Pemerintah Kota Makassar

4 Rekomendasi Masker Alami untuk Melembapkan Rambut

Kebanyakan produk masker rambut yang beredar berbahan dasar minyak. orang yang memiliki kulit wajah sensitif mungkin alergi terhadap ini.
Ilustrasi masker rambut alami. (Foto: Tagar/Freepik)

Jakarta - Memiliki rambut yang lembap dan sehat adalah impian semua orang. Namun, kebanyakan produk masker rambut yang beredar berbahan dasar minyak,  orang yang memiliki kulit wajah sensitif mungkin alergi terhadap ini.

Beberapa minyak rambut juga dapat menghalangi pori-pori kulit kepala yang secara tidak langsung membuka jalan bagi kerontokan rambut. Mayoritas wanita enggan mengoleskan minyak rambut karena dapat menyebabkan ketombe, rambut rontok dan menghambat kualitas rambut.

Untuk menghilangkan minyak dari rambut Anda, sampo adalah cara instan. Namun, sampo dengan bahan kimia dapat menyebabkan rambut kering dan keriting. Jika Anda tidak ingin rambut berminyak tetapi tetap ingin melembabkan rambut Anda, maka Anda dapat mencoba beberapa masker rambut alami di bawah ini.


1. Madu

Madu memiliki dua senyawa emolien dan humektan yang sangat efektif untuk melembabkan rambut Anda. Senyawa tersebut membuat rambut berkilau dan membuat rambut menjadi halus. Jika Anda ingin meningkatkan kilau rambut, Anda bisa mencobanya dengan madu. Selain mudah ditemukan, sekarang ini juga sudah sangat banyak produk masker rambut yang berbahan dasar madu.


2. Telur

Siapa yang sangka bahwa telur adalah salah satu bahan makanan yang bisa dijadikan masker rambut. Telur kaya akan vitamin, folat, biotin dan nutrisi yang dibutuhkan untuk kesehatan rambut. Telur juga sangat membantu dalam memelihara kulit kepala, mencegah kerusakan dan kerontokan rambut. Telur telah lama direkomendasikan untuk meningkatkan kualitas rambut.


3. Alpukat

Alpukat adalah buah yang memiliki biotin dan vitamin yang diperlukan untuk memelihara kesehatan rambut. Selain itu, alpukat mencegah masalah kerusakan rambut dan juga meningkatkan pertumbuhan rambut. Gunakan masker alpukat yang telah dihancurkan dan Anda bisa menambahkannya dengan sedikit madu lalu oleskan ke seluruh rambut. Anda dapat menggunakannya dua kali seminggu untuk memperoleh hasil yang maksimal.


4. Pisang

Pisang adalah alternatif buah selain alpukat yang dapat melembabkan serta menyehatkan rambut Anda. Pisang mengandung silika dan sifat antimikroba. Kedua senyawa ini dapat membantu Anda menghilangkan ketombe dan melembabkan kulit kepala yang kering. Pisang mudah dijumpai disekitar Anda. Cara penggunaanya, hancurkan satu buah pisang lalu haluskan, Anda bisa mencampurkannya dengan madu ataupun telur, oleskan secara merata lalu bilas menggunakan sampo. []

(Fauzi Maulana Rizqi)


Baca Juga









Berita terkait
Kenali Berbagai Manfaat Es Batu untuk Kulit Wajah
Es batu banyak manfaatnya untuk perawatan kulit.
4 Manfaat Masker Yogurt untuk Wajah
Yogurt mengandung alpha hydroxy acid/AHA alami yang bekerja dengan mengangkat sel-sel kulit mati.
Efek Penggunaan Tisu Basah di Wajah
Membersihkan wajah dengan tisu basah dapat menimbulkan beberapa masalah kulit.
0
4 Rekomendasi Masker Alami untuk Melembapkan Rambut
Kebanyakan produk masker rambut yang beredar berbahan dasar minyak. orang yang memiliki kulit wajah sensitif mungkin alergi terhadap ini.