5 Manfaat Air Rebusan Jahe untuk Kesehatan

Namun siapa sangka dibalik itu semua, nyatanya jahe dapat menjadi obat tradisional yang sangat bagus bagi banyak orang.
Ilustrasi air rebusan jahe (Foto: Tagar/Pixabay)

Jakarta - Jahe sudah dikenal selama ribuan tahun sebagai salah satu tanaman atau rempah yang dapat digunakan sebagai bumbu dapur. Namun siapa sangka dibalik itu semua, nyatanya jahe dapat menjadi obat tradisional yang sangat bagus bagi banyak orang.

Agar mendapatkan khasiatnya, jahe haruslah direbus terlebih dahulu dan diminum airnya. Kamu juga bisa menambahkan variasi pada rebusan air jahe tersebut dengan madu, jeruk nipis, ataupun lemon. Berikut adalah rangkuman dari manfaat meminum rebusan air jahe bagi kesehatan tubuh.

1. Meredakan Nyeri dan Sakit

Jahe mengandung senyawa kimia yang bernama gingerol dan fenol. Dua senyawa kimia tersebut sangat berguna untuk meredakan rasa sakit. Selain itu, keduanya juga bermanfaat untuk meredakan nyeri ototo saat olahraga, meredakan gejala iritasi lambung, dan kram perut saat menstruasi.

2. Menghilangkan Mual

Mengonsumsi air rebusan jahe juga sangat ampuh untuk menghilangkan rasa mual. Mual yang datang secara tiba-tiba dapat juga diredakan dengan meminum rebusan air jahe. Tak hanya itu, air rebusan jahe juga bermanfaat untuk mengatasi mual-muntah akibat pemulihan operasi, morning sickness, kemoterapi, ataupun mabuk laut dan perjalanan.

3. Mengendalikan Gula Darah

Rutin mengonsumsi air jahe dapat menjadi jalan alternatif untuk menurunkan kadar gula darah dan membantu mengatur respon insulin pada penderita diabetes. Selain itu, sifat antiradang dalam jahe juga dapat mencegah komplikasi diabetes, seperti stroke, retinopati, dan penyakit jantung. Orang-orang pengidap diabetes tipe 2 yang meminum suplemen jahe mengalami penurunan gula darah yang cukup drastis.

4. Menurunkan Berat Badan

Terdapat penelitian yang mengatakan, setidaknya 10 pria melaporkan bahwa rutin meminum air jahe panas setelah sarapan menimbulkan rasa kenyang yang lebih lama. Studi lain juga menemukan bahwa jahe mampu mengurangi nafsu maka.

5. Detoksifikasi Tubuh

Karena sifat diuretiknya, jahe air rebusan jahe mampu membantu membersihkan dan membuang racun berbahaya dari tubuh. Efek diuretik ini dapat meningkatkan kuantitas dan frekuensi buang air kecil. Sehingga melancarkan sistem pencernaan dan detoksifikasi tubuh. Serta tubuh mampu mengeluarkan kelebihan cairan atau sodium melalui urine.[]

(Rafi Rairuz)

Baca Juga:

Berita terkait
Pemerintah Uji Jahe Merah untuk Cegah Terinfeksi Corona
[emerintah sedang melakukan uji klinis terhadap jahe merah sebagai upaya mencegah seseorang terinfeksi virus corona atau Covid-19.
5 Resep Minuman Jahe Hangat Menguatkan Stamina
Jahe sebagai tanaman obat berfungsi meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ia bisa menghalau virus yang menyerang tubuh kita.
Benarkah Jahe Merah Ampuh Mencegah Tertular Corona?
Mengonsumsi jahe merah dapat menjadi alternatif untuk langkah pencegahan tertularnya virus corona (COVID-19).
0
5 Manfaat Air Rebusan Jahe untuk Kesehatan
Namun siapa sangka dibalik itu semua, nyatanya jahe dapat menjadi obat tradisional yang sangat bagus bagi banyak orang.