UNTUK INDONESIA
Tiga Cara Cepat Melek, Cegah Ngantuk saat Berkendara
Mengantuk menjadi fatal jika muncul saat berkendara. Bagaimana caranya cepat melek cegah kantuk?
Ilustrasi mengendarai kendaraan. (Foto: Pixabay)

Jakarta - Mengantuk menjadi fatal jika muncul saat berkendara. Bila dibiarkan dapat memicu kecelakaan yang merugikan diri sendiri dan orang lain. Lantas bagaimana caranya cepat melek cegah kantuk?

Kantuk berat saat berkendara bisa menghilangkan fokus. Anda yang mengalaminya bisa melakukan sejumlah cara seperti menyetel lagu dengan volume keras. Namun jika tidak berhasil, ikuti tiga cara cepat melek saat berkendara:

1. Menepi dan beristirahat

Cara pertama untuk menghindari hal yang tidak diinginkan akibat mengantuk adalah menepi dan beristirahat sejenak. Carilah rest area untuk beristirahat dan tidur sejenak kira-kira 15-20 menit agar rasa kantuk itu hilang.

Jika tidak menemukan rest area, maka menepilah dipinggir jalan dan pastikan tempat Anda berhenti ini ramai lalu lalang pengendara supaya aman.

Rest Area Tol Jagorawi

Rest area di tol Jagorawi, Jakarta, Rabu 29 Mei 2019. (Foto: Antara/Genta Tenri Mawangi)

2. Melakukan peregangan

Untuk pengendara motor, rasa kantuk muncul biasaanya pada saat cuaca yang bersahabat dan ketika jalanan lengang. Maka cara yang ampuh untuk melawan kantuk tersebut dengan menepi dan melakukan sedikit peregangan otot pada bagian lutut, tangan dan bahu kurang lebih 5 menit sampai tubuh kembali fit. Dengan melakukan pergerakan, akan membantu pikiran tetap terjaga.

Ruang ICUStaf rumah sakit melakukan peregangan yoga dan latihan pernapasan di ICU di Klinik Rumah Sakit di Barcelona, Spanyol, 23 April 2020. (Foto: REUTERS/Nacho Doce)

3. Minum kopi

Ketika Anda sudah kelelahan dan mata tidak bisa menahan kantuk, Anda membutuhkan kafein untuk membantu menjaga kesadaran saat berkemudi. Anda bisa menambahkan rasa jahe kedalam kopi untuk efek badan menjadi segar. (Niswatul Mahmudah)

Kopi HitamIlustrasi kopi hitam. (Foto: Pixabay/skeeze)

 

Berita terkait
Cegah Bunuh Diri, 5 Peran Orangtua saat Anak Tertekan Tugas Sekolah
Berkaca kepada kasus bunuh diri siswa SMA diduga akibat tertekan tugas PJJ atau sekolah online, bagaimana seharusnya peran orangtua?
Selain Dongkrak Stamina, Pisang Obat Diare Alami dan Ampuh
Di supermarket atau di mall, buah pisang mudah diperoleh. Selain dapat mendongrak stamina, pisang merupakan obat alami menyembuhkan diare.
Sering Begadang? Ini Cara Ampuh Hilangkan Kantung Mata Wanita
Bagi wanita memiliki kantung mata yang besar dan agak kehitaman merupakan masalah yang sangat menjengkelkan.
0
Antusiasme Jokowi Resmikan Jembatan Ikonik Teluk Kendari
Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan Jembatan Teluk Kendari yang pengerjaannya sejak 2015 lalu. Ini menjadi ikonik sekaligus bermanfaat.