Telah Terbit Novel Gadis Pembangkang Karya Muhammad Mualimin

Karakter dan pesan apa yang ingin disampaikan Muhammad Mualimin seorang pengamat politik dalam novel Gadis Pembangkang, simak penjelasannya.
Pengamat politik Lingkar Wajah Kemanusiaan (Lawan Institute) Muhammad Mualimin menerbitkan novel berjudul Gadis Pembangkang. (Foto: Tagar/Dok Pribadi)

Jakarta - Pengamat politik Lingkar Wajah Kemanusiaan (Lawan Institute) Muhammad Mualimin menerbitkan novel berjudul Gadis Pembangkang. Ia menyebut novel bertema feminisme ini untuk mensyukuri nikmat kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia.

Mualimin mengatakan novelnya untuk memperkuat ideologi feminisme yang sangat berguna bagi kemandirian kaum perempuan.

"Dengan terbitnya novel ini saya harap pembaca khususnya perempuan menjadi kuat, tangguh, dan mandiri. Buku ini juga bekal agar perempuan Indonesia berani melawan saat dilecehkan pria," kata Mualimin dalam keterangan tertulis diterima Tagar, Minggu, 22 Agustus 2021.


Saya ciptakan sosok yang keras, bandel, militan, agar bisa dicontoh kaum hawa di Indonesia.


Peringatan ulang tahun kemerdekaan Indonesia menjadi tidak bermakna, kata Mualimin, tatkala masih banyak perempuan di Tanah Air terjajah oleh maskulinitas pria dan budaya patriarki.

"Saya antipoligami, sebab melecehkan dan menganggap perempuan seolah makhluk piaraan. Serdadu Belanda dan Jepang memang sudah pergi, tapi masih banyak perempuan diperbudak dogma agama impor," ujarnya.

Dengan menciptakan sosok perempuan tangguh, ucap Mualimin, ia ingin memberi contoh bahwa perempuan juga berhak teguh atas ide dan gagasan yang menyangkut masa depannya.

"Perempuan boleh kok bersikap keras kepala dan marah-marah, terlebih menyangkut hak untuk maju dan setara. Saya ciptakan sosok yang keras, bandel, militan, agar bisa dicontoh kaum hawa di Indonesia," tuturnya. []


Baca juga

Lima Judul Novel Populer Karya Penulis Mira W

Lima Judul Novel Populer Karya Penulis Andrea Hirata





Berita terkait
Song Joong Ki Terima Tawaran Bintangi Drama Adaptasi Novel
Song Joong Ki kembali mendapat tawaran untuk membintangi drama adaptasi web novel populer bertajuk The Chaebols Youngest Son.
Film Once Upon a Time in Hollywood, Diadaptasi Jadi Buku Novel
Film yang disutradarai oleh Quentin Tarantino, yakni Once Upon a Time in Hollywood akan diadaptasi menjadi sebuah novel.
Let Them All Talk, Kisah Novelis Sukses Mencari Kebahagiaan
HBO Max Original menghadirkan film Let Them All Talk yang disutradarai Steven Soderbergh dan diperankan Meryl Streep, Candice Bergen dan lainnya.
0
Telah Terbit Novel Gadis Pembangkang Karya Muhammad Mualimin
Karakter dan pesan apa yang ingin disampaikan Muhammad Mualimin seorang pengamat politik dalam novel Gadis Pembangkang, simak penjelasannya.