UNTUK INDONESIA
Tiga Fraksi DPRD Sumbar Interpelasi Gubernur
Tiga fraksi di DPRD Sumatera Barat, resmi menyerahkan pengajuan hak interpelasi terhadap Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno.
Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno. (Foto: Tagar/Rina/Akmal)

Padang - Tiga fraksi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumatera Barat (Sumbar), resmi menyampaikan hak interpelasi kepada Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno. Dua hal yang akan dipertanyakan wakil rakyat, yakni soal perjalanan dinas luar negeri dan terkait Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

Interpelasi yang diinisiasi fraksi Gerindra ini bertujuan untuk mengentalkan fungsi DPRD.

Tiga fraksi itu yakni fraksi Gerindra, Demokrat, dan fraksi Golkar. Fraksi Gerindra menyatakan pengajuan interpelasi dengan mencantumkan tanda tangan basah oleh 13 anggota DPRD.

Kemudian 10 anggota DPRD dari Demokrat yang diwakili Sekretaris Fraksi M. Nurnas, dan 10 orang anggota DPRD dari Golkar diwakili Sekretaris Fraksi, Afrizal. Usulan interpelasi ini diserahkan langsung kepada Ketua DPRD Sumbar, Supardi.

"Interpelasi yang diinisiasi fraksi Gerindra ini bertujuan untuk mengentalkan fungsi DPRD. Menurut kami, interpelasi itu juga terhadap hal yang dianggap vital," kata Ketua Fraksi Gerindra, Hidayat, Rabu 22 Januari 2020 di Padang.

Ketua DPRD Sumbar, Supardi, mengatakan setelah menerima berkas tersebut pihaknya akan dilakukan verifikasi dan memeriksa kelengkapan termasuk tandatangan basah yang diberikan pihak-pihak terkait.

"Apakah benar melakukan tanda tangan di sana atau tidak. Setelah itu kami akan rundingkan dengan pimpinan kapan nantinya badan musyawarah untuk mengagendakan rapat paripurna," tuturnya. []


Berita terkait
Jenderal Gadungan Diringkus di Padang, Ini Modusnya
Seorang pria yang mengaku Jenderal di Mabes Polri diringkus polisi di Kota Padang, Sumatera Barat.
Wali Kota Payakumbuh Tutup Kafe Berbau Maksiat
Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi, menyegel sejumlah kafe karaoke yang diduga melakukan aktivitas maksiat.
Gerindra Getol Interpelasi Kunker Gubernur Sumbar
Fraksi Gerindra DPRD Sumatera Barat tetap akan melakukan rencana penggunaan hak interpelasi kepada Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno.
0
Jokowi Saksikan Ketua MA Syarifuddin Mengucap Sumpah
Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyaksikan pengucapan sumpah M. Syarifuddin sebagai Ketua Mahkamah Agung (MA) periode 2020-2025.