Lima Judul Novel Populer Karya Penulis Mira W

Berikut Tagar rangkumkan lima judul novel populer karya Mira W.
Penulis novel populer, Mira Widjaja (Wong) atau yang lebih dikenal dengan nama pena Mira W. (Foto: Gramedia)

Jakarta - Mira Widjaja (Wong) atau yang lebih dikenal dengan nama pena Mira W merupakan novelis Indonesia. Nama wanita keturunan Tionghoa ini populer sebagai salah satu penulis novel roman populer di Tanah Air. Sebelum menjadi penulis ia berprofesi sebagai dokter.

Mira sudah menggeluti dunia menulis sejak duduk di bangku Sekolah Dasar. Ia aktif mengirimkan karyanya ke berbagai majalah anak pada masa itu, cerpen Benteng Kasih yang terbit pada tahun 1975 menjadi cerpen terpopuler yang ditulisnya.

Belakangan, perempuan kelahiran 13 September 1951 ini makin dikenal sebagai salah satu penulis novel yang dihormati dan dicintai para pembaca, setelah menelurkan lebih dari 40 judul novel, yeng kerap diadaptasi menjadi film dan sinetron.

Berikut Tagar rangkumkan lima judul novel populer karya Mira W:

Dari Jendela SMPPara pemain sinetron Dari Jendela SMP melakukan berpose disela-sela syuting. (Foto: Instagram/@darijendelasmp)

1. Dari Jendela SMP

Novel Dari Jendela SMP mengangkat kisah tentang Joko yang merupakan anak dari seorang perempuan yang bekerja sebagai pembantu di sekolah SMP swasta. Untuk bisa sekolah di SMP tersebut Joko harus membantu ibunya membersihkan kelas setiap pagi.

Keberadaanya sebagai anak tanpa ayah dan ibunya bekerja sebagai pembantu sering menjadi bahan ejekan teman – temannya, bahkan Joko dipanggil JAB (Joko anak babu) oleh teman-temannya.

Hidup Joko hanya seputar dirinya dan ibunya, sampai akhirnya ia berkelahi dengan Gino. Saat ia berkelahi dengan Gino, Wulan teman kelas Joko yang cantik, rajin, dan kaya, mencoba melerai perkelahian tersebut, tetapi justru malah Wulan menjadi sasaran dari tinju Gino.

Dari situlah Joko melalukan pendekatan dengan Wulan dengan mengunjungi rumah Wulan yang tidak masuk sekolah karena bibirnya bengkak terkena tinju Gino. Belakangan, novel ini juga telah diangkat menjadi sinetron dengan judul yang sama.

2. Arini Masih Ada Kereta Yang Akan Lewat

Novel ini bercerita tentang seorang perempuan, yakni Aini yang takut ketinggalan kereta dan menumpang kereta yang salah. Dia tidak pernah menduga jika kereta itu menjerumuskannya ke jurang penderitaan. Arini mengira tak ada lagi kereta yang akan melintasi hidupnya.

Novel ini sudah difilmkan pada tahun 1987 dan akan kembali diproduksi dan disutradarai oleh Ismail Basbeth yang tayang di bioskop tahun 2018 lalu.

3. Cermin Tak Pernah Berdusta

Novel Cermin Tak Pernah Berdusta bercerita tentang gadis bernama Kavela yang merasa terpojok karena penampilannya biasa saja, ia diejek, diabaikan orang lain.

Setelah lulus SMA, dirinya berubah menjadi sosok yang berbeda. Ia tumbuh sukses menjadi seorang CEO sebuah perusahaan dan penampilannya juga berbeda dari dirinya saat SMA lalu.

Tetapi, Kavela juga berubah menjadi pribadi dan sifat yang berbeda. Saat bertemu dengan teman kala SMA, Roni, ia membuat rencana untuk balas dendam.

4. Cinta Sepanjang Amazon

Novel ini berkisah mengenai cinta seorang pria yang sepanjang Amazon. Vania seorang mahasiswa tingkat akhir merupakan sosok gadis yang mandiri, cerdas, dan pekerja keras.

Aries yang terkenal playboy dan seorang anak konglomerat yang juga anak mami, bertemu dengan Vania dan tertarik untuk mendekati perempuan muda itu. Kegigihan Aries mendekati Vania berhasil dan mereka menjalin asmara.

Tak lama kemudian mereka berencana menikah, tetapi ditentang oleh keluarga Aries yang tak setuju karena menganggap Vania tak sepadan dengan Aries. Namun, Aries nekat menikahi Vania, ia bahkan keluar dari rumah megahnya dan tinggal bersama Vania di rumah sederhana.

Rencana pernikahannya berjalan mulus, sampai masalah muncul disebabkan oleh Guntur (sahabat sekaligus pengawal Aries) yang ternyata menghamili Vania.

5. Merpati Tak Pernah Ingkar Janji

Novel ini bercerita tentang Maria yang hidupnya dikekang oleh ayahnya Handoyo. Ia tak boleh melakukan apapun diluar sepengetahuan ayahnya. Bisa dibilang ayahnya memegang kuasa atas hidup Maria. Sejak kecil hidupnya telah dipersembahkan untuk menjadi biarawati sebagai penebus atas kesalahan yang sudah dilakukan ayahnya.

Setelah Maria bersekolah SMA dan bertemu teman baru, ia mengenal banyak hal yang belum ia ketahui dan lakukan. Kemudian saat ayahnya pergi ke Ende selama seminggu Maria merasakan kebebasan.

Ia melakukan banyak hal yang tak pernah dilakukannya, dirinya pun bertemu dengan Guntur, teman lelaki pertamanya yang membuat hati Maria berdegup kencang.

Semua pengalaman itu, akhirnya membuat Maria mempertanyakan kembali tentang pilihan hidup, hak, perlakuan ayahnya, hingga perasaannya pada Guntur. []

(Cherryn Lagustya)

Berita terkait
Buku Detektif Klasik The Hardy Boys Jadi Film Televisi
Serial buku detektif klasik “The Hardy Boys” telah diadaptasi menjadi film misteri di televisidengan latar masa kini
Buku An Inventory of Losses Versi Bahasa Indonesia Resmi Dirilis
Buku fiksi Jerman berjudul An Inventory of Losses, kini bisa dinikmati para pecinta sastra di Tanah Air dalam bahasa Indonesia.
Karya Sapardi Djoko Damono Berakhir di Buku mBoel
Karya buku hingga puisi Sapardi Djoko Damono Berakhir di Buku mBoel.
0
Juventus Angkat Kembali Massimiliano Allegri Jadi Pelatih
Juventus telah menunjuk kembali mantan pelatih Massimiliano Allegri hanya beberapa jam setelah memecat Andrea Pirlo