Tips Memilih Warna Foundation ala Tasya Farasya

Saat memakai foundation, kamu perlu memperhatikan warna yang cocok untuk kulit.
Ilustrasi. (Foto: Tagar/Pixabay)

Jakarta - Kaum wanita pasti tidak asing dengan salah satu produk kecantikan satu ini karena pasti tersedia di meja rias atau di pouch make up, apalagi kalau bukan foundation atau kerap disebut sebagai alas bedak saat merias wajah.

Kegunaan utama dari foundation adalah meratakan dan menyamarkan noda dan garis halus. Selain itu, foundation bisa digunakan sebagai pelembab, mencerahkan kulit, menjaga make up tahan lama, dan digunakan sebagai dasar pada mata dan bibir sebelum mengaplikasikan eye shadow dan lipstick.

Sama seperti produk kecantikan lainnya, foundation memiliki beberapa jenis diantaranya padat, krim, dan cair. Walaupun fungsinya sama, variasi ini diciptakan untuk menyesuaikan kenyamanan pemakaiannya.

Saat memakai foundation, kamu perlu memperhatikan warna yang cocok untuk kulit. Jangan sampai warnanya terlalu gelap atau terlalu terang yang mengakibatkan wajah terlihat pucat atau kusam.

Maka, sebelum membeli foundation, kalian bisa mencontoh cara Tasya Farasya mencari warna foundation yang cocok untuk kulit, inilah tipsnya.


1. Cari tahu warna undertones kulit

Undertones adalah warna yang ada di dalam kulit kita. Warna ini tidak akan mengalami perubahan karena sudah tercipta sejak kita lahir. Undertones terbagi menjadi 3 yaitu warm, natural, dan cool.

Salah satu cara untuk mengetahui undertones kulit kita yaitu dengan melihat pembuluh darah paling luar. Kalau dia warm yang terlihat adalah warna hijau atau hijau zaitun. Kalau natural, pembuluh darahnya terdapat warna biru dan hijau. Sedangkan cool undertones biasanya berwarna biru atau ungu.


2. Cari tau warna kulit (skintone)

Skintone adalah warna yang bisa dilihat langsung. Skintone dapat berubah tergantung bagaimana gaya hidup sehari-hari, misalnya kalian tipikal orang yang suka berjemur dan pergi bekerja saat panas terik maka warna kulit kalian bisa termasuk gelap. Berbeda dengan orang yang lebih banyak berada di rumah dalam kesehariannya, bisa jadi warna kulitnya lebih cerah dibandingkan orang yang bekerja di siang hari. Skintone ini dibagi menjadi fair, light, medium, tan, deep, dan masih banyak lagi.


3. Oleskan foundation pada punggung tangan

Cara ini efektif untuk orang yang tidak tau warna yang cocok jika langsung diaplikasikan pada wajah sebab tangan cenderung lebih gelap. Langkah berikutnya, tunggu beberapa saat sampai foundation mongering karena biasanya foundation akan melakukan oksidasi yang menyebabkan warnanya lebih gelap dibandingkan saat dioleskan pertama kali. Biasanya itu terjadi pada foundation cair. Setelah dari tangan kalian bisa mengaplikasikan pada wajah dan leher sebagai perbandingan.


4. Penggunaan untuk kulit kering

 Jika kamu memiliki tipe wajah yang kering, kamu bisa menggunakan pelembab atau oil terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan foundation pada wajah. []


(Sekar Aqillah Indraswari)

Berita terkait
Cara Memilih Foundation yang Sesuai dengan Warna Kulit
Memilih shade foundation yang sesuai dengan warna kulit merupakan hal yang sangat penting agar riasan Anda tampak natural. berikut cara memilihnya.
Tips Makeup Tanpa Foundation untuk Sehari-hari, ala Devienna Setiawan
Berikut Tagar rangkumkan tutorial makeup tipis tanpa foundation untuk sehari-Hari ala Devienna Setiawan.
Fungsi Alas Bedak Primer, Foundation, Concealer
kaum remaja yang baru mengenal dunia per-make-up-an harus bisa membedakan tiga fungsi alas bedak primer, foundation, dan juga concealer.
0
Tips Memilih Warna Foundation ala Tasya Farasya
Saat memakai foundation, kamu perlu memperhatikan warna yang cocok untuk kulit.