Cara Memilih Foundation yang Sesuai dengan Warna Kulit

Memilih shade foundation yang sesuai dengan warna kulit merupakan hal yang sangat penting agar riasan Anda tampak natural. berikut cara memilihnya.
Ilustrasi - Cara memilih foundation. (Foto: Tagar/iStock)

Jakarta - Memilih shade foundation yang sesuai dengan warna kulit merupakan hal yang sangat penting agar riasan Anda tampak natural dan cantik sesuai versi Anda.

Namun, jika Anda salah memilih shade foundation maka kulit Anda akan tampak belang sehingga riasan bisa jadi tampak menarik bahkan bisa membuat wajah terlihat kusam. Berikut cara memilih shade foundation sesuai warna kulit.


1. Ketahui undertone kulit 

Cara pertama untuk memilih foundation yang tepat adalah ketahui undertone atau warna dasar kulit. Undertone dibagi menjadi tiga tipe, jika urat nadi berwarna hijau.

Untuk urat nadi warna biru, merupakan tipe cool tone. Namun, jika kamu merasa memiliki keduanya maka termasuk dalam neutral tone. Perlu diketahui, bahwa beberapa produk memang mengelompokkan shade foundation berdasarkan undertone, sehingga metode ini akan membantu mempersempit pilihan Anda.


2. Mencoba beberapa shade foundation secara bersamaan

Setelah mendapatkan foundation dengan undertone yang sesuai dengan kulitmu, cobalah beberapa shade tersebut secara bersamaan. Tujuannya adalah untuk membandingkan shade warna mana yang paling cocok di kulit.


3. Gunakan foundation pada bagian rahang atau leher

Ketiga, saatnya untuk mencoba foundation langsung pada kulit. Ternyata, tempat terbaik untuk mencoba foundation adalah di daerah sekitar rahang atau leher. 

Disarankan untuk tidak mencoba foundation pada bagian tangan. Menerapkan foundation di bagian rahang atau bawah rahang akan lebih ampuh untuk menemukan shade yang sesuai dengan kulit.


4. Biarkan foundation menempel pada kulit 

Perlu diketahui bahwa beberapa produk foundation memiliki efek oksidasi, yaitu warna berubah menjadi lebih gelap setelah beberapa saat. Jadi pastikan untuk membiarkannya selama beberapa menit sebelum Anda memutuskan untuk membeli foundation tersebut. 


5. Pilihlah shade yang menyerupai warna kulit

Pilihlah shade yang paling mendekati dengan warna kulitmu. Anda juga bisa menyesuaikannya dengan gaya riasan. Bagi Anda yang lebih menyukai riasan Korea, disarankan untuk memilih shade yang sedikit lebih terang dari warna kulit aslinya, sedangkan untuk riasan barat disarankan untuk memilih shade yang lebih gelap.


6. Lakukan di tempat yang terang

Sebelum mengaplikasikan foundation pada wajah, pastikan untuk mencari tempat yang lebih terang. Jika Anda menggunakan foundation di tempat yang gelap, maka kemungkinan besar warna kulitmu akan tampak lebih gelap atau sebaliknya. []

Berita terkait
Manfaat Es Batu untuk Kulit Wajah yang Wajib Diketahui
Memiliki kulit wajah berseri dan halus merupakan impian semua orang apalagi tak ada jerawat dan kerutan. Berikut manfaat es batu untuk wajah.
Cara Memilih Pembersih Wajah Sesuai Jenis Kulit
Salah satu cara untuk menjaga dan menutrisi kulit adalah dengan membersihkan wajah dengan baik agar kulit tetap sehat. Berikut caranya.
Cara Mengencangkan Kulit Wajah Agar Awet Muda
Salah satu rahasia tampil cantik setiap saat tentunya memiliki kulit wajah yang kencang. Berikut caranya agar tampak lebih muda daripada usia.
0
Cara Memilih Foundation yang Sesuai dengan Warna Kulit
Memilih shade foundation yang sesuai dengan warna kulit merupakan hal yang sangat penting agar riasan Anda tampak natural. berikut cara memilihnya.