Tips Merawat Kulit Kepala agar Mendapatkan Rambut Sehat

Pentingnya melakukan perawatan kulit kepala karena kesehatan kulit kepala menentukan kesehatan rambut juga. Berikut tips yang harus diikuti.
Illustrasi - Memijat kepala saat keramas. (Foto: Tagar/Unsplash)

Jakarta – Sama halnya dengan kulit wajah dan tubuh, kulit kepala juga memerlukan perawatan agar mendapatkan rambut yang sehat. Kulit kepala yang tidak sehat dapat menimbulkan beberapa masalah, seperti gatal, kering, kasar, ketombe, rontok berlebihan, dan sebagainya.

Sering kali kita melakukan berbagai macam perawatan rambut namun tidak dengan perawatan kulit kepala. Pentingnya melakukan perawatan kulit kepala karena kesehatan kulit kepala menentukan kesehatan rambut juga.

Menurut American Academy of Dermatology Association, kulit kepala mengandung sekitar 1.000 folikel rambut. Folikel rambut ini akan menghasilkan sebum atau minyak yang dapat menjaga kelembapan alami kulit kepala dan melindunginya dari infeksi. Berikut adalah cara mudah merawat kulit kepala.


1. Makan lebih banyak antioksidan

Saat jumlah radikal bebas yang merusak ke dalam tubuh melebihi kadar antioksidan dalam tubuh, akan terjadi stres oksidatif. Kondisi buruk untuk kesehatan, seperti diabetes, penyakit jantung, kanker, serta memengaruhi kesehatan kulit kepala. 

Dengan mengonsumsi sumber antioksidan seperti buah-buahan dan sayuran dapat membantu memelihara kesehatan kulit kepala dan juga rambut.


2. Mengonsumsi suplemen omega-3

Mengkonsumsi suplemen minyak ikan yang mengandung Omega-3 dapat membantu perawat rambut, seperti meningkatkan pertumbuhan rambut dan mencegah kerontokan rambut. 

Omega-3 juga bekerja merangsang sirkulasi di kulit kepala serta mengurangi peradangan yang berhubungan dengan kerontokan rambut.


3. Jangan terlalu sering keramas

Para ahli merekomendasikan untuk keramas sekitar tiga atau empat kali dalam seminggu, yang artinya sama dengan dua hari untuk satu kali keramas. Jika terlalu sering keramas, kulit kepala bisa menjadi kering lalu akan timbul iritasi. 

Pilih juga sampo yang mengandung bahan pelembab alami seperti asam hialuronat, minyak almond, minyak rosemary, dan minyak moringa. Hindari pemakaian sampo dengan formula kimia yang terlalu keras.


4. Mengonsumsi air putih

Minum air putih dapat membuat kulit tetap terhidrasi, termasuk juga kulit kepala. Kulit kepala juga membutuhkan air atau hidrasi dari dalam agar tidak kering. Dengan mengonsumsi 6 sampai 8 gelas air per hari cukup untuk kebutuhan asupan cairan harian.


5. Memijat kulit kepala saat keramas

Memijat kulit kepala dengan jari tangan adalah perawatan yang mudah dan efektif, khususnya untuk kulit kepala kering. Hindari juga menggosok-gosok kulit kepala dengan keras ketika sedang keramas, karena dapat membuat abrasi pada kulit kepala yang kering. Sebaiknya, pijat kulit kepala dengan lembut.

(Syva Tri Ananda)

Berita terkait
Fakta dan Cara Membuat Masker Rambut dari Kopi
Kopi selain dapat dinikmati dengan seduhan air panas ditambah gula dan susu ternyata juga dapat bermanfaat untuk kesehatan rambut. Ini caranya.
4 Rekomendasi Masker Alami untuk Melembapkan Rambut
Kebanyakan produk masker rambut yang beredar berbahan dasar minyak. orang yang memiliki kulit wajah sensitif mungkin alergi terhadap ini.
Cara Merawat Rambut Berwarna Agar Tetap Sehat
ewarnai rambut merupakan hal saat ini sudah lumrah dilakukan oleh banyak orang, terutama bagi anak muda. Berikut cara merawat rambut agar sehat.
0
Tips Merawat Kulit Kepala agar Mendapatkan Rambut Sehat
Pentingnya melakukan perawatan kulit kepala karena kesehatan kulit kepala menentukan kesehatan rambut juga. Berikut tips yang harus diikuti.