Fakta dan Cara Membuat Masker Rambut dari Kopi

Kopi selain dapat dinikmati dengan seduhan air panas ditambah gula dan susu ternyata juga dapat bermanfaat untuk kesehatan rambut. Ini caranya.
Ilustrasi - Kopi Sebagai Masker Rambut. (Foto: Tagar/Zoom TV)

Jakarta - Kopi selain dapat dinikmati dengan seduhan air panas ditambah gula dan susu ternyata juga dapat bermanfaat untuk kesehatan rambut, lho! Aromanya yang memenuhi udara, membawa ke dunia yang berbeda. 

Saraf rileks dan senyum secara instan lahir. Secangkir kopi pagi Anda adalah awal yang sempurna untuk hari itu, itu juga merupakan salah satu bahan terbaik untuk kulit dan rambut.

Jika Anda seorang pecinta kopi terlalu banyak kafein mungkin buruk bagi kesehatan Anda, tetapi Anda akan senang jika mengetahui bahwa sebenarnya kandungan tersebut ajaib untuk rambut Anda.

Selain mengangkat suasana hati dan jadi sajian khas di pagi hari, kopi kebetulan menjadi bahan super untuk mencapai kunci mengkilap yang sehat juga. Ini meningkatkan pertumbuhan rambut, membuat rambut lebih gelap dan bersinar dan juga meningkatkan tekstur.

Faktanya, Anda dapat meninggalkan kopi di rambut Anda semalaman. Tetapi pastikan untuk melakukannya dengan mengenakan penutup kepala, karena kopi dapat menodai sarung bantal Anda.

Selain itu, Bubuk kopi organik paling baik untuk penggunaan topikal pada rambut Anda. Ini bebas dari bahan pengawet dan dapat berbaur dengan baik dengan bahan lain untuk perawatan rambut yang efektif.

Untuk penggunaan rambut, Anda dapat menambahkan bubuk kopi organik apapun ke dalam shampo Anda. Latihan ini dapat membantu merangsang kulit kepala Anda dan membantu membuat rambut Anda tumbuh lebih cepat.

Kopi adalah bahan yang cukup aman untuk digunakan dalam perawatan rambut DIY Anda. Pastikan untuk menggunakan kopi organik untuk hasil terbaik, namun, bahkan kopi instan pun dapat memberikan hasil yang diinginkan. Berikut cara membuat masker kopi


1. Masker rambut minyak kelapa dan kopi

Panaskan 2 cangkir minyak kelapa dalam wajan dan tambahkan 1/4 cangkir biji kopi panggang. Masak dengan api kecil selama beberapa waktu dengan tutupnya. Pastikan tidak terbakar. Angkat dari api dan saring minyak untuk memisahkan biji kopi. Simpan dalam botol kaca. Simpan di lemari es.

Setiap kali, sebelum menggunakan shampo, keluarkan jumlah minyak yang dibutuhkan dan pijat ke seluruh kulit kepala dan rambut. Biarkan selama satu jam dan kemudian bilas dengan shampo lembut.


2. Masker rambut kopi dan madu

Ambil satu sendok makan bubuk kopi dan campur dengan 2 sendok makan madu. Buat pasta dan oleskan masker rambut kopi ini ke seluruh rambut dari akar hingga ujung. 

Biarkan selama 30-40 menit, sebelum dibilas dengan sampo ringan. Oleskan kembali masker rambut kopi ini sekali atau dua kali dalam seminggu.


3. Masker rambut minyak zaitun dan kopi

Siapkan masker rambut kopi dengan mencampurkan satu sendok makan bubuk kopi dengan 2 sendok makan minyak zaitun. Oleskan masker rambut ke seluruh rambut dari akar hingga ujung. Biarkan masker selama setidaknya 30 menit. 

Gunakan sampo ringan untuk mencucinya dan ulangi masker rambut kopi ini sekali atau dua kali dalam seminggu. Itu dia fakta dan cara membuat masker kopi, semoga bermanfaat!

(Putri Fatimah)


Berita terkait
Tips Memilih Sampo dengan Bahan Sesuai Jenis Rambut
Berikut tips memilih bahan-bahan dalam sampo yang dibutuhkan oleh jenis rambut tertentu, yang dirangkum Tagar dari laman Healthline.
Tips Mewarnai Rambut di Rumah Anti Gagal
Menyemir rambut saat ini sangat populer. Berikut tips menyemir rambut anti gagal.
5 Tips Menghilangkan Rambut di Area Payudara
Rambut pada puting susu acap kali dinilai sebagai sesuatu yang sedikit memalukan, bahkan untuk sekadar dibicarakan, terlebih untuk para wanita.
0
Tinjau Lapak Hewan Kurban, Pj Gubernur Banten: Hewan Kurban yang Dijual Dipastikan Sehat
Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar meninjau secara langsung lapak penjualan hewan kurban milik warga di Kawasan Puspiptek.