UNTUK INDONESIA
Tips Teknik Catok Tanpa Merusak Rambut Sehat
Memakai catokan rambut seakan menjadi tren dalam dunia kecantikan. Tak hanya rambut yang keriting atau ikal.
Catok rambut membuat kering. (Foto: boldsky.com)

Jakarta - Memakai alat catokan rambut seakan menjadi tren dalam dunia kecantikan. Tak hanya rambut yang keriting atau ikal, bahkan rambut yang sudah lurus pun biasanya masih memanfaatkan alat ini untuk merapikannya.

Tetapi hati-hati, jika terlalu sering mencatok dengan menggunakan alat pelurus tanpa perawatan khusus, rambut bakal menjadi kering dan rusak.

Jika takut rambut menjadi rusak, maka ikuti saja tips cara meluruskan rambut agar tidak terlihat kering, berikut yang telah dirangkum Tagar dari berbagai sumber:

1. Pastikan Rambut sudah Kering

Rambut dalam keadaan basah atau setengah kering lebih rentan mengalami kerusakan, terutama saat bersentuhan dengan pemanas atau catok.

Untuk itu, pastikan rambut sudah dalam keadaan kering saat memakai alat pencatok rambut.

Meski dalam keadaan terburu-buru, biasakan membiarkan rambut benar-benar kering secara alami atau menggunakan handuk sebagai alat bantu.

2. Selalu Pakai Serum

Untuk menjaga agar rambut tetap sehat dan lembut meski sering memakai alat pelurus rambut atau catokan, pastikan memakai serum khusus untuk rambut sebelum dan sesudah melakukan proses pencatokan.

Pemakaian serum akan membantu melindungi setiap helai rambut dan mencegah kerusakan karena terpaan panas alat pelurus rambut atau catokan.

RambutIlustrasi rambut lurus (Foto: pixabay/xusenru)

3. Bagi dan Pilah Rambut

Cara terbaik mendapat rambut lurus sempurna adalah meniru cara kerja penata rambut di salon kecantikan.

Caranya antara lain adalah dengan membagi dulu sejumlah helai rambut. Hal ini dilakukan agar rambut lurus merata dan tidak berkali-kali mencatok di tempat yang sama.

Lakukan pembagian dan pencatokan dari bagian rambut terdalam, lalu perlahan hingga ke arah rambut bagian luar.

Untuk cara meluruskan rambut dengan cepat menggunakan catokan rambut, sangat dianjurkan untuk membagi rambut menjadi beberapa bagian yang masing-masing memiliki ketebalan sekitar 1,25 - 5 cm.

Tarik bagian atas rambut dan mulailah dengan rambut yang berada di bagian bawah. 

Jangan mencatok rambut dengan mengambil bagian rambut secara acak karena membuat proses meluruskan rambut menjadi lama dan tidak sama tingkat kelurusannya.

4. Lakukan Perawatan Rutin

Lakukan perawatan rutin setidaknya seminggu sekali menggunakan masker rambut atau hair spa agar rambut tetap lembut dan sehat walau sering terkena terpaan panas dari alat pencatok rambut.

Tidak harus ke salon, proses ini juga bisa melakukannya di rumah saat akhir pekan tiba, dengan membeli berbagai produk hair spa yang tersedia di pasaran.

Ilustrasi RambutIlustrasi rambut lurus (Foto: Pixabay.com)

5. Pakai Catok Berkualitas Bagus

Cara paling penting dan sederhana adalah memilih dan menggunakan alat pelurus rambut dengan kualitas yang baik. Alat catok dengan kualitas buruk akan membuat rambut kering, patah bahkan terbakar.

Cari alat catok dengan kelebaran sekitar 4 cm atau lebih kecil dari itu karena, jika lebih besar tidak akan bisa mencapai bagian rambut yang dekat dengan kulit kepala.

Selain itu, perlu memperhatikan lapisan pemanas keramik yang akan memastikan panas tersebar secara merata pada rambut.

Sementara, bagi pemilik rambut keriting, alat catok yang menjadi pilihan yang cocok itu terbuat dari lapisan pemanas emas atau titanium.

Hal itu dikarenakan plat ekstra lebar telah dirancang khusus untuk rambut tebal ataupun panjang. Sehingga waktu catok bisa lebih cepat. []


Berita terkait
Gaya Cantik dan Sehat Donna Agnesia
Dalam setiap penampilannya mengisi acara program televisi, Donna selalu tampil dengan balutan dandanan natural.
Tips Menghilangkan Keriput di Wajah Secara Alami
Bertambahnya usia tak bisa dihindari setiap orang. Konsekuensi dari setiap perubahan pun tak bisa dilawan. Salah satunya, keriput.
Tips Menggunakan Eyeliner Sesuai Bentuk Mata
Namun, perlu diketahui, memakai eyeliner tidak bisa sembarangan, harus disesuaikan dengan bentuk mata.
0
Prabowo Maju, Peluang Sandiaga di Pilpres 2024 Tipis
Pangi Syarwi Chaniago menilai ruang gerak Sandiaga juga sangat tipis jika Prabowo masih berambisi untuk maju sebagai calon presiden.