Tambah Wawasan dengan Tonton Channel YouTube Ini

Inilah channel YouTube yang direkomendasikan sebagai salah satu media belajar di rumah.
Channel YouTube untuk membantu proses belajar dari rumah (Foto: Tagar/Freepik/Ijeab)

Jakarta – Suasana belajar di sekolah akan jauh lebih efektif ketimbang belajar sendiri dirumah. Kondisi pandemi seperti saat ini yang kegiatan tatap muka di sekolah sangat terbatas bahkan di tempat lain sekolah masih diakses melalui website sekolah.

Hal ini wajar jika belajar di rumah kurang efektif, karena mulai dari suasana belajar, lingkungan, fasilitas kurang lengkap, dan tidak ada guru yang mengawasi dalam kegiatan belajar di rumah.

Saat ini penggunaan teknologi dapat membantu kita dalam banyak hal, salah satunya adalah untuk media belajar. Anda bisa mendapat ilmu baru melalui tayangan YouTube yang bermanfaat. 

Banyak channel YouTube yang mengajarkan hal penting kepada penontonya. Inilah channel YouTube yang direkomendasikan sebagai salah satu media belajar di rumah.


Computerphile

Channel Computerphile didirikan pada tahun 2009 yang konten videonya memberikan pengetahuan seputar ilmu komputer secara mendalam. Mulai dari pembahasan sistem operasi, enkripsi data, coding, game, python, dan ilmu penting lainnya. 

Dalam channel ini dijelaskan langsung oleh orang yang berkompeten di bidangnya. Oleh karena itu informasi yang dimuat dalam video sudah pasti benar dan akurat. Selain itu, ditambahkan juga ilustrasi untuk menunjang penonton memahami isi video.


Ted Ed

Channel ini sudah berdiri sejak maret 2011 yang menayangkan berbagai macam pembelajaran. Mulai dari matematika, seni, bisnis, hingga kesehatan. Channel Ted Ed mengemas videonya dengan berbagai animasi yang memudahkan penonton menyerap pembelajaran yang disampaikan. 

Selain itu agar penonton tidak bosan dengan tayangannya. Chanel yang sudah memiliki hampir 12 juta subscribers ini patut dilirik bila Anda ingin belajar banyak hal sekaligus.


English with Lucy

Saat ini Anda sedang belajar Bahasa Inggris? Channel yang didirikan tahun 2016 ini cocok untuk Anda yang ingin jago Bahasa Inggris. Tidak hanya bahasan vocabulary atau grammar saja, tapi Anda juga diajarkan tentang pronunciation, aksen dari setiap negara, tips dan trik mahir Bahasa Inggris. 

Setiap videonya dilengkapi dengan contoh kalimat yang memudahkan penonton menyerap ilmu. Walaupun durasi videonya berkisar 10-15 menit, proses belajar melalui channel ini tidak membosankan, karena penjelasan yang mudah dimengerti ditambah paras cantik yang menjelaskannya materinya.


Crash Course

Sudah berdiri sejak tahun 2006, Crash Course menyajikan berbagai topik untuk membantu proses belajar di rumah. Mayoritas konten videonya sangat berkaitan dengan materi yang diajarkan di sekolah. Seperti sosiologi, sejarah, dan biologi. fisika, kimia, dan ilmu komputer. Channel Crash Course menyajikan videonya dengan gambar yang informatif, tidak hanya sekedar tulisan saja.


Khan Academy

Channel ini sudah ada sejak 2006 yang setiap videonya membahas pelajaran terkait ekonomi, komputer, matematika, dan sains. Tayangan yang dibuat oleh channel ini sangat menarik. Karena terdapat konsep yang berupa gambar ilustrasi yang memudahkan penonton memahami dengan mudah. Channel ini cocok untuk Anda yang mungkin kurang paham terhadap materi yang dijelaskan guru dalam kelas daring.

Sebenarnya masih banyak channel YouTube yang memberikan pelajaran penting di setiap videonya. Sesuaikan dengan kebutuhan untuk Anda dalam belajar di rumah. Tontonlah tayangan yang bermutu agar Anda bisa mendapat wawasan baru dan juga menjadi inspiratif.[]


(Egy Setya Ramadhan)

Baca Juga:

Berita terkait
Profil Baim Wong, YouTuber Dermawan Pembagi Rezeki
Sebelum menjalin asmara dengan isterinya sekarang, Baim Wong juga pernah mengikat tali asmara dengan beberapa artis cantik dan ternama.
Cara Membuat Akun Youtube yang Menghasilkan Uang
Sebenarnya, cara mendapatkan uang dari YouTube cukup beragam. Namun ada beberapa ketentuan yang wajib dipenuhi.
5 Lagu Dengan Jumlah Penonton Lebih 1 Miliar di Youtube
5 Lagu populer yang wajib kalian dengar untuk menghilangkan kebosanan ditengah rutinitas sehari-hari
0
Tambah Wawasan dengan Tonton Channel YouTube Ini
Inilah channel YouTube yang direkomendasikan sebagai salah satu media belajar di rumah.