UNTUK INDONESIA
Tentara Yogyakarta Pemakai Narkoba Bakal Ditindak Tegas
Tentara di Yogyakarta bakal ditindak tegas jika terbukti sebagai pemakai narkoba. Salah satunya pemecatan dari kedinasan.
Kepala Staf (Kasdim) 0734/Yogyakarta Letkol Arh Tjatur Supriyono memberikan pengarahan di depan tentara anggota Kodim Yogyakarta dalam sosialisasi P4GN di Aula Amarta Makodim 0734/Kota Yogyakarta, Senin, 19 Oktober 2020. (Foto: Tagar/Gading Persada)

Yogyakarta - Tak main-main, tindakan tegas dan terukur akan dilakukan Kodim 0734/Yogyakarta seandainya menemukan tentara atau anggota jajarannya terlibat narkotika dan obat-obatan (narkoba). Pemecatan dari kedinasan menjadi pilihan yang logis sebagai bentuk hukuman bagi mereka yang terbukti melanggar.

"Tentu sanksinya ya tindak tegas," kata Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0734/Yogyakarta Letkol Arh Tjatur Supriyono disela-sela sosialisasi Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di Aula Amarta Makodim 0734/Kota Yogyakarta, Jln A.M Sangaji No 55 Jetis, Kota Yogyakarta, Senin, 19 Oktober 2020.

Mewakili Komandan Kodim (Dandim) 0734/Kota Yogyakarta Kolonel Arm Tejo Widhuro, Tjatur menuturkan bahwa kegiatan sosialisasi P4GN akan secara rutin dilaksanakan di lingkungan Kodim Yogyakarta. Pihaknya pun akan terus mendukung penuh karena merupakan perintah pimpinan guna mengingatkan para prajurit akan larangan dan bahaya penyalahgunaan Narkoba.

Tentu sanksinya ya tindak tegas.

Di hadapan anggota yang menjadi peserta sosialisasi, Kasdim juga menegaskan tentang komitmen TNI AD untuk memerangi Narkoba. "TNI AD dengan tegas telah membuat peraturan untuk menindak personel yang terlibat Narkoba dari tingkat bawah sampai tingkat atas dan contoh telah banyak personel yang terlibat penyalahgunaan narkoba ditindak dengan sangat tegas sesuai peraturan," tegas Kasdim.

Baca Juga:

Kegiatan Penyuluhan P4GN sendiri merupakan agenda rutin triwulan IV tahun 2020 ini yang diikuti seluruh personel Kodim Kota Yogyakarta mulai jajaran perwira hingga ASN. Mengingat dimasa pandemi ini maka pelaksanaan penyuluhan dibagi menjadi tiga sesi.

Dalam sosialisasi P4GN yang disampaikan dokter Fauziah sebagai narasumber dari Detasemen Kesehatan Wilayah (Denkesyah) 04.04.02 Yogyakarta menjelaskan tentang macam-macam jenis narkoba, bahaya narkoba dan dampak bagi penggunanya serta cara antisipasi peredaran dan penyalahgunaan barang-barang terlarang tersebut.

Baca Juga:

"Saat ini ancaman narkoba sudah masuk ke hampir seluruh lapisan masyarakat, baik orang dewasa atau anak-anak. Tugas kita, mari sama-sama lawan dan kita jauhkan diri kita serta keluarga dari bahaya narkoba," pesan dokter Fauziah.

Sementara itu Perwira Seksi (Pasi) Intel Kodim 0734/Kota Yogyakarta Kapten Inf Diya memastikan dalam pelaksanaan sosialisasi P4GN tetap memperhatikan Protocol Kesehatan Pencegahan Covid 19. "Sehingga kegiatan dapat berjalan dengan baik dan ada kekhawatiran penularan virus," kata Diya. []

Berita terkait
Puluhan Tentara Vietnam Hilang Tertimbun Longsor
Mereka tertimbun bebatuan dan lumpur tebal tanpa bisa menyelamatkan diri.
Polisi dan PMI Beri Kejutan di Markas Tentara Kulon Progo
Korps Bhayangkara dan relawan PMI memberi kejutan kepada TNI di sejumlah markas tentara di Kulon Progo. Kenapa?
Puluhan Tentara Adu Tembak di Yogyakarta
Puluhan tentara Kodim 0734/Yogyakarta adu tembak di lapangan tembak Sentolo, Kulon Progo. Latihan ini untuk memperkuat naluri tempur.
0
Bobby Temui Warga yang Sakit Hingga Tawarkan Bantuan Usaha
Calon Wali Kota Medan Bobby Nasution menyambangi kediaman warga yang sakit hingga menawarkan bantuan usaha.