UNTUK INDONESIA
Tekwan Palembang yang Selalu Menggoda Selera
Tekwan merupakan kuliner khas perpaduan Palembang dan Tionghoa. Rugi bila ke Sumatera Selatan tidak menyantapnya.
Tekwan, makanan Palembang yang lahir dari alkuturasi budaya Tionghoa. (Foto: Tagar/Yuyun Yunani)

Palembang - Selain pempek, daerah Palembang, Sumatera Selatan, memiliki ragam kuliner yang tak kalah menggoda selera. Salah satunya adalah tekwan.

Tekwan ini mirip bakso kecil dengan andalan rasa ikan gabus yang gurih.

Makanan Palembang dari akulturasi budaya Tionghoa itu terbuat dari olahan ikan berbentuk pentol dipadu kuah yang kaya rempah. Rugi bila datang ke Palembang, jika tidak mencoba nikmatnya tekwan.

Tekwan ini menjadi kuliner andalan keluarga Neny Sugianto. Menurut warga yang tinggal di Jalan Srijaya Negara Bukit Besar Palembang itu, tidak sulit membuat tekwan.

"Tekwan ini mirip bakso kecil dengan andalan rasa ikan gabus yang gurih. Menikmatinya sambil menghirup kuah yang diracik dari banyak rempah-rempah juga menyehatkan tubuh," katanya.

Membuat pertama sekali tentu menyiapkan ikan giling, sagu, garam, putih telur dan air. Kemudian, bahan tersebut diaduk hingga kalis. Lalu, pentol tekwan itub dimasukkkan ke dalam air mendidih dan sepuluh menit kemudian pentol tekwan diangkat dan didinginkan.

TekwanNeny Sugianto, pembuat tekwan di Palembang. (Foto: Tagar/Yuyun Yunani)

Setelah itu meracik kuah yang bahannya antara lain, minyak goreng bawang putih, lada, garam, gula, kaldu, jamur, daun bawang, daun sop dan udang. Bahan-bahan ini ditumis lalu dimasukkan ke dalam air dan direbus bersama pentol selama lima menit dan tekwan pun siap dihidangkan.

Selain disajikan untuk keluarga tercinta, Neny juga menjadikan santapan tekwan itu sebagai usaha rumahan dengan harga jual Rp 15 ribu per porsinya. []

Berita terkait
7 Minuman Sehat dan Segar untuk Berbuka Puasa
Selama puasa berlangsung, tubuh sangat rentan mengalami kekurangan cairan atau dehidrasi, karena tak menerima asupan makanan dan minuman.
Pallu Golla, Menu Buka Puasa Khas Sulsel
Salah satu menu buka puasa yang biasa di buat oleh warga Maros Sulsel, adalah masakan pallu golla.
Tips Memilih Menu Diet Sehat Bagi yang Berpuasa
Selama menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadan, tak sedikit orang yang memanfaatkan momen ini untuk menjalankan diet sehat.
0
Relaksasi Kredit, Bank di Daerah Masih Saja Menagih
Presiden Jokowi membuat kebijakan relaksasi kredit saat pandemi Covid-19, praktiknya petugas bank milik negara masih ada yang menagih bunga kredit.