

Untuk mencegah noda di lipatan kelopak mata, sebaiknya pilih eyeliner dan mascara waterproof. Selain itu, produk-produk ini juga bisa lebih tahan lama.

8. Setting Spray untuk Proteksi Lebih

Setelah selesai seluruh tahapan di atas dan sudah mengaplikasikan lipstick pilihanmu, kamu bisa menggunakan setting spray agar makeupmu bisa terkunci lebih lama di wajah. Namun, kamu juga harus pastikan bahwa setting spray yang digunakan dijamin bisa menahan makeup lebih lama.

9. Blotting Paper (kertas minyak wajah)

Bagi pemilik kulit tipe berminyak, blotting paper adalah sebuah kewajiban. Untuk menggunakannya, kamu cukup tepukkan pelan ke area yang berminyak.

Jangan pernah memakainya dengan cara diusap ke seluruh bagian wajah karena dapat merusak riasan. []

(Okky Pratiwi)

Berita terkait
3 Jenis Latihan Pernapasan Atasi Stres dan Kecemasan
Mengutip informasi dari laman Healthline, berikut Tagar rangkumkan 3 cara untuk meredakan sesak saat merasa cemas.
5 Tips Menghilangkan Noda Gelap Bekas Jerawat di Wajah
Berikut Tagar rangkumkan sejumlah cara memudarkan bintik hitam akibat jerawat dengan pengobatan rumahan dan produk yang dijual bebas:
3 Manfaat Kentang Sebagai Masker Kecantikan
Berikut Tagar rangkumkan beberapa manfaat masker kentang untuk wajah yang dilansir dari berbagai sumber.
0
9 Tips Makeup untuk Kulit Wajah Berminyak
Berikut Tagar rangkumkan beberapa tips makeup untuk kulit berminyak, dikutip dari berbagai sumber.