UNTUK INDONESIA

Resep Soto Ayam Sabtu-Minggu Ibu Asyhar

Soto ayam merupakan salah satu kuliner khas Indonesia. Berikut resep soto ayam Sabtu-Minggu ala Ibu Asyhar.
Soto Ayam kuah bening. (Foto:Tagar/Aneka Masakan Rumah)

Jakarta - Soto ayam merupakan salah satu kuliner khas Indonesia. Santapan ini, berkuah kuning yang dihasilkan dari kunyit. Kali ini, Tagar akan mengupas resep soto ayam Sabtu-Minggu ala Ibu Asyhar (57). Wanita berusia 57 tahun ini senang sekali memasak, uniknya Soto Ayam kuah kuning ini dimasaknya hampir setiap hari Sabtu/Minggu.

Hal ini membuat Soto Ayam Ibu Asyhar dikenal dengan sebutan Soto Ayam Sabtu-Minggu. Ibu beranak empat ini, memang terkenal gemar memasak dan berbagai kepada para tetangganya. 

“Kalau memasak soto jadinya banyak, berbeda jika memasak ayam goreng akan jadi sedikit dan tidak bisa dibagikan ke tetangga terdekat, kalau soto jadinya kan banyak jadi bisa berbagai juga ke tetangga” kata Ibu Asyhar kepada Tagar, 14 November 2020.

Ibu Asyar Pemilik Resep Soto Sabtu-MingguIbu Asyhar Pemilik resep soto Sabtu-Minggu sedang memasak. (Foto:Tagar/Handini Nuramelia)

Berikut resep Soto Ayam Sabtu-Minggu ala Ibu Asyar, pertama siapkan bahan, yakni 3 buah bawang merah, 5 buah bawang putih, 1 buah kunyit, 1 buah jahe, 3 buah kemiri, garam, penyedap rasa, ayam, tauge, bihun, kol, daun bawang dan seledri, bawang goreng, dan jeruk nipis (opsional).

Cara pembuatan sotonya cukup mudah yaitu, ulek atau blender bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, kemiri dan garam, ketika sudah halus maka tumislah bahan tersebut hingga wangi atau harum, sambil menunggu tumisan bumbu isilah panci yang berisikan air.

Kalau memasak soto jadinya banyak, berbeda jika memasak ayam goreng akan jadi sedikit dan tidak bisa dibagikan ke tetangga terdekat, kalau soto jadinya kan banyak jadi bisa berbagai juga ke tetangga.

Lalu ketik panci terisi dengan air masaklah berbarengan dengan ayam dan tunggu hingga mendidih, jika sudah mendidih maka masukan bahan yang telah di tumis tadi, dan aduklah agar bumbu merata, dan tambahkan garam dan penyedap rasa. Dan tunggulah beberapa menit. Maka kuah soto ayam sudah jadi.

Soto AyamSoto Ayam Kuah Bening. (Foto:Tagar/Cookpad/rustina sikhah)

Sebelum menyajikan, potong kol kecil-kecil, daun bawang, seledri dan suwir ayam. Sajikan menggunakan mangkuk beserta tauge, bihun, irisan kol, dan taburi suwiran ayam, bawang goreng, daun bawang dan seledri. Agar kuahnya lebih segar, bisa tambahkan perasan jeruk nipis dan jika ingin pedas bisa memakai sambal.

Untuk pembuatan sambal kalian hanya membutuhkan cabe keriting, cabe setan agar pedas, tomat, dan garam. Rebus terlebih dahulu cabe keriting dan cabe setan, ketika sudah direbus uleklah cabe tersebut dan diberi tambahan garam. Maka sambal pun sudah jadi.

Soto ayam Sabtu-Minggu sangat mudah untuk dibuat dan rasanya pun enak. Jadi tunggu apa lagi kalian bisa segera membuatnya di rumah.[]

(Handini Nuramelia)

Berita terkait
Resep Red Velvet Cake, Tekstur Lembut
Red velvet cake merupakan salah satu kue bertekstur lembut yang diminati banyak orang, berikut cara membuatnya.
Resep Kue Pancong, Berbeda dengan Kue Pukis
Kue pancong adalah makanan khas Betawi yang dapat dijadikan salah satu rekomendasi camilan enak dan lezat. Berikut cara membuatnya di rumah.
Resep Leker, jajanan legendaris
Leker salah satu jajanan legendaris di Indonesia yang sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda, berikut cara membuatnya.
0
Menparekraf Pastikan Protokol Kesehatan Diterapkan di Bali
Menaprekraf Sandiaga Salahuddin Uno melakukan kunjungan kerja ke Bali, Minggu, 27 Desember 2020. Ia memastikan protokol kesehatan diterapkan ketat.