Tidak Hanya Makan Banyak, Ini Penyebab Lain Perut Buncit

Menakutkan lagi, perut buncit yang disebabkan oleh bekumpulnya lemak di perut akan meningkatkan beragam risiko kesehatan serta kecantikan.
Ilustrasi Perut Buncit (Foto: Tagar/Freepik)

Jakarta - Bagian tubuh yakni perut adalah salah satu bagian yang terdapat lemak menumpuk. Perut buncit biasanya akan membuat seseorang merasa kurang nyaman, tidak percaya diri dan bahkan merasa kurang menarik. 

Menakutkan lagi, perut buncit yang disebabkan oleh bekumpulnya lemak di perut akan meningkatkan beragam risiko kesehatan serta kecantikan.

Seringkali makan banyak dan berlebih diartikan sebagai penyebab perut buncit. Namun sebenarnya ada beberapa penyebab perut buncit yang seharusnya Anda tahu. Simak penjelasannya berikut ini.


1. Pengaruh Hormon

Penyebab perut buncit yang pertama karena adanya pengaruh hormone. Beberapa orang dikatakan memiliki hormon khusus yang sering kali menyebabkan gemuk, lemak menumpuk di tubuh juga perut buncit. Hormon ini bisa saja merupakan hormon turunan yang diturunkan oleh keluarga atau orang tua.


2. Banyak Otot Menyusut

Banyak otot yang menyusut juga seringkali disebabkan ketika seseorang melakukan diet secara berlebihan atau diet ekstrem. Ketika otot terlalu banyak menyusut karena terlalu berlebihan melakukan diet, akibatnya metabolisme tubuh akan menjadi berantakan dan membuat proses metabolisme tubuh menjadi lambat.

Akibat proses yang melambat, perut akan lebih mudah menjadi buncit. Jika Anda ingin melakukan program diet, lakukanlah sesuai dengan kebutuhan tubuhmu.


3. Stres

Tidak jarang, seseorang yang mengalami stres akan kehilangan kendali untuk konsumsi berbagai macam makanan. Maka dari itu Anda harus hindari stress agar tidak membuat Anda banyak makan dan tidur tidak teratur.

Penyebab perut buncit pada wanita salah satunya adalah stres yang tidak terkelola dengan baik. Sehingga menyebabkan banyak kerugian pada tubuh Anda.


4. Menopause

Untuk alasan selanjutnya yang menyebabkan lemak berkumpul di perut dan buncit adalah menopause atau bertambahnya usia. Karena kadar estrogen dalam tubuh turun sangat drastis sehingga menjadi penyebab perut buncit pada wanita. Kondisi alamiah ini tentunya perlu menjadi hal yang tidak boleh membuat kita kecewa.

Karena itu sangat penting bagi wanita yang sudah menopause untuk tetap dan terus melakukan olahraga ringan dan rutin. Aktivitas fisik berguna agar tubuh tetap bugar dan tidak terjadi penumpukkan lemak pada tubuh.

Itulah beberapa alasan kenapa lemak sering kali berkumpul di perut dan menyebabkannya menjadi buncit, semoga bermanfaat.[]

(Indi Lusiani)

Baca Juga:

Berita terkait
Kenali Gejala Sakit Perut yang Harus Segara Diperiksa
Sebagian dari manusia tentu pernah merasakan yang namanya sakit perut apalagi ketika ingin BAB. Berikut gejala sakit perut yang harus diperiksa.
Perut Buncit? Berikut Olahraga untuk Mengecilkan Perut
Timbunan lemak di perut akan mengakibatkan munculnya beragam penyakit, sehingga harus dilakukan olahraga untuk membakar lemak perut.
7 Cara Mengecilkan Perut Tanpa Olahraga
Perut kecil menjadi impian semua perempuan berbagai cara dilakukan untuk mendapatkannya bukan? Berikut cara mengecilkan perut tanpa olahraga.
0
Tidak Hanya Makan Banyak, Ini Penyebab Lain Perut Buncit
Menakutkan lagi, perut buncit yang disebabkan oleh bekumpulnya lemak di perut akan meningkatkan beragam risiko kesehatan serta kecantikan.
Mati Suri Mitos Atau Fakta?
Jus dan Smoothie, Mana yang Lebih Sehat?