UNTUK INDONESIA

Lima Judul Novel Populer Karya Penulis Andrea Hirata

Berikut Tagar rangkumkan lima judul novel populer karya Andrea Hirata.
Penulis novel Andrea Hirata. (Foto: Instagram/hirataandrea)

Jakarta - Aqil Barraq Badruddin Seman Said Harun atau yang lebih dikenal Andrea Hirata merupakan seorang penulis populer di Indonesia yang telah menelurkan sejumlah judul terkenal dan laris di pasaran, termasuk novel Laskar Pelangi yang diadaptasi menjadi film layar lebar.

Andrea Hirata lahir di Gantung, Belitung Timur, Bangka Belitung pada 24 Oktober 1967. Karier kepenulisannya begitu dikenal lewat karya berjudul Laskar Pelangi rilisan tahun 2005 lalu. Novel tersebut berhasil menginspirasi para pembaca bukunya, dan semakin melonjak ketika bukunya difilmkan oleh sineas Riri Riza.

Novel Laskar Pelangi sudah diterjemahkan ke dalam 40 bahasa asing, telah terbit dalam 22 bahasa, dan beredar di 130 negara. Novel ini juga meraih sejumlah penghargaan, yakni edisi Amerika meraih pemenang pertama New Year Book Festival 2013 kategori General Fiction.

Lalu, di Jerman Laskar Pelangi mendapat juara pertama Buchawards 2013, dan menjadi novel terfavorit tahun 2014 oleh sastrawan Timur Tengah. Saat ini, novel ini menghasilkan tiga sekuel, yakni Sang Pemimpi, Edensor, dan Maryamah Karpov.

Berikut Tagar rangkumkan lima judul novel populer karya Andrea Hirata:

Cover novel Laskar PelangiCover novel Laskar Pelangi. (Foto: Gramedia)

1. Laskar Pelangi

Novel Laskar Pelangi mengangkat kisah tentang 10 anak yang bersekolah di sebuah pondok Sekolah Dasar di Belitung, dengan latar belakang kehidupan pada tahun 1970-an.

SD Muhammadiyah Belitung dalam novel tersebut dikisahkan terancam bakal ditutup lantaran hanya memiliki 9 murid yang bersekolah di sana. Padahal, syarat agar sekolah tersebut bisa tetap beroperasi adalah memiliki kuota murid minimal berjumlah 10 anak.

Penghuni sekolah sangat cemas dan gelisah menanti kepastian apakah lembaga pendidikan itu bakal terus beroperasi atau ditutup. Di tengah ketegangan itu, datanglah Harun (orang yang memiliki keterbelakangan mental) yang akhirnya menjadi murid ke-10.

Pada akhirnya, kesepuluh murid tersebut disebut Laskar Pelangi, julukan yang diberikan guru mereka yang bernama Bu Mus.

Cover novel Padang BulanCover novel Padang Bulan karya Andrea Hirata. (Foto: Gramedia)

2. Padang Bulan

Novel Padang bulan menceritakan tentang kehidupan Enong, seorang gadis kecil yang harus kehilangan sosok seorang ayah ketika usianya 14 tahun.

Sebagai anak pertama, Enong berhenti dari bangku sekolah saat dirinya kelas 6. Meskipun tidak lagi bersekolah, semangat perempuan cilik ini tetap kuat untuk bisa menguasai Bahasa Inggris. Ia pun bekerja mendulang timah yang merupakan pilihan terakhirnya sebab ia tidak mempunyai keahlian.

Hari demi hari dilalui Enong, jika ia lelah bekerja ia akan membuka kamus Bahasa Inggris dan belajar.

Di sisi lain, novel ini juga menceritakan mengenai kisah cinta Ikal dan A Ling (tokoh dalam novel Laskar Pelangi), tetapi kisah cinta mereka tidak berhasil karena A Ling akan menikah dengan Zinar.

Cover novel AyahCover novel Ayah karya Andrea Hirata. (Foto: Gramedia)

3. Ayah

Novel karya Andrea Hirata yang berjudul Ayah, berkisah tentang perjuangan serta kasih sayang seorang ayah tanpa mengenal ikatan darah.

Diceritakan, tokoh Sabari yang awalnya tidak tertarik dengan cinta. Namun, setelah Marlena atau biasa dipanggil Lena memberikan sebuah pensil sebagai hadiah karena Lena menyambar kertas ujiannya, sikap Sabari seolah berubah 180 derajat.

Sejak itu Sabari selalu membuatkan puisi cinta untuk Lena. Sayangnya Lena menolak dan menghina Sabari karena ia buka tipe laki-laki idaman Marlena.

Sabari tak putus asa ia pun bekerja di perusahaan batako ayahnya Lena dengan maksud mendekati Lena. Ternyata, Lena sering berganti-ganti pasangan dan pulang larut malam.

Suatu hari Lena bertengkar dengan Ayahnya karena Ayah Lena mengetahui bahwa anaknya terjerumus pergaulan bebas. Sabari yang mendengarnya pun mengorbankan dirinya untuk menikahi Lena.

Setelah menikah tak lama kemudian Lena melahirkan seorang anak yang tidak diketahui siapa ayah anak itu, sejak itupun Lena tak pulang kerumah dan menceraikan Sabari.

Nama anak itu Zorro, Sabari sangat menyayangi Zorro. Hingga suatu hari Lena datang bersama laki-laki lain dan mengambil Zorro secara paksa. Sejak hari itu Sabari mulai kehilangan semangat hidupnya.

Cover novel Orang-Orang BiasaCover novel Orang-Orang Biasa. (Foto: Gramedia)

4. Orang-Orang Biasa

Novel Orang-Orang Biasa berkisah tentang kumpulan berisi sepuluh orang biasa yang gigih untuk mewujudkan mimpi salah satu anak teman mereka. Apapun mereka lakukan untuk mewujudkan mimpi tersebut termasuk melakukan tindak kriminal.

Sepuluh orang tersebut ialah Salud, Junilah, Nihe, Sobri, Handai, Rusip, Honorun, Tohirin, Debut, dan Dinah. Mereka sering mendapat nilai jelek dan selalu menjadi bahan bully trio Bastardin dan duo Buron.

Aini merupakan putri sulung Dinah yang lolos tes Fakultas Kedokteran di salah satu Universitas negeri ternama. Namun, ia harus membayar uang pendaftaran sebesar 80 juta. Dinah dan Aini sudah mencoba meminjam uang kesana kemari tapi saying semuanya menolak.

Akhirnya, kawan-kawan Dinah berusaha membantunya dengan mempersiapkan rencana perampokan bank agar bisa membayar uang pendaftaran kuliah Aini. Akankah perampokan itu berhasil?

Cover novel Guru AiniCover novel Guru Aini karya Andrea Hirata. (Foto: Gramedia)

5. Guru Aini

Setelah sukses dengan novel Orang-Orang Biasa pada tahun 2019, Hirata kembali menyapa para pembaca bukunya lewat novel berjudul Guru Aini.

Novel Guru Aini bercerita tentang masa sekolah Aini yang terjadi sebelum cerita dalam novel Orang-Orang Biasa.

Seorang guru bernama Desi yang mengajar matematika di sebuah daerah pelosok dengan harapan bahwa muridnya nanti akan bahagia belajar matematika. Namun, semua tak seperti yang Desi bayangkan, ternyata matematika merupakan beban bagi mereka.

Petualangan guru Desi mencari murid jenius pun terbayar saat ia menemukan Aini. Aini merupakan murid yang sangat bersemangat dalam belajar matematika. []

(Cherryn Lagustya)

Berita terkait
Karya Sapardi Djoko Damono Berakhir di Buku mBoel
Karya buku hingga puisi Sapardi Djoko Damono Berakhir di Buku mBoel.
Profil Nestor Tambunan, Jadi Sastrawan Karena Tak Mau Bertani
Nestor Rico Tambunan merupakan sastrawan Indonesia yang bisa dikatakan berhasil dalam kariernya.
Tips Pengenalan Sastra dan Bahasa Indonesia Bagi Anak-Anak
Berikut Tagar rangkumkan tips dari Natalia Lie untuk meningkatkan kecintaan anak usia dini terhadap Bahasa Indonesia.
0
Tips Memilih Sampo dengan Bahan Sesuai Jenis Rambut
Berikut tips memilih bahan-bahan dalam sampo yang dibutuhkan oleh jenis rambut tertentu, yang dirangkum Tagar dari laman Healthline.