Suka Make Up? Ini Cara Memilih Foundation yang Cocok

Salah memilih warna foundation bisa berakibat fatal, akan membuat perbedaan warna wajah dan leher nantinya. Berikut cara memilihnya.
Ilustrasi - Foundation (Foto: Tagar/iStockphoto.com)

Jakarta – Salah memilih warna foundation bisa berakibat fatal, akan membuat perbedaan warna wajah dan leher nantinya. Foundation merupakan salah satu tahap penting dalam make up. 

Jika salah menggunakannya akan membuat hasil make up tidak maksimal. Agar tidak salah memilih warna foundation, yuk simak beberapa hal penting ini.


1. Cari Warna Undertone Kulit

Berbeda dengan skintone, undertone merupakan warna dasar kulit yang ditentukan oleh gen atau keturunan. Umumnya undertone dibagi menjadi tiga jenis, yaitu cool, warm, dan neutral. Untuk mengetahuinya, coba lihat warna urat nadi pada pergelangan tangan di bawah cahaya alami.

Jika warna nadi kalian kebiruan, artinya kalian memiliki warna kulit cool undertone. Jika warna nadi kalian kehijauan, artinya kalian memiliki warna kulit warm undertone. Dan jika warna nadi kaalian keunguan, berarti kalian memiliki warna kulit neutral undertone.


2. Sesuaikan dengan warna kulit wajah

Ketika kalian sudah menemukan warna undertone, cara memilih warna foundation selanjutnya adalah menyesuaikan dengan warna kulit wajah.


3. Cool undertone (Kulit Putih)

Jika kalian mempunyai warna kulit putih atau cool undertone, pilih foundation yang membuat kulit kalian tidak terlihat pucat. Seperti warna pink, ivory, atau bronze.


4. Warm undertone (Kuning Langsat)

Kulit dengan warm undertone atau kuning langsat tidak begitu susah mencari warna foundation yang cocok dnegan kulit wajah. Kamu bisa mencari warna shade seperti yellow, beige, golden, honey, atau caramel. Sesuai dengan tingkatan warna kulit, lebih terang atau lebih gelap.


5. Neutral undertone (Sawo Matang)

Terakhir adalah kulit yang punya undertone neutral atau sawo matang. Kalian bisa pilih foundation yang punya varian warna seperti natural beige, beige walnut, atau espresso.


6. Mecobanya Terlebih Dahulu

Jika kalian masih ragu, maka cara memilih foundation yang paling mudah adalah mencobanya terlebih dahulu. Cobalah di garis rahang dengan membuat garis tegak lurus mulai dari rahang ke arah leher. Jika warna menyatu dengan kulit dan membuat foundation terlihat transparan, maka itu adalah warna yang cocok. Lakukan di bawah sinar alami agar warnanya natural.

(Syva Tri Ananda)

Berita terkait
6 Mitos Kulit Berminyak Pada Wajah
Ada beberapa mitos lain tentang kulit berminyak pada wajah yang perlu kamu ketahui. Berikut penjelasannya.
Intip Rahasia Wajah Glowing Para Seleb Indonesia
Lalu, apa rahasia atau tips kulit cantik dari para selebriti? Kali ini Tagar telah merangkum dari berbagai sumber pada Rabu, 29 September 2021,
Alasan Orang Tua Menutupi Wajah Anaknya di Sosial Media
Ini bisa menjadi panduan keamanan bagi para orangtua yang suka mem-posting foto anak-anaknya.
0
Suka Make Up? Ini Cara Memilih Foundation yang Cocok
Salah memilih warna foundation bisa berakibat fatal, akan membuat perbedaan warna wajah dan leher nantinya. Berikut cara memilihnya.