UNTUK INDONESIA
Terjebak Kebakaran di Kos, 2 Mahasiswi Aceh Meninggal Dunia
Diduga terjebak saat kebakaran, dua mahasiswi meninggal dunia di Jalan Danubroto, Gampong Kaye Jato, Kecamatan Banda Raya, Kota Banda Aceh, Aceh.
Kondisi rumah yang ditepati 2 Mahasiswi yang menjadi korban meninggal dunia setelah terjadi kebakaran di Jalan Danubroto, Gampong Kaye Jato, Kecamatan Banda Raya, Kota Banda Aceh, Aceh, Sabtu, 10 Oktober 2020. (Foto: Tagar/Dok BPBA)

Banda Aceh – Dua mahasiswi meninggal dunia setelah diduga terjebak saat kebakaran yang terjadi di Jalan Danubroto, Gampong Kaye Jato, Kecamatan Banda Raya, Kota Banda Aceh, Aceh, Sabtu, 10 Oktober 2020.

Data Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Banda Aceh menyebutkan, dua mahasiswi tersebut adalah Riana Safitri, 20 tahun, asal Kabupaten Aceh Timur dan Zahara, 20 tahun, asal Kabupaten Aceh Besar.

Kepala DPKP Banda Aceh, Rizha mengatakan, kedua mahasiswi tersebut sedang menempuh pendidikan di Akademi Keperawatan Teungku Fakinah. Selama ini, ia menetap di rumah kos milik Marhaban dengan status sewa.

Korban meninggal dunia yang merupakan anak kos menepati rumah tersebut.

“Informasi yang dihimpun oleh petugas dari saksi pemilik rumah Marhaban menyatakan bahwa ia melihat api dan asap mengepul dari usaha palong kayu perabot miliknya yang berada di samping rumahnya,” kata Rizha dalam keterangannya pada Tagar, Sabtu, 10 Oktober 2020.

Ia menjelaskan, kebakaran tersebut terjadi sekitar pukul 05.55 WIB. Begitu melihat api dan asap sudah mengepul, ia langsung meminta tolong kepada tetangga dan selanjutnya diteruskan ke petugas pemadam kebakaran.

“Saat melihat api, saksi menjadi panik dan meminta bantuan warga sekitar untuk menghubungi pihak pemadam kebakaran,” ujar Rizha.

Tak lama berselang, kata Rizha, petugas piket mengerahkan 4 unit armada pemadam kebarakan dan tiba ke lokasi kejadian sekitar pukul 06.00 WIB. Sekira pukul 06.30 WIB api dapat dipadamkan dan selanjutnya dilakukan upaya pendinginan.

Baca juga:

“Namun di sela-sela pendinginan didapati korban meninggal dunia yang merupakan anak kos menepati rumah tersebut. Setelah kondisi aman terkendali armada masih di lokasi menunggu siapnya evakuasi korban meninggal dunia tersebut,” tutur Rizha.

Rizha menambahkan, dalam proses pemadaman turut dibantu PLN, PMI, Polsek Banda Raya dan diback up Polresta Banda Aceh dan koramil setempat. “Hingga saat ini penyebab kebakaran masih dalam penyidikan pihak kepolisian,” katanya. []

Berita terkait
Didemo Mahasiswa, Ketua DPRK Aceh Tamiang Demam
Para pedemo di Aceh Tamiang, Aceh kecewa karena ketua DPRK Aceh Tamiang tidak menemui mereka dengan alasan demam.
Mahasiswa Demo Sindir Dewan Aceh Tamiang soal Grup WhatsApp
Koordinator demo di Aceh Tamiang menyindir jawaban anggota dewan yang dinilai normatif dan kurang peka terkait isu UU Cipta Kerja.
Aceh Punya Qanun, DPRA Tolak Omnibus Law
DPRA menolak pemberlakuan UU Omnibus Law, karena Aceh punya UU 11 tentang pemerintahan Aceh, Qanun Nomor 7 Tahun 2014 Tentang Ketenagakerjaan.
0
Ini 11 Korban Meninggal Akibat Tanah Longsor di Sumsel
Tanah longsor di Desa Tanjung Lalang, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan, mengakibatkan 11 orang meninggal dunia.