Produksi Daging Berkurang Produk Vegan Meningkat di Jerman

Tahun 2020 lalu, Jerman memproduksi daging lebih sedikit. Di sisi lain, permintaan produk vegan melonjak
Konsumsi produk daging turun di Jerman (Foto: dw.com/id)

Jakarta - Tahun 2020 lalu, Jerman memproduksi daging lebih sedikit. Di sisi lain, permintaan produk vegan melonjak. Namun, stok schnitzel dan sosis masih lebih banyak dibandingkan alternatif nabati yang dijual di toko-toko.

Kantor Statistik Federal Negara (Destatis) pada Jumat, 14 Mei 2021, mengatakan secara keseluruhan jumlah stok daging yang diproduksi di Jerman mengalami penurunan di tahun 2020. Sebaliknya, produksi produk vegetarian di dalam negeri justru melonjak.

1. Kenaikan Berdasarkan Angka

Destatis melaporkan nilai total produk daging di Jerman mencapai 38,6 miliar euro (Rp 668,9 triliun) tahun lalu, turun 4% dari level tertinggi pada 2019 ketika produk daging Jerman memiliki nilai total 40,1 miliar euro (Rp 694,9 triliun).

Sementara industri yang memproduksi bahan makanan pengganti daging di Jerman mengalami peningkatan. Perusahaan memproduksi produk vegan hampir 39% lebih banyak pada tahun 2020 dibandingkan tahun sebelumnya, naik dari 60.400 ton menjadi 83.700 ton atau setara dengan hampir 12.000 gajah Afrika dewasa.

VegetarianIlustrasi: Vegan dan Vegetarian Tak Selalu Menyehatkan | Ilustrasi. (Foto: Vegetarian Times)

Nilai produk pengganti daging meningkat dari 272,8 juta euro (Rp 4,7 triliun) menjadi 374,9 juta euro (Rp 6,4 triliun) atau meningkat 37% pada periode yang sama.

2. Alasan Produksi Daging Berkurang

Para ahli statistik berpendapat penurunan produksi daging pada tahun 2020 dapat dikaitkan dengan pandemi virus corona. Beberapa pabrik terpaksa tutup sementara karena melanggar aturan kebersihan, terutama di pabrik pengolahan daging Tönnies di negara bagian Rhine-Westphalia Utara, Jerman.

Namun, muncul juga tren penurunan konsumsi daging dalam jangka panjang di negara ini. Pada tahun 1987, satu rumah tangga biasanya mengkonsumsi rata-rata 6,7 kilogram daging dalam sebulan, tidak termasuk sosis dan daging olahan lainnya. Empat puluh tahun kemudian, jumlah itu berkurang menjadi sekitar sepertiganya atau setara 2,3 kilogram per bulan [ha/hp (Reuters, AFP, epd)]/dw.com/id. []

Berita terkait
Vegan dan Vegetarian Tak Selalu Menyehatkan
Vegan dan vegetarian tak selalu menyehatkan, bisa terancam kekurangan vitamin B-12. Ini penjelasan detailnya.
0
Ketua DPRD: HJB ke-539 Momentum Kebangkitan Kabupaten Bogor
Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto mengatakan Hari Jadi Bogor yang ke-539 hendaknya menjadi momentum kebangkitan Kabupaten Bogor.