Tips Agar Rambut Jadi Lebih Tebal

Kita bisa mendapatkan rambut yang tebal dengan bahan-bahan yang tepat, serta pola makan yang sehat.
Ilustrasi. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta - Salah satu masalah rambut yang sering membuat wanita jadi kurang percaya diri adalah volume rambut yang tipis, karena ini akan merusak penampilan, Karena itulah, menebalkan rambut menjadi solusi untuk mengatasi rambut tipis.

Kita bisa mendapatkan rambut yang tebal dengan bahan-bahan yang tepat, serta pola makan yang sehat,. "Diameter batang rambut menunjukkan apakah kita memiliki rambut tipis atau tebal. "Diameter itu ditentukan oleh ukuran folikel rambut yang berada di lapisan dermis kulit (kulit kepala), kata Meena Singh, dokter ahli bedah kulit di KMC Hair Center di Kansas, Amerika Serikat.

Para ahli mencatat, orang mengalami penipisan dan kerontokan rambut karena beragam faktor, mulai dari masalah medis, rambut yang terlalu sering dicat, hingga usia. Berikut tips untuk mendapatkan rambut teba


1. Mengubah pola makan

Pertumbuhan rambut yang sehat dan tebal sangat bergantung pada nutrisi. Rambut bukan jaringan penting, tetapi bagian terakhir dari tubuh yang menerima nutrisi," kata Anabel Kingsley, presiden merek dan konsultan trikologi di Philip Kingsley.

Tubuh yang kekurangan nutrisi akan memberikan efek negatif pada rambut.

"Saat saya meminta klien mencari cara untuk mendapatkan rambut yang lebih tebal, saya melakukan pemeriksaan laboratorium untuk melihat apakah mereka kekurangan nutrisi atau tidak," ucap Singh.

"Ada vitamin dan mineral tertentu yang tidak didapatkan pasien dalam jumlah yang mencukupi pada makanan mereka seperti zat besi, seng, vitamin D, dan B. Semua nutrisi itu penting untuk menebalkan rambut," lanjutnya.


2. Memakai sampo yang lembut

Gunakan produk dan teknik khusus untuk menebalkan rambut.

"Terlepas dari tekstur rambut yang dimiliki, kita harus mencuci rambut setidaknya tiga kali seminggu. Mencuci rambut seminggu sekali kemungkinan menyebabkan pengelupasan dan gatal-gatal karena sel-sel kulit mati akan menumpuk di kulit kepala dan menjadi terlihat,” kata Kingsley.

Sementara itu Singh menganjurkan penggunaan sampo yang bebas sulfat.

Sulfat merupakan surfaktan atau senyawa pada beberapa jenis sampo yang dapat menyebabkan rambut berbusa ketika dicuci. Di satu sisi, sulfat bekerja membersihkan kotoran di rambut. Namun secara bersamaan, senyawa tersebut juga menghilangkan minyak dan protein alami pada rambut, sehingga rambut menjadi lebih tipis.

Ada juga sampo dan kondisioner penambah volume yang dapat meningkatkan volume helai rambut. Produk itu bekerja memperluas batang rambut, tetapi penting untuk dicatat produk tersebut hanya memperbaiki sementara waktu,” ujar Singh.


3. Tidak terpapar panas berlebih

Hairstylist selebritas dan CEO di 5 Salon & Spa, Ona Diaz-Santin mengatakan, untuk mengatasi rambut yang menipis, jangan menggunakan panas berlebih.

Karena, [aparan panas dapat memicu kerusakan rambut di bagian kulit kepala, yang mana hal itu membuat rambut menjadi lemah dan rapuh.

"Jika harus menggunakan alat pengering rambut yang panas, lapisi rambut dengan pelindung panas terlebih dahulu untuk mencegah kerusakan. Pilih alat rambut yang menggunakan teknologi panas untuk meminimalkan kerusakan,” ujarnya. []


Baca Juga


Berita terkait
Tips Merawat Kulit Kepala agar Mendapatkan Rambut Sehat
Pentingnya melakukan perawatan kulit kepala karena kesehatan kulit kepala menentukan kesehatan rambut juga. Berikut tips yang harus diikuti.
Fakta dan Cara Membuat Masker Rambut dari Kopi
Kopi selain dapat dinikmati dengan seduhan air panas ditambah gula dan susu ternyata juga dapat bermanfaat untuk kesehatan rambut. Ini caranya.
4 Rekomendasi Masker Alami untuk Melembapkan Rambut
Kebanyakan produk masker rambut yang beredar berbahan dasar minyak. orang yang memiliki kulit wajah sensitif mungkin alergi terhadap ini.
0
Tips Agar Rambut Jadi Lebih Tebal
Kita bisa mendapatkan rambut yang tebal dengan bahan-bahan yang tepat, serta pola makan yang sehat.