Tanah Longsor di Bantul Sebabkan 2 Bocah Tertimbun Bangunan

Tanah longsor di Bantul sebabkan 2 rumah rusak parah dan 2 anak jadi korban.
Ilustrasi tanah longsor. (Tagar/Pixabay)

Bantul - Bencana alam tanah longsor terjadi di Pedukuhan Ngablak RT 5, Kalurahan Sitimulyo, Kapanewon Piyungan, Kabupaten Bantul, Kamis, 7 Januari 2021 mengakibatkan dua rumah rusak dan dua anak sempat terimbun bangunan.

Manajer Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bantul Aka Lukluk Firmansyah menjelaskan bahwa peristiwa terjadi pada pukul 14.30 WIB. "Hujan lebat di Bantul tadi menyebabkan tebing yang ada di wilayah Sitimulyo, Piyungan longsor. Akibatnya, dua rumah warga terdampak," jelas Lukluk melalui keterangan resmi.

Rumah Pak Suraji mengalami kerusakan di bagian dapur. Sementara rumah Pak Sumadi mengalami retak di bagian dinding salah satu kamarnya, 

Lukluk mengatakan dua rumah tersebut milik Suraji dan Sumadi. Kedua rumah mengalami kerusakan akibat tanah longsor. "Rumah Pak Suraji mengalami kerusakan di bagian dapur. Sementara rumah Pak Sumadi mengalami retak di bagian dinding salah satu kamarnya," ujarnya.

Tak hanya merusak bangunan, Aka Lukluk mengatakan, longsor juga menyebabkan dua anak Suraji bernama Mey 15 tahun dan Widya 8 Tahun tertimbun bangunan yang runtuh. "Ada dua korban yang sempat tertimbun bangunan runtuh. Korban mengalami luka ringan dan sudah ditangani PSC 119 Dinas Kesehatan Bantul," jelasnya.

Proses evakuasi dilakukan tim BPBD dan Tagana Bantul serta dibantu oleh FRPB. Sementara dua anak tersebut tak dirawat secara intensif karena hanya mengalami luka ringan.

Sementara itu Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dalam laman bmkg.go.id memperkirakan cuaca DIY pada Jumat, 8 Januari 2021 cerah berawan hingga hujan disertai petir.

Pada pagi hari, semua wilayah DIY diperkirakan cerah berawan. Memasuki siang hari, semua wilayah DIY hujan. Wilayah Bantul, Wates, dan Gunungkidul diperkirakan hujan dengan intensitas ringan, sedangkan Sleman dan Yogyakarta hujan diserai petir.

Pada malam hari, hujan dengan intensitas ringan masih akan turun di wilayah Wates, sementara itu Sleman dan Yogyakarta berawan tebal, Gunungkidul cerah berawan, Bantul berawan.

Lalu suhu akan berkisar 23-31 °C, dengan kelembapan 65-95 persen. BMKG memberi peringatan dini untuk mewaspadai potensi hujan sedang-lebat disertai petir dan angin kencang di Kulonprogo utara, Sleman, Bantul timur, dan Gunungkidul. []

Baca juga:

Berita terkait
Ponsel Satpam Perumahan di Bantul Dicuri saat Tertidur
Seorang satpam perumahan di Banguntapan, Bantul, Yogyakarta kehilangan ponsel saat masih tertidur. Pencuri melakukan aksinya pada pagi hari.
Polres Kulon Progo Tangkap Residivis Badan Kekar asal Bantul
Polres Kulon Progo memangkap pelaku pencurian yang kerap beraksi di wilayahnya. Pelaku asal Bantul yang berbadan kekar ini ternyata residivis.
Kadisdikpora Bantul Tegaskan Perencanaan Tatap Muka Ditunda
Kadisdikpora Kabupaten Bantul Isdarmoko menegaskan penundaan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dengan tatap muka untuk menghindari klaster baru.
0
Mendagri Lantik Bupati dan Wakil Bupati Supiori, serta Penjabat Bupati Boven Digoel
Mendagri melantik Yan Imbab & Nichodemus Ronsumbre sebagai Bupati dan Wakil Bupati Supiori juga Yimin Weya sebagai Penjabat Bupati Boven Digoel.