UNTUK INDONESIA

Resep Kue Cubit, Camilan di Rumah

Kue Cubit merupakan jajanan legendaris tradisional yang populer di Jakarta dan sekitarnya, berikut resep dan cara membuatnya.
Kue Cubit. (Foto : Tagar/Resepkoki.id)

Jakarta - Kue Cubit merupakan jajanan legendaris tradisional yang populer di Jakarta dan sekitarnya. Kue ini biasanya dijajakan di depan sekolahan oleh pedagang kaki lima.

Kue ini biasanya berbentuk sesuai dengan cetakannya. Bisa disajikan matang dan setengah matang. Varian kue cubit ini pun makin berinovasi. Dan sekarang pun, kue cubit masuk ke dalam menu makanan ringan di cafe atau restoran-restoran.

Ternyata bahan adonan kue cubit sangat lah sederhana, dan tidak memerlukan waktu yang banyak untuk membuatnya sangat cocok untuk camilan di rumah.

Kue Cubit

Kue Cubit. (Foto : Tagar/selerasa.com)

Lantas, bagaimana cara membuatnya dan bahan apa saja yang dibutuhkannya?

Berikut bahan yang dibutuhkan:

- 3 butir telur

- 100 g tepung terigu

- 75 g gula pasir

- 100 g mentega yang sudah dilelehkan

- 1 bungkus ekstrak vanila

- 1/2 sdt soda kue

- 1/2 sdt baking powder

Jika bahan-bahan berhasil disiapkan. Anda bisa melanjutkannya ke cara pembuatannya.

Masukkan 3 butir telur dan gula dalam satu wadah, kocok hingga mengembang menggunakan mixer. Masukkan tepung terigu dikit demi sedikit ke dalam adonan tadi sambil diaduk-aduk hingga rata. 

Setelah adonan rata, tuangkan mentega yang sudah dilelehkan. Lalu, aduk sampai tidak ada yang menggumpal. Setelah itu, masukkan baking powder, soda kue, dan ekstrak vanilla.

Jika sudah, diamkan adonan terlebih dahulu sekitar 5 - 10 menit sampai adonan kue cubit akan lebih mengembang dan berisi saat di masak. Panaskan loyang cetakan kue cubit yang sudah dilapisi dengan mentega diatas kompor menggunakan api kecil.

Setelah loyang cetakan terasa sudah panas, tuangkan adonan ke dalam cetakan. Lalu, tutup cetakan tersebut. Tunggu beberapa saat, masak hingga tingkat kematangan yang sesuai dengan selera. Jika sudah matang, akan kue cubit tersebut ke piring. Kue cubit pun siap disajikan. []

(Risma Dewi Indriani)

Berita terkait
Resep Red Velvet Cake, Tekstur Lembut
Red velvet cake merupakan salah satu kue bertekstur lembut yang diminati banyak orang, berikut cara membuatnya.
Resep Kue Pancong, Berbeda dengan Kue Pukis
Kue pancong adalah makanan khas Betawi yang dapat dijadikan salah satu rekomendasi camilan enak dan lezat. Berikut cara membuatnya di rumah.
Resep Leker, jajanan legendaris
Leker salah satu jajanan legendaris di Indonesia yang sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda, berikut cara membuatnya.
0
Tersangka Kebakaran Gedung Kejaksaan Agung Bakal Dilimpahkan
Enam tersangka pekerja bangunan beserta barang bukti kasus kebakaran Gedung Kejaksaan Agung bakal dilimpahkan untuk tahap ii.