UNTUK INDONESIA

Polres Kulon Progo Tangkap Residivis Badan Kekar asal Bantul

Polres Kulon Progo memangkap pelaku pencurian yang kerap beraksi di wilayahnya. Pelaku asal Bantul yang berbadan kekar ini ternyata residivis.
Pelaku pencurian saat ditangkap pihak kepolisian (Foto: Dok humas Kulon Progo/Tagar/Evi Nur Afiah).

Kulon Progo - Polisi menangkap maling spesialis mesin penyedot air yang beraksi di Kabupaten Kulon Progo dan Bantul. Tersangka adalah seorang pria dengan ciri bertubuh kekar dan berisi.

Pria tersebut bernama Sumadyo Kusumo alias Sumpel warga yang berdomisili di Kapanewon Bambanglipuro, Kabupaten Bantul. Terakhir, dia mencuri mesin penyedot air milik temannya sendiri di Kapanewon Lendah, Kulon Progo pada Rabu, 30 Desember 2020.

Baca Juga:

Kabag Humas Polres Kulon Progo, Inspektur Satu (Iptu) I Nengah Jeffery mengungkapkan bahwa Sumadyo Kusumo alias Sumpel terbukti melakukan pencurian mesin milik Tri Murjito warga Kapanewon Lendah, Kulon Progo pada 30 Desember 2020 lalu.

"Pelaku sudah kami tangkap. Saat ini kami sedang melakukan penyelidikan terkait motif kejahatan yang dilakukan pelaku," kata I Nengah kepada wartawan dikonfirmasi. Rabu, 6 Januari 2021.

Pelaku juga residivis ternyata.

Adapun modus operasi pelaku kala melancarkan aksinya, dengan mengelabuhi istri korban. Pria tersebut berdalih sudah diberi izin oleh korban untuk mengambil mesin sedot milik suaminya. Meski sudah dilarang untuk membawa mesin tersebut, pelaku tetap nekat menggodol barang tersebut.

Sang istri kemudian menelpon korban untuk menyampaikan kejadian tersebut. Korban kemudian menunggu beberapa hari namun mesin tak kunjung dikembalikan.

Baca Juga:

Jeffry melanjutkan, mendapati barang miliknya dibawa pelaku tanpa seijin korban, kemudian melaporkan hal tersebut kepada Polres Kulon Progo untuk mencari keberadaan dan menghubungi pelaku. "Sebelumnya korban juga sudah mencari dan menghubungi pelaku namun tidak membuahkan hasil," ujarnya.

Setelah dilakukan proses penyelidikan, pihak kepolisian berhasil menangkap pelaku di wilayah Sidomulyo, Bantul pada Selasa, 5 Januari 2021. Dari hasil pemeriksaan SK diketahui dulunya pernah terjerat hukum dengan kasus penipuan di wilayah Polres Bantul pada 2015 lalu. "Pelaku juga residivis ternyata," imbuhnya. []

Berita terkait
Terbongkar Pencurian Bermodus Keluarga Pasien di RS Sleman
Sukses mencuri dengan menyamar keluarga pasien di RS Sleman, Yogyakarta, membuat pria asal Semarang, Jateng ini beraksi lagi. Tapi kali ini apes.
Penampakan Para Tersangka Pencurian Motor di Yogyakarta
Sebanyak 20 orang tertangkap kasus pencurian motor dalam Operasi Curanmor Progo 2020 di wilayah hukum Yogyakarta.
Maling Motor di Warung Makan Mie Ayam Sleman Tertangkap
Polisi menangkap tersangka pencurian sepeda motor di warung makan mie ayam Dusun Pedak, Kapanewon Ngaglik Sleman
0
Polres Kulon Progo Tangkap Residivis Badan Kekar asal Bantul
Polres Kulon Progo memangkap pelaku pencurian yang kerap beraksi di wilayahnya. Pelaku asal Bantul yang berbadan kekar ini ternyata residivis.