Cara Membuat Akun Youtube yang Menghasilkan Uang

Sebenarnya, cara mendapatkan uang dari YouTube cukup beragam. Namun ada beberapa ketentuan yang wajib dipenuhi.
Ilustrasi mendapatkan uang dari Youtube. (Foto: Tagar/Ist0

Jakarta - Belakangan ini, semakin banyak orang mencoba peruntungan mencari penghasilan dan reputasi dengan menjadi seorang YouTuber. Makanya tak mengherankan jika bermunculan Youtube kelas kakap seperti Atta Halilintar, Ria Ricis, Raffi Ahmad, Deddy Corbuzier. YouTube kini tidak hanya menjadi platform video untuk mencari video sebagai hiburan semata.

Sebenarnya, cara mendapatkan uang dari YouTube cukup beragam. Namun ada beberapa ketentuan yang wajib dipenuhi.  Berikut ini berbagai fitur di YouTube yang bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan pundi-pundi uang. 


1. Aktifkan monetisasi pada YouTube

Inilah yang paling diburu oleh para creator YouTube, pendapatan iklan dari iklan display, overlay, dan video sangat menguntungkan.

Sebenarnya cara monetize Youtube tak terlalu rumit. Dengan sign in ke akun Youtube, kemudian pilih Menu ‘’account information” yang terletak di sebelah kanan atas dan klik ‘’Creator Studio”.

Kemudian, pada menu di sebelah kiri pilih ‘’Channel” dan klik ‘’Status and features”. Pilih Enable Monetisation kemudian klik agreement yang ada.

Setelah mengaktifkan monetisasi pada Youtube yang harus dilakukan adalah associate dan approved AdSense account ke Youtube account.

Nantinya akan tersedia fitur Youtube Analytic yang dapat digunakan untuk melakukan track penghasilan. Ini akan bisa terbayar bila melengkapi atau mengikuti Youtube payment treshold yang ada.


2. Cari pelanggan langganan channel YouTube

Pelanggan melakukan pembayaran bulanan dengan imbalan berupa keuntungan khusus yang ditawarkan pemilik channel. Hal yang perlu dilakukan adalah menghasilkan video yang menarik untuk ditonton dari awal hingga akhir tayangan, lalu dibagikan kembali oleh orang-orang sampai akhirnya menjadi konten yang viral.


3. Berjualan merchandise

Pelanggan YouTube Anda bisa mencari dan membeli merchandise yang Anda jual di akun YouTube yang Anda buat.


4. Super Chat dan Super Stickers

Super Chat dan Super Stickers memberikan cara lain untuk memonetisasi channel YouTube.Caranya, penggemar harus membayar agar pesannya diperjelas dalam streaming chat. Penonton bisa menggunakan fitur ini untuk  memasang pin pada pesan tersebut agar tetap berada di bagian teratas feed chat.


5. Pakai YouTube Premium

Dengan YouTube Premium, para pelanggan dapat menikmati video apapun di YouTube tanpa iklan tapi tetap bisa mendukung para kreator. Ada banyak konten kreator yang menggunakan fan funding sebagai caranya untuk mendapat uang walaupun hal ini masih jarang dilakukan di Indonesia.

Berita terkait
YouTube Hapus Channel RT Milik Rusia karena Misinformasi Covid-19
Halaman YouTube berbahasa Jerman milik Rusia RT dihapus karena dianggap melanggar kebijakan tentang misinformasi Covid-19
YouTube Akan Blokir Konten Misinformasi Vaksin Covid-19
YouTube akan memblokir video apapun yang mengklaim bahwa vaksin Covid-19 tidak efektif atau berbahaya
5 Lagu Dengan Jumlah Penonton Lebih 1 Miliar di Youtube
5 Lagu populer yang wajib kalian dengar untuk menghilangkan kebosanan ditengah rutinitas sehari-hari
0
Cara Membuat Akun Youtube yang Menghasilkan Uang
Sebenarnya, cara mendapatkan uang dari YouTube cukup beragam. Namun ada beberapa ketentuan yang wajib dipenuhi.